Enam Dokter Paling Fenomenal di Dunia

Waktu masih sekolah dasar dan ketika guru menanyakan cita-cita kepada muridnya, sering kali para murid mengatakan cita-cita ingin menjadi dokter, ingin menjadi astronot dan sebagainya. Memang mempunyai cita-cita tidak ada batasnya, semua orang berhak untuk menentukan cita-citanya masing-masing. Namun untuk mencapai cita-cita tersebut tak semudah apa yang dibayangkan.

Terlebih bagi mereka yang mempunyai cita-cita ingin menjadi seorang dokter. Jalan yang ditempuh sangat panjang dan berliku. Apalagi keberadaan seorang dokter sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Untuk menjadi seorang dokter dibutuhkan kepintaran serta jiwa sosial yang tinggi. Tidak memilih-milih dan siap melayani masyarakat yang sakit dengan sepenuh hati.

Pengabdian yang tidak ternilai harganya kepada masyarakat kerap menjadikan peran seorang dokter bak malaikat di dunia nyata. Tak heran bila dokter yang seperti ini selalu menjadi pusat perhatian. Seperti kisah para dokter fenomenal berikut ini, mulai dari dokter yang memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada para gelandangan, hingga dokter yang telah menyembuhkan 100.000 kasus katarak di masyarakat.


Dokter Lie Dharmawan Rumah Sakit Apung

Enam Dokter Paling Fenomenal di Dunia

Dokter pertama yang masuk dalam kategori fenomenal adalah Lie Dharmawan. Sedari kecil beliau memiliki cita-cita menjadi dokter karena ingin membantu masyarakat yang tidak mampu. Motif pasnya ini melahirkan sebuah ide gila dengan mendirikan rumah sakit apung di Indonesia. 

Rumah sakit apung ini diharapkan bisa menjangkau pulau-pulau terpencil di seluruh Indonesia agar mereka juga dapat menikmati  pelayanan kesehatan seperti di kota-kota besar. Sang dokter berhasil mengoperasikan rumah sakit apung kesebelas wilayah terpencil di Indonesia. Rumah sakit ini tidak menerima imbalan apapun dari para pasien nya. 

Fasilitas rumah sakit apung ini cukup lengkap. Ada alat USG, bedah Minor dan bedah Mayor. Jika daerah tidak cukup untuk mendaratkan kapalnya dokter lie tidak segan menjemput pasiennya dengan menggunakan sekoji. Berkat rumah sakit apung ini ratusan orang sudah di operasi dan sembuh. 

Ribuan orang lainnya terobati dan anak-anak di pedalaman menjadi cukup gizi. Bagi dokter Lie kebanggaan menjadi seorang dokter bukan sekedar gelar saja tetapi bagaimana dia bisa mendekati orang-orang yang memerlukannya.

Dokter Jim Withers Mengobati Gelandangan

Enam Dokter Paling Fenomenal di Dunia

Kesehatan menjadi sebuah kemewahan bagi para gelandangan. Bisa makan 3 kali sehari saja sudah cukup bagi mereka. Rasanya tidak ada yang berniat untuk memeriksakan kesehatannya bahkan ketika sakit sekalipun. Inilah yang menggugah hati Dr.Jim Withers yang mendidikasikan 20 tahun hidupnya untuk mengobati para tuna wisma dikota Pittsburgh Amerika Serikat.  

Dia melepaskan jas putihnya yang bersih untuk berkeliling dengan baju ala glandangan agar mudah mendekati mereka Dr.Jim memulai kegiatannya pada 1992 setelah berkenalan dengan Mike Sallows mantan tuna wisma. Bersama temannya ini jim keluar dimalam hari sambil membawa peralatan medis dan obat-obatan. Aktifitas ini dinamainya Operation Safety Net. 

Beliau melakukan aksinya ini secara suka rela tanpa menarik biaya sepeserpun. Dengan berkeliling Dr. jim menemukan  bahwa banyak tuna wisma yang tinggal dibawah jembatan dan disudut-sudut jalan. 

Takut kerumah sakit padahal mereka memiliki penyakit yang serius seperti luka parah bahkan kanker. Ketika idenya diutarakan kepada teman-teman sejawat banyak dari mereka mencibirnya. Namun sekarang aksinya diikuti oleh dokter-dokter muda di 90 negara.

Dokter Gamal Albinsaid Bayar Dengan Sampah

Enam Dokter Paling Fenomenal di Dunia

Kita patut berbangga berkat prestasinya seorang dokter asal malang bisa berbincang dan makan malam bersama pangeran Charles dari Inggris. Gamal Albinsaid mendapat penghargaan dari kerajaan Inggris atas idenya membuat pengobatan bagi masyarakat miskin hanya dengan menerima imbalan sampah. Ide gamal tidak lepas dari kisah sedih seorang anak pemulung bernama Khaerunissa. 

Gadis kecil ini meninggal karena menderita diare. Tidak mampu membayar pengobatan, orang tua Khaerunissa hanya bisa memberikan pengobatan ala kadarnya. Hingga akhirnya Khaerunissa ditemukan meninggal dunia. Kisah ini membuat gamal dan teman-temannya membentuk sebuah sistem asuransi dengan sampah. Setiap warga yang tidak mampu bisa menjadi nasabah asuransi sampah dengan menyetor sampah organik dan anorganik menjadi Rp10.000 setiap bulannya. 

Dengan sampah ini mereka bisa mendapatkan pengobatan gratis mulai dari sakit ringan seperti batuk pilek hingga darah tinggi, jantung, infeksi, kencing manis, dan lain-lain. Sampah yang dikumpulkan dari warga dijadikan pupuk dan dijual kembali. Uang hasil penjualan pupuk dijadikan dana untuk pengobatan ini. 

Program ini membuat gamal menjadi juara pertama dan mendapat penghargaan Sustainable Living Young Entrepreneurs dari kerajaan Inggris. Ia memperoleh uang sebesar Rp 800.000.000 sebagai dana tambahan untuk menjalankan system asuransi sampah yang didirikannya.

Dokter Sanduk Ruit Penyembuh 100.000 Katarak

Enam Dokter Paling Fenomenal di Dunia

Dokter mata bernama Sanduk Ruit yang berasal dari Nepal dipuji sebagai pembawa mukzizat karena berhasil menyembuhkan lebih dari 100.000 penyakit katarak di 2 benua. Setiap menangani 1 pasien, dia hanya membutuhkan waktu 5 menit saja. 

Misi ini berawal dari keinginannya untuk mengobati mata orang-orang miskin di dunia. Agar misi ini dapat tercapai dia merancang teknik pengobatan cepat agar dapat menangani banyak pasien katarak dalam waktu singkat. 

Dr. Sanduk Ruit kemudian mengajarkan ilmunya itu kepada para ahli bedah mata diseluruh dunia. Dia berharap para ahlinya akan tersebar dan menyembuhkan sebanyak mungki penderita katarak maupun tuna netra diseluruh dunia. Dokter mata berjuluk dewa penglihatan ini tumbuh besar di desa kecil di daerah Himalaya. 

Sang dkter pernah memiliki adkik perempuan yang meninggal karena penyakit tubercolosis. Sejak peristiwa ini Dr. Ruit bertekat ingin jadi dokter dan membantu orang miskin yan tidak punya uang agar bisa mendapatkan pengobatan yang layak.

Dokter Joel Salinas Bisa Merasakan Penyakit Pasien

Enam Dokter Paling Fenomenal di Dunia

Ketika orang sakit mengunjungi dokter. Dokter pasti akan menanyakan gejala yang kita alami sebelum mendiagnosisi penyakit yang di derita. Namun dokter yang satu ini memiliki kemampuan unik dimana dia bisa merasakan apa yang dirasakan pasien hanya dengan melihatnya. Adalah dokter Joel Salinas dokter yang bekerja di meges josed the hospital mengidap kondisi yang disebut miler tagshinestia. 

Dokter Joel bisa mengalami sensasi yang sama dengan apa yang dirasakan oleh orang yang dia lihat. Gejala miler tagshinestia pertama kali disadari oleh dokter Joel ketika masih kanak-kanak. Saat itu dia melihat orang lan berpelukan dan dia merasakan dirinya sedang dipeluk. Keadaan ini kadang sangat mengganggu aktifitas Dr.Joel Salinas pertama ketika kuliah praktek kedoteran. 

Saat melihat tangan pasien yang sedang diamputasi dia pun bisa merasakan seolah-olah tangannya seperti diamputasi.  Setelah Dr.Joel terbiasa engan keadaannya ini justru dia bersyukur bisa meraskan apa yang dirasakan pasien sehingga dia bisa menjadi lebih dekat dengan pasiennya.

Dokter Leonid Ivanovich Rogozov Operasi Diri Sendiri

Enam Dokter Paling Fenomenal di Dunia

Dengan teknologi peralatan yang semakin canggih membuat penyakit usus buntu bisa diselesaikan hanya dalam beberapa jam saja. Namun bagaimana halnya terjadi pada seorang dokter yang  berada  di pedalaman Antartika bernama Leonid Ivanovich Rogozov , yang terpaksa melakukan operasi usus buntu sendiri dengan peralatan seadanya ketika sedang dalam ekspedisi antartika bersama para penjelajah rusia pada 1960. 

Dokter bedah ini masuk kedalam rombongan penjelajah yang bertujuan membangun stasiun rusia di Antartika. Mereka yang berada disana dalam waktu cukup lama dan kapal baru akan kembali setahun setelah mereka mendarat. Namun Tidak ada yang menyangka bahwa dari mereka satu-satunya dokter dalam rombongan ini menderita penyakit usus buntu dan mengalami nyeri yang sangat dalam dibagian tubuhnya.

Awalnya Dr. Leonid tidak ingin menceritakan rasa sakit yang dialaminya karena tidak ingin membuat takut yang lain. Namun kondisi yang terus memburuk hingga memaksanya untuk melakukan operasi usus buntu. Sebelum melakukan operasi dia menginstruksikan teman-temannya untuk  membantunya membius, menjaga posisi lampu dan cermin membersihkan tangan dengan anti septic agar dia bisa melihat bagian perutnya. 

Dr. Leonid mulai mengoperasi tubuhnya sendiri ditengah operasi dia sempat mengalami Vertigo dan menghentikan operasi sementara sampai pusingnya hilang. Setelah itu operasi dilanjutkan kembali hingga dia berhasil menjahit kembali perutnya. Operasi berjalan sukses begitu pula masa pemulihan sang dokter. 2 minggu pasca operasi dokter leonid bisa melakukan aktivitas normal. 

Dan setahun kemudian dia kembali ke Rusia dan bekerja di klinik sampai akhir hayatnya. Cerita ini sempat heboh dan membuat namanya tersohor. Namun sang dokter tetap rendah hati dan menganggap operasi ini sama dengan operasi usus buntu yang lain.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.