Lima Makanan yang Sebaiknya di Konsumsi Satu Minggu Sebelum Menikah

Menikah adalah salah satu momen bahagia dalam hidup seseorang. Tek heran di hari pernikahan para calon mempelai akan melakukan berbagai cara agar terlihat cantik dan menawan. Mulai dari rajin merawat diri ke salon hingga melakukan diet ketat agar busana pengantin yang akan dikenakan terlihat indah di mata orang lain terutama pasangan tercinta.

Namun dibalik itu semua, tak semua pernikahan berjalan dengan lancar, banyak calon pengantin yang masih harus berhadapan dengan urusan lain seputar pernikahan yang justru membuat dirinya stress hingga tanpa sadar mengkonsumsi makanan berlebih.

Menurut para ahli pengobatan alami dr. Brooke Kalanick, stres dapat menyebabkan pencernaan terganggu karena saluran pencernaan begitu rumit dan seringkali dikaitkan dengan sistem saraf. Nah, untuk mencegah makan berlebihan yang dapat merusak hari bahagia Anda di hari pernikahan, pakar diet Erin Palinski Wade mangungkapkan ada beberapa makanan yang bisa disantap calon pengantin minimal seminggu sebelum hari pernikahan. Apa Saja?

Lima Makanan yang Sebaiknya di Konsumsi Satu Minggu Sebelum Menikah



Buah dan Sayur

Erin mengatakan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin C karena dipercaya dapat menurunkan kadar hormon kortisol yang dapat membuat stres. Buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C ada pada jeruk, apel, pepaya, kiwi, dan kelengkeng. Sedangkan sayuran yang mengandung vitamin C adalah brokoli, kubis, kembang kol, dan paprika.

Ikan

Ahli nutrisi Amy Shapiro juga menyarankan para calon pengantin untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan omega-3 seperti salmon, walnut, dan biji chia karena bisa menurukan rasa cemas dan mencegah pembengkakan pada tubuh yang disebabkan oleh stres.

Untuk sarapan pagi, sebaiknya menyantap makanan dengan kandungan protein dan karbohidrat yang seimbang seperti omelet sayuran, atau oatmeal dengan walnut. "Makanan ini membuat Anda kenyang di pagi hari dan mencegah timbulnya sakit kepala," tutur Amy seperti dikutip dari Elle US.

Makanan Antioksidan

Sementara itu, pakar nutrisi Sara Vance menganjurkan para calon pengantin untuk menyantap makanan dengan antioksidan tinggi seperti blueberry, stroberi, brokoli, dan bayam. Makanan ini baik dikonsumsi dengan makanan yang kaya probiotik karena bisa meningkatkan sistem pencernaan, mencegah tubuh mengalami pembengkakan serta membuat suasana hati lebih baik.

Minum Teh Hijau

Dokter Brooke menyarankan unuk menghindari konsumsi kopi yang berlebihan. Sebaiknya minumlah teh hijau karena mengandung senyawa L-theanine yang memberikan efek menenangkan sekaligus meningkatkan konsentrasi hingga rasa stres bisa dihindari.

Hindari Junk Food

Saat dilanda stres, banyak orang yang mencari junk food sebagai pelampiasannya karena mudah didapat. Tetapi Sara menilai makanan tersebut sebaiknya dihindari.

"Makanan dan minuman yang terlalu manis bisa menjadi 'bumerang' karena meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh yang dapat membuat pengantin semakin stres karena makanan manis membuat suasana hati dan fungsi otak semakin tidak stabil," kata Sara.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.