Tujuh Tradisi Menyambut Masa Dewasa Paling Unik di Dunia

Masa dewasa adalah masa paling indah yang pernah di lalui oleh banyak orang. Masa dewasa dimulai saat seorang anak sudah mulai mengalami menstruasi bagi seorang perempuan dan mengalami mimpi basah bagi seorang laki-laki. Selain itu dimasa ini beberapa bagian tubuh telah mengalami perubahan yang menandakan beralihnya masa kanak-kanak ke masa remaja.

Memasuki masa puber, biasanya seorang anak mulai dianggap dewasa oleh orang lain. Tak heran jika masa ini merupakan salah satu milestone dalam kehidupan seseorang. Suka dan duka di masa ini kerap menjadi kenangan yang tak terlupakan sepanjang masa.

Nah, untuk merayakan masa dewasa seseorang, di berbagai negara atau suku bangsa biasanya akan melakukan berbagai tradisi atau kegiatan khusus yang menandakan seorang anak sudah dianggap dewasa dan bertanggung jawab. Ada beberapa ritual yang terlihat menyenangkan, namun ada pula ritual yang justru tampak sangat menyakitkan dan memerlukan stamina tinggi untuk menjalankannya.

Seperti delapan tradisi unik dibawah ini, dimana di berbagai suku bangsa yang ada nyatanya ketika seorang anak mulai beranjak dewasa beberapa kegiatan dibawah ini kerap dilaksanakan oleh ketua suku. 


Skarifikasi Ala Suku Sungai Sepik

Delapan Tradisi Menyambut Masa Dewasa Paling Unik di Dunia

Tradisi skarifikasi banyak dilakukan oleh suku-suku di seluruh dunia, tetapi suku Sungai Sepik di Papua Nugini menjadikan tradisi ini sebagai bagian dari upacara insiasi. Cara yang dilakukan pun cukup membuat bulu kuduk berdiri. Pasalnya, para sesepuh menggunakan silet untuk membuat pola yang mengadaptasi kulit kasar buaya pada kulit para pemuda yang beranjak dewasa.

Melakukan Perjalanan Seorang Diri Ala Suku Aborigin

Delapan Tradisi Menyambut Masa Dewasa Paling Unik di Dunia

Umumnya, orang tua akan khawatir jika anak-anaknya dibiarkan bepergian seorang diri ke tempat yang jauh. Tetapi bagi suku Aborigin, Australia, mereka justru mengirim para pemuda ke padang gurun selama 6 bulan untuk menguji apakah mereka telah siap menjadi pria dewasa. Mereka harus bertahan hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Setelah berhasil bertahan hidup, mereka kembali ke rumah dan dinyatakan sah menjadi laki-laki sejati.

Asah Gigi Khas Suku Mentawai

Delapan Tradisi Menyambut Masa Dewasa Paling Unik di Dunia

Kepulauan Mentawai punya tradisi khusus untuk para gadis yang menginjak masa dewasa. Mereka punya nilai-nilai tradisional yang luhur tentang kecantikan. Dipercaya, jika jiwa seseorang tidak puas dengan penampilan tubuhnya, orang tersebut akan mati. Oleh karena itu, wanita muda mempertajam gigi mereka agar tampil lebih indah.

Tradisi Tato Wajah Gadis Suku Fula

Delapan Tradisi Menyambut Masa Dewasa Paling Unik di Dunia

Ada yang menganggap tato dengan pandangan kurang baik, ada pula yang melihat tato sebagai karya seni. Tetapi bagi masyarakat suku Fula justru tato dianggap sebagai tanda kedewasaan seseorang, lho. Tato justru ditorehkan bagi para gadis perempuan yang dianggap telah dewasa,

Para gadis suku Fula di Afrika Barat harus memiliki tato di wajah mereka. Pembuatan tato ini melalui proses yang cukup menyakitkan karena dilakukan menggunakan sepotong kayu yang tajam. Tato ini sebagai penanda seorang gadis dianggap dewasa dan telah diizinkan untuk menikah.

Tradisi Berburu Singa Ala Suku Masai

Delapan Tradisi Menyambut Masa Dewasa Paling Unik di Dunia

Orang-orang suku Masai dari Tanzania dan Kenya punya cara unik untuk menandai kedewasaan seseorang. Suku ini melakukan regenerasi prajurit mereka setiap 6-10 tahun. Calon-calon prajurit ini disunat dan dipindahkan ke kamp khusus untuk diisolasi.

Secara tradisional, suku Masai punya ritual untuk berburu singa sebagai puncak dari upacara pengesahan ini. Tetapi baru-baru ini pemerintah setempat mengeluarkan larangan untuk membunuh singa karena alasan perlindungan terhadap satwa ini.

Tradisi Lompat Sapi Khas Suku Hamar

Delapan Tradisi Menyambut Masa Dewasa Paling Unik di Dunia

Sementara di suku-suku lain, tradisi dilakukan untuk menyambut kedewasaan seseorang, di suku Hamar, Ethiophia rupanya berbeda. Orang-orang dari suku Hamar di Ethiophia harus melakukan ritual lompat sapi sebelum diizinkan menikah.

Ritual ini dimulai dengan mencambuk sang pria di depan keluarga dan teman-temannya. Kemudian ia harus melompat di atas punggung empat sapi yang dikebiri. Setelah lolos melalui ritual ini, sang pria baru diizinkan menikah. Wah kira-kira menurut Anda apa ya artinya ritual ini?

Ritual Semut Peluru - Suku Adat Satere-Mawe

Delapan Tradisi Menyambut Masa Dewasa Paling Unik di Dunia

Suku adat Satere-Mawe tinggal jauh di dalam pelosok hutan Amazon. Suku yang menjadi bagian dari negeri Brazil ini punya ritual khusus untuk menandai masa peralihan anak laki-laki menjadi pria dewasa. Sebuah selongsong daun berisi semut peluru dikenakan pada sang anak selama 10 menit.

Perlu diketahui jika semut peluru adalah spesies semut yang memiliki gigitan paling menyakitkan di dunia. Jika seorang anak dapat menahan rasa sakit akibat sengatan semut peluru, tandanya ia telah cukup dewasa. Wah, nggak kebayang ya rasa ngilunya.

Nah itulah tujuh tradisi unik dalam menyambut masa dewasa yang dilakukan diberbagai suku bangsa dunia. Memang bagi sebagian yang masih menganut faham alam tradisi tersebut sangat berarti sekali. Namun bagi orang-orang yang sudah berbaur dengan teknologi rasanya untuk menyambut masa dewasa seseorang tak perlu dilakukan.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.