Enam Hewan Paling Setia dan Romantis di Dunia

Tak seperti manusia, hewan adalah makhluk hidup yang tidak diberi akal dan pikiran. Hewan hidup hanya untuk menyeimbangkan kehidupan di dunia. Dan pada hakikatnya hewan-hewan ini hidup secara berkelompok dan satu dengan yang lainnya bisa menjadi suatu rantai makanan. Seperti ikan atau kambing hidup untuk menjadi makanan dari manusia dan hewan karnivora lainnya.

Selain itu dalam kehidupan liarnya, untuk menjaga agar keturunan tetap ada setiap hewan akan berkembang biak setiap musimnya. Ada yang dengan cara bertelur atau pun melahirkan. Tak seperti manusia yang harus selalu melakukan pernikahan untuk mendapatkan keturunan, setiap hewan hanya tinggal di kumpulkan dengan lawan jenisnya dan perkawinan pun akan terjadi. Selain itu setelah kawin, si jantan akan meninggalkan si betina begitu saja.

Namun meski begitu, ternyata ada juga hewan yang sangat setia sehidup semati dengan pasangannya. Dalam dunia biologi hal tersebut dikenal dengan istilah monogami. Di seluruh dunia hanya tiga persen saja hewan yang melakukan monogami ini. Diantara semua hewan, bangsa burunglah yang paling sering melakukan monogami di antara semuanya. Meski begitu, selain burung ternyata ada banyak jenis binatang lainnya yang ternyata sangat setia pada pasangan mereka.

Bahkan saking setianya, hewan-hewan ini bisa menunjukkan sisi romantis mereka lebih daripada manusia. Binatang-binatang ini hanya memiliki satu pasangan, bisa memperlihatkan rasa kasih mereka dan selalu menjaga anak-anak mereka dengan baik. Berikut adalah enam hewan paling setia dan romantis di dunia :

Penguin

Enam Hewan Paling Setia di Dunia

Semua orang yang pernah melihat film dokumenter tentang penguin pasti tahu bahwa penguin merupakan salah satu hewan yang setia pada pasangannya. Penguin adalah hewan yang hanya memiliki satu pasangan selama hidup mereka. Penguin juga memiliki dedikasi ketika membesarkan anak di lingkungan yang sangat sulit dan keras.

Ayah penguin biasanya akan menjaga telur mereka tetap hangat sementara si ibu mencari makanan. Ini karena ukuran sang ayah biasanya lebih besar dari sang ibu sehingga bisa memberikan kehangatan pada telur mereka. Ketika mencari pasangan, diketahui juga bahwa penguin betina biasanya mencari pejantan yang gemuk. Semakin gemuk, pejantan akan terlihat lebih menarik di mata penguin betina.

Burung rangkong

Enam Hewan Paling Setia di Dunia

Burung rangkong jantan adalah salah satu hewan paling romantis dan perhatian pada pasangannya. Ketika akan berpasangan, burung rangkong akan menyanyi untuk pasangannya. Begitu juga si burung rangkong betina akan membalas nyanyian tersebut.

Saat burung rangkong betina akan bertelur, mereka akan mengurung diri di dalam sarang. Sementara burung rangkong jantan yang bertugas untuk mencari makan dan menjaga keamanan burung rangkong betina. Ini dilakukan selama dua bulan hingga anak-anak mereka menetas dan bisa ditinggalkan untuk mencari makan. 

Selanjutnya pasangan burung rangkong akan bekerjasama mencari makan untuk membesarkan anak mereka. Burung rangkong juga diketahui hanya memiliki satu pasangan seumur hidup mereka.

Burung albatros

Enam Hewan Paling Setia di Dunia

Burung albatros sudah disebut dewasa ketika berusia 10 tahun. Selanjutnya, mereka tak terburu-buru untuk mencari pasangan. Burung alabatros mencari pasangannya dengan ritual menari hingga mereka menemukan pasangan yang tepat.

Ketika menemukan pasangan yang dicari, kedua burung albatros itu akan membuat tanda dan bahasa mereka sendiri, yang bisa berbentuk gerakan atau semacam tarian. Bahasa ini hanya dimengerti oleh pasangan burung albartros itu saja. Burung albatros juga merupakan hewan yang setia dan hanya memiliki satu pasangan selama hidup mereka.

Kuda laut

Enam Hewan Paling Setia di Dunia

Kuda laut mungkin terlihat kecil dan jarang diperhatikan. Tetapi binatang yang satu ini ternyata juga romantis dan setia. Ketika siap untuk dibuahi, kuda laut betina menitipkan telur mereka pada perut kuda laut jantan. Dengan begitu, secara literal, kuda laut jantan lah yang kemudian melahirkan bayi-bayi kuda laut untuk sang betina.

Sebelum telur dibuahi, kuda laut yang sudah menemukan pasangan akan berenang bersama di laut dan saling menautkan moncong mereka, seperti sedang berciuman. Selain itu, mereka bahkan berubah-ubah warna untuk memberikan sinyal pada pasangan mereka. sangat romantis dan indah untuk dilihat.

Prairie Vole

Enam Hewan Paling Setia di Dunia

Prairie Vole atau yang memiliki nama lain microtus ochrogaster biasanya hidup di padang rumput Amerika. Dibandingkan semuanya, hewan pengerat yang satu ini adalah yang paling setia. Prairie vole hanya akan bercinta dengan satu prairie vole saja seumur hidup mereka. Pasangan hewan ini akan membangun rumah dan membesarkan anak-anak mereka bersama.

Yang paling romantis, prairie vole suka membersihkan tubuh dan bulu pasangan mereka di saat hujan. Prairie vole jantan juga dikenal paling setia dan tak mudah tergoda dengan betina lain. Ketika ada betina yang ingin mengganggu sarang mereka, pejantan prairie vole akan langsung mengusirnya. Wow, benar-benar pasangan idaman.

Serigala

Enam Hewan Paling Setia dan Romantis di Dunia

Meski serigala seringkali digambarkan sebagai hewan yang penyendiri, namun faktanya serigala menghargai sistem keluarga hampir sama seperti manusia. Sebuah kelompok 'keluarga' serigala biasanya terdiri atas ayah, ibu, dan anak-anak mereka. Serigala jantan akan selalu setia pada satu serigala betina selama hidupnya.

Sang ayah dalam keluarga serigala bahkan rela pergi ke tempat yang sangat jauh untuk mencari makan bagi keluarganya. Pasangan serigala juga sangat protektif pada satu sama lain. Mereka akan saling melindungi ketika ada bahaya, dan bahkan diketahui bisa berduka ketika salah satu keluarganya mati.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.