Ketika Orang Belum Kenal SmartPhone

Bernostalgia memang kadang menyenangkan. Jadi mungkin tidak ada salahnya mengingat ketika orang-orang masih belum akrab dengan berbagai gadget canggih seperti smartphone saat ini.  Memang kemajuan teknologi telah membawa banyak sekali hal positif. Namun rasanya, ada cerita masa lalu yang dirindukan sebelum merebaknya gadget seperti sekarang. Seperti apa memang nya kondisi zaman ketika itu? 

Ketika Orang Belum Kenal SmartPhone


Berikut mungkin sedikit kebiasaan dan kesenangan zaman dulu yang hilang karena gadget :

Main Petak Umpet

Bocah masa kini terutama yang tinggal di kota sepertinya banyak ketergantungan dengan beragam gadget. Memang dengan perangkat tersebut, anak-anak mungkin lebih tenang. Namun di sisi lain, mereka tidak lagi banyak melakukan permainan luar ruangan yang menyenangkan.

Di perkotaan, mungkin tidak banyak lagi anak anak yang main petak umpet, gobag sodor, kelereng atau sekadar bertukar gambar koleksi dengan teman temannya. Atau sekadar naik pohon yang di masa lalu adalah kegiatan yang cukup menyenangkan.

Pakai Telepon Koin

Berkomunikasi dengan orang lain di masa lalu tidak segampang zaman sekarang. Justru karena itu ada kesenangan tersendiri. Misalnya saja memakai telepon koin. Dahulu, banyak telepon koin masih berfungsi. Untuk telepon, masukkan uang dan tekan nomor yang dituju. Nah, durasi menelepon tergantung berapa banyak koin yang dimasukkan. Agar bisa menelepon dalam waktu yang lama, sebaiknya menyediakan banyak uang koin.

Ada juga cara licik dalam menelepon koin. Ya, beberapa remaja di masa lalu punya trik tersendiri agar uang koin yang dimasukkan bisa digunakan kembali.

Pertemanan Lebih Intens

Dengan Facebook, Twitter dan lainnya, komunikasi jadi jauh lebih mudah. Namun di sisi lain, kontak fisik lebih jarang terjadi. Mungkin benar istilah gadget seperti smartphone justru mendekatkan yang jauh namun malah menjauhkan yang dekat. Saat bertemu pun, masih banyak yang sibuk dengan gadgetnya.

Di masa lalu, untuk berteman, mau tidak mau orang orang harus saling bertemu dan banyak melakukan kegiatan bersama. Pada pada masa itu yang dilakukan adalah benar-benar mengobrol satu sama lain.

Saat menunggu di tempat umum saat itu, tidak ada gadget yang bisa dimainkan. Maka banyak orang memilih melontarkan senyum atau mengajak orang di sampingnya mengobrol.

Tidur Lebih Nyenyak

Saat ini, smartphone sudah menjadi semacam candu. Di tempat tidur pun, smartphone harus selalu menemani. Entah sekadar browsing, posting di Path, atau komentar di Facebook. Saking asyiknya, bisa kebablasan sampai malam dan membuat tidur tidak nyenyak.

Di pagi hari ketika terbangun, barang pertama yang dilihat pun sudah pasti adalah ponsel. Dan terus begitu setiap harinya. Berbeda dengan zaman dahulu, mungkin yang dilakukan sebelum tidur hanya ngobrol atau berimajinasi. Dan tampaknya membuat tidur lebih tenang.

Hidup pada masa lalu memang tak semua menyenangkan dan kemajuan yang dibawa teknologi zaman sekarang membuat banyak hal jadi mudah. Namun pada dasarnya masa lalu selalu menghadirkan kesenangannya sendiri yang selalu berbekas dihati.

t;/noscript>

loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.