Lima Suku Asli Indonesia Yang Mendunia

Indonesia merupakan salah satu negara dengan beragam budaya, bahasa, agama, ras yang diakui oleh dunia. Kebudayaan dari Indonesia sangatlah unik dan mempesona, begitu juga dengan bahasa serta agama yang ada nyatanya telah menjadi ciri khas yang paling menonjol dari Indonesia.

Setiap tahunnya ada banyak wisatawan luar negeri yang datang ke Indonesia hanya untuk menikmati keberagaman yang dimiliki Indonesia. Saat ini sudah banyak sekali budaya dan suku Indonesia yang terkenal sampai mancanegara. Tak sedikit suku-suku di Indonesia pun yang menjadi perhatian dunia.

Dengan segala keunikan yang dimiliki oleh beberapa suku Indonesia telah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan luar negeri untuk datang ke Indonesia. Tengok saja suku dayak, mentawai hingga asmat yang ada di Papua dengan segala keunikannya suku suku tersebut menjadi suku yang populer di dunia.


Suku Bali

Lima Suku Asli Indonesia Yang Mendunia

Pulau bali merupakan destinasi paling  populer di Indonesia dan telah mendunia, Tidak heran banyak artis-artis holywood datang ke Bali untuk berlibur. Tentu saja dengan hal ini berdampak pada terkenalnya suku Bali dengan kebudayaan-kebudayaan yang mereka pertunjukan kala sang turis ada di Bali. Sudah pasti tarian-tarian suku bali cukup terkenal di dunia.

Suku Asmat

Lima Suku Asli Indonesia Yang Mendunia

Tidak heran bahwa suku asmat merupakan salah satu suku yang memiliki cita rasa seni yang tinggi. Salah satu yang menjadikan suku ini begitu terkenal di dunia karena hasil-hasil seni yang mereka ciptakan dari kayu. Istilah Ukiran kayu yang sempurna pun tersemat pada suku asmat. 

Selain itu suku Asmat juga memiliki pakaian tradisional yang khas. Seluruh bahan untuk membuat pakaian tersebut berasal dari alam. Tidak salah jika menganggap pakaian Suku Asmat merupakan representasi kedekatan mereka dengan alam raya. 

Tidak hanya bahan, desain pakaian Suku Asmat pun terinspirasi dari alam. Pakaian laki-laki Suku Asmat, misalnya, yang dibuat menyerupai burung dan binatang lain yang dianggap melambangkan kejantanan. Sementara, rok dan penutup dada kaum perempuan menggunakan daun sagu sehingga menyerupai kecantikan burung kasuari. 

Suku Mentawai

Lima Suku Asli Indonesia Yang Mendunia

Suku Mentawai ditemukan di tahun 1621 oleh warga Belanda yang datang ke Indonesia. Awalnya, masyarakat ini adalah penduduk Nias. Mereka bermigrasi menuju Pulau ini dan akhirnya tinggal disana. Dari waktu ke waktu, kehidupan mereka terisolasi dari peradaban luar hingga berabad-abad lamanya.

Kehidupan alam yang disajian dalam Taman Nasional Siberut menjadi gambaran kehidupan Suku ini. Mereka tinggal di rumah panggung yang dibangun dari kayu. Satu rumah panggung biasanya dihuni beberapa kepala keluarga. Hidup bersama dalam satu atap.

Karena terisolasi dari peradaban, masyarakat ini masih menanamkan tradisi turun-temurun dari  leluhur mereka. Dengan bahasa, budaya, dan adat istiadat tersendiri dan berpaham animisme. Pakaian mereka sendiri masih berbahan alami yakni dari kulit pohon sukun untuk laki-laki dan rok dari daun pisang untuk wanita. Ciri khas suku ini yakni dengan tato di sekujur tubuh.

Suku Dayak

Lima Suku Asli Indonesia Yang Mendunia

Dayak merupakan suku terbesar di pulau borneo termasuk Indonesia, Malaysia dan juga Brunei. Selain suku dayak terkenal dengan mistisnya, kebudayaan dayak yang terkenal lainnya adalah budaya tato. Tidak jarang banyak turis datang ke kalimantan hanya untuk melihat budaya tato yang bisa di katakan sebagai salah satu kebudayaan tato tertua yang ada di dunia saat ini. Selain itu juga ada budaya telinga panjang dan lain-lain

Suku Jawa

Lima Suku Asli Indonesia Yang Mendunia

Sebagai suku terbesar di Indonesia tentu suku jawa sangat populer di dunia. Mengapa suku jawa menjadi salah satu suku yang populer di Indonesia? salah satu jawabannya adalah karena bahasa jawa ternyata menjadi bahasa yang di gunakan juga oleh beberapa negara di dunia, bahkan di Australia, terdapat salah satu universitas menyertakan bahasa jawa menjadi program studi. Di Inggris , Gamelan juga menjadi alat musik yang populer yang cukup di gemari oleh warga Inggris dan masih banyak kebudyaan jawa yang populer di dunia.

Bangga bukan menjadi orang Indonesia?
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.