Empat Cara Alternatif Mengatasi Nyeri Pinggang Tanpa Operasi

Walaupun tampak sederhana, nyeri pinggang termasuk dalam kelompok penyakit yang sulit untuk di obati. Saat ini saja, terdapat 60 hal yang menyebabkan terjadinya nyeri di daerah pinggang. Untuk itu diperlukan pemeriksaan yang teliti agar penanganan nyeri pinggang dapat sembuh secara optimal. Jika nyeri pinggang masih berlanjut meski segala cara telah menjalani terapi obat, pembedahan biasanya menjadi solusi yang terakhir.

Saat ini, sekitar 80 persen orang dewasa akan mengalami nyeri pinggang setidaknya sekali selama hidupnya. Nyeri pinggang dianggap sebagai salah satu penyebab menurunnya kualitas hidup dan produktivitas saat bekerja. Bagi seseorang yang mengalami nyeri pinggang, kondisi ini bisa dirasakan selama bertahun-tahun, bahkan bisa menyebabkan disabilitas. Maka dari itu, perlu penanganan yang benar untuk mengatasi penyakit ini.

Nah jika Anda mengalami sakit pinggang yang berkelanjutan, dan sudah melakukan berbagai cara untuk mengobatinya, namun belum ada hasil yang maksimal bisa mencoba alternatif berikut ini. Berikut adalah empat cara alternatif mengobati nyeri pinggang tanpa harus melakukan operasi :

Pemasangan RACZR Kateter

Empat Cara Alternatif Mengatasi Nyeri Pinggang Tanpa Operasi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengobati nyeri pinggang yang selama ini menjadi penghalang dalam melakukan berbagai aktivitas adalah dengan melakukan pemasangan RACZR Katerer. Kateter yang dipasang memiliki ukuran mikro yang akan dipasang pada rongga epidural di tulang belakang pasien dengan tujuan untuk mempermudah penyuntukan obat seperti kortison, agar tepat sasaran di daerah yang mengalami nyeri. Umumnya nyeri pinggang yang mengharuskan pemasangan kateter ada di jaringan parut pada saraf-saraf tulang belakang.

Pemasangan keteter membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 60 menit lamanya. Untuk mengontrol nyeri pada pasien dengan nyeri pinggang setidaknya dibutuhkan 3 kali penyuntikan dalam kurun waktu 12 bulan.

Injeksi streroid pada epidural

Empat Cara Alternatif Mengatasi Nyeri Pinggang Tanpa Operasi

Terapi ini memiliki tujuan untuk mengurangi peradangan di sekitar saraf. Dengan melakukan injeksi steroid pada epidural bisa mengurangi keluhan seteleh dua sampai enam minggu penyuntikan. Penyuntikan ini akan lebih efektif apabila dikombinasikan dengan program rehabilitasi dan latihan fisik yang benar.

Rizotomi menggunakan radiofrekuensi

Empat Cara Alternatif Mengatasi Nyeri Pinggang Tanpa Operasi

Cara ini dilakukan dengan memanaskan saraf di daerah sendi facet yang menimpulkan nyeri. Pemanasan ini dilakukan menggunakan teknologi radiofrekuensi. Radifrekuensi dilakukan pada saraf yang dituju sehingga saraf tersebut tidak lagi mengantarkan sinyal nyeri ke otak secara permanen. Cara ini dianjutkan bagi pasien yang tidak memberikan respons terhadap terapi lainnya.

Injeksi Facet

Empat Cara Alternatif Mengatasi Nyeri Pinggang Tanpa Operasi

Pengobatan injeksi facet dilakukan untuk memperjelas diagnosis maupun meredakan nyeri. Pengobatan ini dilakukan dengan cara memberikan obat anestesi dan streroid dangan cara disuntik ke dalam sendi facet pada ruas tulang belakang. Apabila nyeri hilang setelah diberikan obat suntikan, dapat dipastikan nyeri berasal dari gangguan facet atau sendi tersebut.

Nyeri pada sendi facet telah dilaporkan menyebabkan hingga 40% dari nyeri pinggang. Sendi facet adalah sendi-sendi kecil di belakang cakram tulang belakang yang membantu untuk mendukung tulang belakang dan memungkinkan untuk bergerak. Jika facet sendi mengalami rematik atau meradang, Anda akan merasa kesakitan, menyebabkan sakit leher atau nyeri pinggang dengan atau tanpa rasa sakit di kaki.

Nah, itulah setidaknya empat cara alternatif yang bisa anda lakukan dalam mengurangi dan bahkan mengobati nyeri pinggang tanpa harus melakukan operasi yang memerlukan biaya sangat besar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.