Lima Sistem Parkir Paling Canggih di Dunia

loading...
loading...
Teknologi transportasi dan otomotif merupakan salah satu teknologi yang tak bisa lepas dari kehidupan masyarakat. Hampir setiap hari manusia selalu menggunakan teknologi ini untuk melakukan rutinitas seperti berangkat kerja, atau pun berangkat ke sekolah. Di Indonesia sendiri, hampir semua orang dari berbagai golongan mempunyai kendaraan pribadi sebagai alat transportasi nya.

Namun banyaknya kendaraan yang beroperasi di jalanan tidak sebanding dengan lahan parkir yang ada. Di Indonesia sendiri, keberadaan lahan parkir untuk kendaraan masih lah kurang, apalagi masih banyaknya tempat parkir ilegal yang beroperasi di berbagai sudut jalan. Karenanya tempat parkir tersebut telah menimbulkan banyak masalah seperti penyempitan jalan dan kemacetan di jalanan.

Beda halnya dengan negara-negara maju di dunia, semakin banyaknya kendaraan yang digunakan warga tefrnyata sebanding dengan pengelolaan tempat parkir yang ada. Dan hebatnya lagi, beberapa tempat parkir di negara maju telah di operasikan secara canggih dengan sistem smart parking. Artinya tempat parkir lebih efisien, hemat waktu dan uang serta keamanan yang terjamin.


Sistem Parkir Mobil di Dubai



Hampir semua negara yang berada di Timur Tengah adalah negara maju. Negara seperti Arab Saudi hingga UEA merupakan negara dengan penggunaan teknologi paling canggih di dunia. Selain itu berbagai negara di Timur tengah tak ketinggalan dalam membuat sistem parkir yang canggih.

Salah satunya adalah terobosan dari Smartparking ini. Sebuah tempat parkir mobil bertingkat yang bisa rolling dan hemat tempat. Dengan begini, seumpama kita butuh 250-300 meter persegi untuk 10 mobil, kita bisa memanfaatkan hanya seper sepuluhnya saja untuk membuat dek bertingkat dan memarkir lebih banyak mobil di dalamnya.

Sistem Parkir sepeda di Jepang


Selain mobil, Jepang juga menyediakan sistem parkir pintar buat sepeda roda dua. Memang masih banyak yang pakai sepeda di Jepang, oleh karena itu, ada tempat parkir canggih yang pernah di ulas seperti yang satu ini. Tempat parkir sepeda ini menyimpan sepeda milik orang-orang dengan otomatis. kalau mau ambil, tinggal gunakan kartu dan sensor akan mengirim informasi agar sepeda dikeluarkan sesuai kode dek sepeda yang sudah discan.

Sistem Parkir Mobil di Jepang


Sebagai salah satu raksasa automotif dunia, Jepang juga memiliki tempat parkir mobil nan canggih dan hemat tempat. Orang Jepang memang terkenal dengan gaya hidup yang super efisien, jadi selain memproduksi mobil, mereka juga menciptakan teknologi untuk mengakomodir parkirnya.

Cara ini bisa membuat kita lebih hemat waktu dalam memarkir. Apalagi di Jepang tidak banyak lahan parkir di pinggir jalan seperti di negara-negara lain. Jangan khawatir mobil tertukar, karena sistem pengoperasiannya akan menyimpan mobil dan mengembalikannya sesuai permintaan.

The Cube Car Park Inggris


Merupakan salah satu tempat parkir canggih di mana sudah menggunakan sistem mobil yang parkir sendiri. Kita cukup memasukkan mobil pada sebuah dek, lalu mobil akan dibawa oleh sistem ke tempat parkir yang telah tersedia, bersama mobil-mobil lainnya. Dengan begini, kita bisa hemat waktu. Karena tidak perlu berputar-putar mencari tempat parkir yang masih kosong. Jadi waktunya bisa digunakan untuk aktivitas lain yang lebih penting.

Tempat Parkir Mobil 20 Tingkat di Jerman


Ini adalah tempat parkir canggih yang banyak dibicarakan di dunia. Terdiri dari 2 gedung bangunan bernama Autostadt, merupakan garasi otomatis 20 tingkat dan banyak diulas di berbagai media. Tapi, sebenarnya tempat parkir futuristik ini adalah garasi untuk mobil-mobil baru Volkswagen di Jerman, sebelum memasarkan produknya.

Sistemnya sudah robotik dan bisa berotasi, sehingga setiap kendaraan diposisikan dengan teratur dan rapi. Dilengkapi fasilitas restoran Michelin bintang 3 yang menggunakan pintu kaca terbesar, berukuran 4 mil.

Bagaimana kawan? Canggih bukan?

Loading...
loading...

0 Response to "Lima Sistem Parkir Paling Canggih di Dunia"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..