Lima Mata-Mata Wanita Paling Cantik Dalam Sejarah Dunia

Dimasa lalu dimana peperangan masih menjadi salah satu hal yang harus dilakukan oleh suatu negara kebutuhan akan informasi musuh sangatlah tinggi. Berbagai cara akan dilakukan guna mendapatkan informasi selengkap mungkin dari musuh yang akan dihadapi. Salah satunya adalah dengan mengirimkan atau menugaskan mata-mata ke pihak musuh. Cara ini masih tetap berlangsung sampai sekarang.

Ibarat sebuah bunglon yang bisa merubah warna tubuh sesuai dengan lingkungan-nya, para mata-mata ini dapat beraksi dengan sempurna tanpa diketahui pihak musuh. Melalui mata-mata segala informasi mengenai musuh mulai dari kekurangan, situasi yang dihadapi serta kekuatan musuh dapat dipetakan. Selain itu para mata-mata ini juga punya kesempatan untuk mempengaruhi anggota musuh yang terlihat memiliki pandangan yang berbeda dengan timnya.

Pada masa-masa krisis, kehadiran mata-mata seringkali digunakan untuk mencuri teknologi dan melakukan sabotase terhadap musuh dalam berbagai cara. Untuk mempermudah melakukan pengintaian mata-mata biasanya dilakukan oleh seorang perempuan. Dengan segala kecantikan serta penampilan yang menarik para mata-mata wanita dengan mudahnya mendapatkan informasi dari pihak musush.


Noor Inayat Khan

Lima Mata-Mata Wanita Paling Cantik Dalam Sejarah Dunia
Noor Inayat Khan : source
Pada tanggal 13 September 1944, Noor Inayat Khan seorang wanita India ditemukan terbaring tak bernyawa di Dachau concentration camp. Noor tewas setelah disiksa secara brutal oleh Nazi dan kemudian ditembak di kepalanya. Noor Inayat Khan lebih dikenal dengan nama Nora Baker, seorang mata-mata Inggris.

Noor adalah operator radio wanita pertama yang menyadap Paris. Dia merupakan salah satu wanita yang dianugerahi Croix de Guerre and the George Cross, medali penghargaan dari sebuah operasi khusus. Dua wanita lain yang menerima medali adalah Odette Hallowes and Violette Szabo.

Tahun 2012, patung Noor dibangun di London Gordon Square. Sebuah patung wanita Asia sekaligus wanita Muslim pertama yang dibangun di Inggris. Noor adalah keturunan Sultan Tipu, penguasa abad ke-18 yang terkenal di India Selatan. Dikenal sebagai Tiger dari Mysore, dia dibesarkan oleh ayahnya Hazrat Inayat Khan, seorang pengkhotbah sufi dan musisi.

Noor dilatih sebagai agen rahasia, yang diberikan pelatihan senjata, menembak dan membunuh. Sampai akhirnya dia diterbangkan ke Paris di bawah nama kode Madeleine. Saat jaringan mata-matanya runtuh di Paris, dia mampu bertahan selama tiga bulan. Pada bulan Oktober 1943 dia tertangkap dan kemudian dipenjara dan menantang sampai akhir hayatnya dengan meneriakkan "Liberte" sebelum sebuah peluru menembus kepalanya.

Violette Szabo

Lima Mata-Mata Wanita Paling Cantik Dalam Sejarah Dunia
Violette Szabo : Source
Violette Szabo adalah agen rahasia (mata-mata) wanita Inggris pada masa Perang Dunia II. Dia lahir di Paris, Perancis pada 26 Juni 1921 dari hasil pernikahan wanita berdarah Perancis dengan seorang pria Inggris. Ayahnya yang seorang supir taxi bertemu dengan ibunya pada masa setelah perang dunia I. Keluarganya pindah ke London dan Violette bersekolah di Brixton sampai usia 14 tahun.

Violette bekerja sebagai counter parfum pada departemen store Bon March, Brixton, pada masa awal perang dunia II. Dalam sebuah parade Bastille Day di London tahun 1940, Violette bertemu dengan Etienne Szabo. Ettine adalah seorang perwira Perancis keturunan Hungaria.

Violette yang saat itu berusia 19 tahun dan Etienne yang berusia 31 tahun memutuskan untuk menikah. Keduanya menikah pada tanggal 21 Agustus 1940.Etienne meninggal dunia karena luka dada yang diperolehnya pada pertempuran Al-Alamein pada bulan oktober 1942.

Dia meninggal tidak lama setelah kelahiran anak pertama mereka yang bernama Tania. Kematian Etienne ternyata dibuat oleh Violet. Sejak tahun 1941 Violet memutuskan untuk bergabung dengan Auxiliary Territorial Service. Dia memutuskan untuk menawarkan jasanya pada British Special Operations Executive (SOE).

Liu Hulan

Lima Mata-Mata Wanita Paling Cantik Dalam Sejarah Dunia
Liu Hulan : source
Liu Hulan adalah seorang wanita muda nan cantik yang dilahirkan di desa Yunzhouxi, Wenshui, propinsi Shanxi, Cina tahun 1932. Dia adalah mata-mata wanita selama perang saudara Cina antara Kuomintang dan partai komunis. Liu Hulan tercatat bergabung dengan partai komunis tahun 1946 dalam asosiasi wanita yang bekerja dalam mendukung tentara pembebasan.

Liu Hulan berkontribusi dalam berbagai kegiatan seperti menyediakan makanan bagi tentara pembebasan kedelapan, menyampaikan pesan rahasia, dan memperbaiki sepatu boot dan seragam para tentara. Kehidupan dan kematian Liu Hulan telah menjadi simbol keberanian dari orang-orang Cina.

Kisah tentang Liu Hulan seringkali disampaikan sebagai penghormatan kepada perjuangan pertahanan dan pengorbanan yang dilakukan untuk membebaskan Cina dari kekuasaan bangsa asing.

Charlote de Sauve

Lima Mata-Mata Wanita Paling Cantik Dalam Sejarah Dunia
Charlote de Sauve : source
Charlote de Sauve adalah seorang wanita bangsawan Perancis dan sekaligus selir dari King Henry of Navarre yang kemudian memerintah sebagai Raja Henry IV, Perancis. Dia adalah anggota dari 'Queen Mother Catherine de Medicis notorious Flying Squadron'.

Kelompok ini merupakan kelompok wanita cantik yang bekerja sebagai mata-mata untuk Ibu Ratu. Para mata-mata ini ditugaskan untuk merayu para lelaki yang memiliki kedudukan penting di pengadilan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi penting.

Charlote de Sauve ditugaskan sebagai mata-mata dengan menjadi kekasih Marguerite de Valois, Joseph Boniface de La Mle dan Annibal de Coconnas yang terlibat dalam konspirasi tahun 1574. Pada tahun 1575, Catherine de Medici bekerja sama dengan putra sang Ratu, Henry III.

Mereka mengirim Charlote de Sauve untuk merayu sang putra bungsu Franois, seorang bangsawan Alenon. Charlote ditugaskan untuk memprovokasi permusuhan antara dua orang bersaudara yaitu Sang Raja dan sang adik bungsu agar mereka tidak melakukan konspirasi.

Charlotte akhirnya menjadi selir Franois dan mulai menjalankan misi dengan membuat keretakan hubungan Franois dengan teman-teman terdekatnya. Menurut memoar Marguerite "Charlotte de Sauve treated both of them [Navarre and Alenon] in such a way that they became extremely jealous of each other, to such a point that they forgot their ambitions, their duties and their plans and thought of nothing but chasing after this woman."

Memoar tersebut setidaknya menceritakan keberhasilan Charlotte memecah-belah Navarre dan Franois. Keduanya menjadi saling cemburu satu sama lain dan akhirnya tidak memikirkan apa-apa lagi selain bersaing untuk mendapatkan sang wanita pujaan hati, Charlotte de Sauve.

Margaretha Geertruida MacLeod

Lima Mata-Mata Wanita Paling Cantik Dalam Sejarah Dunia
Margaretha Geertruida MacLeod : Source 
Margaretha Geertruida MacLeod atau lebih dikenal dengan nama Mata Hari adalah wanita yang disebut-sebut sebagai mata-mata wanita paling menggoda dalam sejarah. Kecantikan sang 'Mata Hari' digambarkan seringkali menarik hati para lelaki dan membuat iri para wanita. Mata Hari adalah seorang penari Belanda eksotis, pelacur. Dia bahkan pernah menuduh seseorang sebagai mata-mata Jerman pada perang Dunia I yang berakhir dengan eksekusi mati.

Tindakan populer yang dilakukannya adalah menjadi simpanan para lelaki yang memiliki pengaruh dan kekuasan di bidang militer dan pemerintahan. Menjalin hubungan dan menjadi penghubung para lelaki yang berkuasa membuatnya seringkali melintasi perbatasan internasional.

Sebelum terjadi perang Dunia I, Mata Hari dipandang sebagai seorang seniman yang bohemian (gaya feminim, santai namun tetap elegan) yang memiliki jiwa yang bebas. Namun, ketika pecahnya Perang Dunia I. dia mulai dikenal sebagai wanita penggoda yang berbahaya.

Pada bulan Januari 1917, atase (perwakilan pemerintahan di luar negeri) militer Jerman di Madrid mengirimkan pesan radio ke Berlin. Isi pesan tersebut adalah penjelasan mengenai kegiatan musuh yang diodapat dari mata-mata Jerman dengan kode H-21.

Pada saat itu, pesan radio tersebut ternyata telah disadap oleh agen intelijen Perancis. mereka kemudian mengidentifikasikan kode H-21 sebagai Mata Hari. Mata Hari akhirnya didakwa sebagai mata-mata dan dinyatakan bersalah. Akhirnya dia dieksekusi mati oleh regu tembak pada tanggal 15 September 1917 dalam usia 41 tahun.


loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.