Lima Keluarga Terkaya Paling Berpengaruh Di Indonesia

Terlahir di keluarga kaya bisa dikatakan keberuntungan sekaligus juga sebuah ujian dalam hidup. Memang dengan kekayaan semua kebutuhan bisa di dapatkan, apa yang kita mau bisa kita beli dan wanita cantik pun bisa kita dapatkan. Namun tak selamanya kekayaan bisa membuat kita bahagia. Apalagi menjadi orang kaya yang memiliki pengaruh besar dalam sebuah negara.

Bukan perkara mudah menjadi orang kaya di sebuah negara, apalagi negara yang kita tinggali adalah negara yang masih berkembang. Harapan untuk menjadi kaya sangat sulit didapatkan, karena itu tak heran jika dunia ini banyak orang-orang kaya yang bermunculan di negara-negara yang sudah maju.

Meski begitu, ada juga orang-orang kaya yang muncul di negara berkembang. Bahkan tak sedikit orang-orang kaya ini mempunyai pengaruh yang besar bagi negaranya. Seperti yang terjadi di Indonesia, dimana banyak keluarga kaya raya yang tidak tergabung dalam pemerintahan negara namun memiliki pengaruh yang besar terhadap perekonomian negara.

Berikut Adalah Lima Terkaya Paling Berpengaruh Di Indonesia :

Keluarga Salim

Lima Keluarga Terkaya Paling Berpengaruh Di Indonesia
image source 
Dengan kekayaan mencapai US$ 4,1 miliar atau Rp 53 triliun, Keluarga Salim berada di posisi 37 keluarga terkaya se-Asia versi Forbes. Anthoni Salim memimpin perusahaan Salim Grup yang bergerak di sektor makanan, tanaman, otomotif, telekomunikasi, properti, retail, dan bank.

Ayahnya, Liem Sioe Liong, migrasi ke Indonesia pada tahun 1983 dari Fujian, China, dan memulai bisnisnya dengan menjual pakaian dari pintu ke pintu. Liem bertemu Soeharto sebelum Soeharto menjadi Presiden RI. Mereka menjalin hubungan yang saling menguntungkan bertahun-tahun.

Ketika Soeharto turun pada tahun 1998, menggoyahkan kerajaan Salim. Namun, mereka bertahan dan membangun kembali perusahaan. Kini, anak Anthoni, Axton memimpin Indofood Sukses Makmur, perusahaan mie instan terbesar di dunia.

Keluarga Wonowidjodjo

Lima Keluarga Terkaya Paling Berpengaruh Di Indonesia

Keluarga Wonowidjojo merupakan pengusaha rokok asal Indonesia masuk jajaran keluarga terkaya se-Asia. Keluarga pemilik perusahaan Gudang Garam ini berada di posisi 32 daftar tersebut dengan kekayaan US$ 4,9 miliar atau Rp 64 triliun.

Klan Wonowidjojo pindah dari China tahun 1927. Surya mulai melanjutkan bisnis tembakau pamannya, dan menciptakan rokok cengkeh atau kretek buatan Gudang Garam pada 1958. Anak laki-laki tertuanya, Rachman Halim mengambil alih perusahaannya . Kemudian, setelah Rachman meninggal pada tahun 2008, perusahaan dipegang oleh adikan Susilo Wonowidjojo dan menjadi penghasil rokok kretek terbesar di Indonesia

Keluarga Lohia

Lima Keluarga Terkaya Paling Berpengaruh Di Indonesia

Tidak semua konglomerat Indonesia keturunan China. Keluarga asal India, Lohia, merupakan keluarga terkaya se-Asia versi Forbes. Dengan bisnis tekstilnya, Indorama Corporation, keluarga ini berhasil menduduki peringkat 31 dengan total kekayaan US$ 5,4 miliar atau Rp 70,2 triliun.

Bisnis keluarga Lohia dimulai ketika Mohan Lal Lohia, seorang pedagang kain, dan anaknya Sri Prakash Lohia pindah ke Indonesia tahun 1973 dan membangun Indorama Synthetics. Demi mengembangkan usahanya, keluarga ini melakukan diversifikasi produk dan masuk ke sektor petrochemicals.

Memasuki usia 60, Mohan memutuskan untuk mundur dari segala urusan bisnisnya. Namun, ketiga anak lelakinya telah siap melanjutkan apa yang telah dirintis bapaknya. Bisnisnya kini tersebar hampir ke semua benua.

Keluarga Widjaja

Lima Keluarga Terkaya Paling Berpengaruh Di Indonesia

Keluarga Widjaja dengan perusahaan keluarga miliknya, Sinarmas Group berada di posisi 28 keluarga terkaya se-Asia. Total kekayaan mereka sebesar US$ 5,8 miliar atau setara Rp 75 triliun. Bisnis keluarga Widjadja dimulai ketika Eka Tjipta Widjaja pindah dari China ke Indonesia sejak muda. Dia mulai menjual biskuit pada usia 17 tahun dan kemudian mulai membangun Sinar Mas pada tahun 1962.

Sekarang, keluarga ini menjadi konglomerat setelah melakukan ekspansi bisnis ke sektor kertas, pertanian dan makanan, pengembang real estate, keuangan, energi dan infrastruktur, serta terel komunikasi. Sebagian besar bisnis dari keluarga Widjaja ini dipegang anak laki-laki Eka, Franky Widjaja.

Keluarga Hartono

Lima Keluarga Terkaya Paling Berpengaruh Di Indonesia

Berada pada posisi 12 keluarga terkaya se-Asia, pemilik perusahaan Djarum ini menyimpan kekayaan US$ 12,7 miliar atau setara Rp 165 triliun. Kini, bisnis rokok keluarga Hartono dipegang oleh R. Budi Hartono, Michael Hartono, dan Oei Hong Leong. Pada 1950, perusahaan Djarum milik Oei Wie Gwan hampir mengalami kebangkrutan. Anaknya, Robert Budi dan Michael Hartono mengambil alih perusahaan yang berada di Kudus itu setelah Oie meninggal tahun 1963.

Saat ini, anak tertua Budi, Victor Hartono menjadi COO Djarum dan mampu menjadi perusahaan rokok terbesar. Tidak hanya itu, kini keluarga Hartono juga menjadi pemegang 47% saham bank swasta terbesar di Indonesia, Bank Central Asia melalui Farindo Investment.

Nah itulah Lima keluarga paling kaya di Indonesia dan memiliki pengaruh yang sangat besar bagi perekonomian negara. Bisa dibayangkan andai satu perusahaan orang kaya diatas tidak ada dan lenyap di Indonesia beribu ribu atau bahkan jutaan orang akan kehilangan pekerjaannya..
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.