Empat Sungai Warna Warni Paling Indah di Dunia

Sungai merupakan fenomena alam paling indah dan banyak bermanfaat bagi kehidupan seluruh makhluk hidup di dunia. Pada umumnya sungai digunakan sebagai alat atau tempat mengalirnya air dari hulu menuju laut. Selain itu sungai juga bisa digunakan sebagai tempat menampung air yang selalu dibutuhkan oleh semua makhluk hidup di dunia.

Ada banyak jenis sungai di dunia ini, mulai dari sungai alami yang terbentuk karena alam ataupun sungai buatan yang di buat oleh manusia untuk mengalirkan air. Salah satu sungai paling terkenal di dunia adalah sungai Nil yang ada di Afrika dan Sungai Amazon yang ada di Amerika, kedua sungai tersebut di nobatkan sebagai sungai terpanjang dan terbesar di dunia. 

Namun tahukah Anda jika keindahan sungai tidak hanya terletak besar dan panjangnya saja, ternyata ada beberapa sungai didunia ini yang memiliki bentuk dan warna unik yang berbeda dengan sungai lainnya. Karena beberapa faktor serta fenomena alam, sungai-sungai berikut ini memiliki warna yang tak biasa. Tak hanya satu namun ada banyak warna yang terdapat pada sungai dibawah ini. Tak heran banyak orang bilang jika sungai-sungai ini adalah sungai warna warni paling indah di dunia.


Sungai Cano Cristales, Kolombia

Empat Sungai Warna Warni Paling Indah di Dunia

Air sungai di Cano Critales seakan memancarkan lima warna yang berbeda di setiap alirannya, ketika melihatnya dijamin akan membuat Anda terpesona dan speechless dibuatnya. Karena keunikannya ini Sungai Cano Cristales juga punya nama lain, yaitu Sungai Pelangi.

Anda bisa melihat air sungai yang berwarna kuning, hijau, biru, hitam yang akan terlihat jelas di sekitar bulan Juli sampai November. Fenomena air berwarna pelangi ini hanya bisa dijumpai di sungai yang terletak di Provinsi Serrania de la Macarena. Dan ini adalah akibat pertumbuhan sejenis tanaman air bernama Macarenia Clavigera yang tumbuh di dasar sungai.

Namun, keindahan dari sungai Cano Cristales rupanya tidak menarik bagi para ikan untuk datang dan bertempat tinggal di sungai ini. Pertumbuhan ganggang macarenia yang merajalela di sungai sepanjang 100 km itu rupanya telah menyerap banyak nutrisi dan partikel-partikel kecil yang dibutuhkan ikan sebagai bahan makanan. 

Dan ikan tak bisa bertahan hidup di sini. Tapi kalau lagi beruntung para pengunjung bisa ketemu dengan aneka satwa lain yang tinggal di sekitar sungai, seperti burung, reptile, kera dan beberapa jenis satwa amfibi.

Sungai Rio Tinto, Spanyol

Empat Sungai Warna Warni Paling Indah di Dunia

Sungai yang mengalir di sepanjang selatan sampai barat daya Spanyol secara sepintas nampak unik karena warna merah kekuningannya. Tapi tahukah Anda, jika kecantikan sungai ini justru bisa mematikan karena menandakan tingkat keasaman yang tinggi dan besi yang larut dalam air.

Ironisnya, warna indah mematikan Sungai Rio Tinto diakibatkan oleh potensi sumber daya mineral di dalamnya. Kekayaan mineral ini telah dieksplorasi oleh bangsa Yunani, Romawi, Moor, Funisia dan Visigoth sejak 3000 SM sebagai bahan baku membuat uang logam, peralatan perang, peralatan rumah tangga, dan banyak lagi. 

Aktivitas pertambangan selama ribuan tahun meningkatkan konsentrasi logam berat di Sungai Rio Tinto dan kerusakan lingkungan yang makin parah. Pertambangan itu ditutup di tahun 2001 dan dikabarkan akan dibuka kembali di tahun 2010. Tapi masalah pembebasan lahan dan protes dari masyarakat peduli lingkungan hidup membuat pihak pengelola terpaksa harus menunda rencana itu.

Namun karena warna yang dihasilkan tak salah memasukkan sungai Rio Tinto sebagai salah satu sungai berwarna paling indah di dunia.

Sungai Rio Celeste, Kosta Rika

Empat Sungai Warna Warni Paling Indah di Dunia

Rio Celeste (Sungai Biru Langit) merupakan sungai yang sangat sakral dan masih dihormati sebagai tempat suci oleh adat suku Maleku yang tinggal di wilayah Utara Kosta Rika dekat Tenorio Volcano. Legenda mereka mengatakan bahwa ketika Tuhan mereka menciptakan dunia, setelah Dia selesai melukis langit dengan warna biru yang cemerlang, Dia mencuci kuasNya di sungai Kosta Rika yang indah ini, sehingga sungai memiliki warna yang sama dengan birunya langit .

Sungai ini memulai perjalanannya sebagai air jernih dan mengalir ke bawah hutan hujan yang rimbun di Tenorio Volcano National Park; kemudian tiba-tiba melewati garis putih dan ajaib, air sungai berubah menjadi berwarna turquoise (warna biru langit). Secara ilmiah, fenomena ini disebabkan oleh reaksi kimia antara uap sulfur yang berasal dari dasar sungai dan kalsium karbonat masuk ke sungai dari aliran kecil.

Rio Celeste juga dilengkapi atraksi alami yang menakjubkan, seperti air terjun setinggi 30 m yang tumpah ke kolam berwarna pirus yang indah, Laguna tenang yang berwarna biru langit. Berenang di kolam alami di kaki air terjun dan di Blue Lagoon sangat populer di kalangan pengunjung, seperti membasahi dalam air panas ; Namun , pengunjung harus berhati-hati terhadap air panas dan lumpur yang mendidih, juga berhati-hati saat menjelajahi tepi sungai ini.

Sungai The Nereveta, Bosnia Dan Herzegovina

Empat Sungai Warna Warni Paling Indah di Dunia

Neretva adalah 'sungai karst' yang terbesar di dunia. Sungai ini dikelilingi bukit karst alias kapur, sehingga menciptakan banyak gua dan arus tak biasa. Namun, Neretva sekaligus menjadi salah satu sungai tercantik di dunia dengan air yang hijau jernih.

Sungai ini mengaliri wilayah tenggara Eropa, termasuk Kroasia dan Bosnia Herzegovina. Traveler bisa menyusuri keindahannya lewat kota-kota yang berada di bantaran Sungai Neretva.

Nah, itulah setidaknya empat sungai warna-warni paling indah dan menakjubkan di dunia, memang keindahan alam dan fenomena alamnya tidak ada yang bisa menandingi. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua, dan jika Anda ada waktu silahkan kunjungi sungai-sungai diatas kawan..
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.