Tujuh Kendaraan Transportasi Paling Unik dan Canggih di Dunia

Mobil, sepeda motor, kereta hingga pesawat terbang merupakan alat transportasi yang tak pernah lepas dari kehidupan manusia. Keberadaan alat transportasi ini sangat begitu penting bagi kelangsungan hidup manusia. Dengan kendaraan tersebut manusia akan lebih mudah dalam melakukan kegiatan rutin hariannya seperti berangkat bekerja, sekolah atau sekedar bepergian ke tempat yang sangat jauh.

Saat ini keberadaan alat-alat transportasi ini sudah begitu banyak, hampir disetiap tempat alat transportasi selalu tersedia. Bahkan untuk lebih cepat dan hemat biaya sekarang ini hampir semua orang sudah memiliki satu alat transportasi pribadi yang selalu di gunakan sehari-hari. Namun ironis nya semakin banyak kendaraan di jalan raya efek macet pun semakin menjadi jadi.

Beda hal nya dengan alat transportasi yang ada di negara maju, biasanya penduduknya lebih sering menggunakan transportasi umum ketimbang kendaraan pribadi. Dengan segala aturan yang ketat serta penggunaan teknologi canggih pada setiap alat transportasi membuat penduduk di negara maju tak pernah menyesal menggunakan transportasi umum. 

Berikut adalah tujuh kendaraan transportasi umum paling unik namun canggih yang sudah banyak digunakan di negara maju. Silahkan disimak.

Floating Bus – Hippo, Kanada

Tujuh Kendaraan Transportasi Paling Unik dan Canggih di Dunia

Hippo adalah bus-kapal yang dapat mengangkut 40 penumpang yang menawarkan tur darat dan air di Toronto Kanada. Bus ampibi ini memberikan pengalaman safari perkotaan di salah satu kota terindah di Kanada dengan semua situs sejarahnya dan mengarungi perairan yang indah.

Hanging Train – Schwebebahn, Jerman

Tujuh Kendaraan Transportasi Paling Unik dan Canggih di Dunia

Kereta api gantung di kota Wuppertal Jerman adalah sistem monorel tertua di dunia. Dibangun pada tahun 1900, Schwebebahn Wuppertaler atau "kereta mengambang" telah terus beroperasi sejak 1901, meskipun mengalami dua perang dunia, berbagai kecelakaan dan peristiwa bergolak lainnya.

Saat ini, monorail gantung ini membentang lebih dari 13,3 km sistem track dan 20 perhentian. 10 km dari trek mengikuti Sungai Wupper di ketinggian 12 meter dan untuk 3,3 km trek mengikuti jalan-jalan sempit Wuppertal di ketinggian 8 m. Monorel mencapai kecepatan puncak hingga 60 km/jam dan menempuh seluruh track dalam waktu sekitar 30 menit.

Underground Funicular – Carmelit, Israel

Tujuh Kendaraan Transportasi Paling Unik dan Canggih di Dunia

Carmelit adalah Tram kabel bawah tanah di Haifa, Israel. Dibuka pada tahun 1956, dan ditutup pada tahun 1986 setelah menunjukkan tanda-tanda penuaan. Tram kabel bawah tanah dibuka kembali pada bulan September 1992 setelah renovasi besar-besaran. 

Karena sebagian besar kota Haifa berada di atas Gunung Karmel (yang dijadikan nama transportasi ini), Carmelit menjadi tram bawah tanah yang bergerak naik dan turun gunung. Perbedaan ketinggian antara stasiun pertama dan terakhir adalah 274 meter.

Carmelit memiliki desain miring, dengan tangga-tangga di dalam gerbong dan di peron stasiun. Carmelit adalah salah satu sistem kereta bawah tanah terkecil di dunia, hanya memiliki empat gerbong, enam stasiun dan satu terowongan sepanjang 1,8 km.

Polar Rover, Kanada

Tujuh Kendaraan Transportasi Paling Unik dan Canggih di Dunia

Kendaaraan Polar Rover tampak seperti bus roda truk raksasa. Tapi tahukah Anda bahwa kendaraan yang digunakan untuk melihat beruang kutub di alam liar di utara Kanada ini awalnya adalah truk pengendalian kebakaran di bandara? Mereka kemudian didesain ulang untuk menghadapi kondisi es yang kasar bergelombang dan tundra berbatu serta membuat perjalanan yang nyaman untuk wisatawan yang ingin melihat ikon dari Arktik .

Ice Angel, Amerika

Tujuh Kendaraan Transportasi Paling Unik dan Canggih di Dunia

Madeline Island adalah satu-satunya pulau dari Wisconsin Apostle Islands yang dihuni dan terhubung ke Bayfield di daratan oleh feri di musim panas dan dengan jalan raya es sepanjang dua mil di musim dingin ketika air Danau Superior membeku. Namun, selama tahap transisi, ketika es tidak cukup kuat untuk mendukung kendaraan, koneksi dilayani oleh kapal es dengan baling-baling pesawat. Ya, supaya anak-anak di pulau Madeline dapat pergi ke sekolah.

Canal Taxi, Thailand

Tujuh Kendaraan Transportasi Paling Unik dan Canggih di Dunia

Bangkok kadang-kadang disebut “Venesia dari Timur” karena jaringan kanalnya. Taksi Sungai dan kanal masih merupakan bagian penting dari sistem transit kota dan dalam banyak kasus lebih cepat daripada lalu lintas yang macet di jalan raya. 

Rute kanal tertentu berjalan melalui pusat kota. Karena beberapa jembatan yang melintasi kanal cukup rendah, maka di beberapa titik perahu akan memperlambat jalannya dan kanopi kanvas akan sedikit diturunkan, memaksa semua penumpang untuk menunduk sejenak.

Aerial Tramway, Amerika

Tujuh Kendaraan Transportasi Paling Unik dan Canggih di Dunia

Roosevelt Island Tramway adalah trem udara di New York City yang mencakup East River dan menghubungkan Roosevelt Island ke Manhattan. Setiap kabin memiliki kapasitas hingga 110 orang dan melakukan sekitar 115 perjalanan per hari. 

Trem bergerak dengan kecepatan sekitar 29 km/jam dan perjalanan sejauh 940 m ditempuh dalam waktu 3 menit. Pada puncaknya trem ini naik ke ketinggian 76 m di atas East River karena ia mengikuti rute pada sisi utara dari Ed Koch Queensboro Bridge, memberikan pemandangan sisi timur dari Manhattan.

Nah itulah kawan setidaknya tujuh kendaraan transportasi umum paling keren dan unik serta canggih di dunia. Seandainya kendaraan kendaraan tersebut sudah ada di Indonesia. Pastilah semua orang akan beralih dan nyaman menggunakan transportasi umum.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.