Kisah Empat Orang Dengan Ingatan Super Pendek di Dunia

Amnesia atau hilang ingatan adalah salah satu penyakit yang menyebabkan ingatan seseorang hilang, amnesia bisa terjadi jika seseorang mengalami kecelakaan luar biasa yang menyebabkan benturan pada kepalanya. Belum ada obat yang bisa mengembalikan ingatan seseorang, hanya melalui beberapa terapi sedikit-sedikit ingatan akan datang kembali.

Namun dalam beberapa kasus, amnesia ternyata bisa membuat daya ingat seseorang menjadi berkurang. Seperti yang dialami oleh orang-orang berikut ini. Mengalami amnesia karena kecelakaan, setelah sembuh ingatan mereka menjadi pendek. Bahkan dari mereka hanya ada yang bisa mengingat masa-masa tertentu saja.



William

Kisah Empat Orang Dengan Ingatan Super Pendek di Dunia

Kisah pertama orang-orang dengan ingatan super pendek adalah kisah yang menimpa seorang laki-laki bernama William. Pada awalnya, ingatan tentang hidupnya 'berhenti' pada tanggal 14 Maret 2005 pukul 13.40, tepat setelah ia disuntik anestesi atau obat bius dan menjalani root canal treatment atau perawatan akar kanal pada gigi rutin.

Kedua, pria asal Inggris itu hanya bisa membuat ingatan baru sepanjang 90 menit. Selepas itu ingatannya akan kembali ke tahun 2005. Anehnya ketika diperiksa, otaknya tak mengalami kerusakan berarti. Dokter hanya bisa menduga William juga mengidap anterograde amnesia seperti Nikki, walaupun hal ini belum dapat dipastikan.

Nikki Pegram

Kisah Empat Orang Dengan Ingatan Super Pendek di Dunia

Kasus kedua orang-orang dengan ingatan super pendek menimpa seorang wanita bernama Nikki Pregram. Selepas dirawat di rumah sakit, Nikki yang malang terpeleset dan kepalanya terbentur tiang besi. Benturan itu mengakibatkan Nikki kejang dua jam lamanya. Anehnya, sejak saat itu Nikki selalu terbangun dengan satu ingatan yang sama yaitu tanggal 15 Oktober 2014, atau hari di mana ia terjatuh.

Menurut keterangan dokter, ibu satu anak ini mengidap anterograde amnesia, di mana otaknya tak dapat menciptakan memori atau ingatan baru.

Jenny Gisby

Kisah Empat Orang Dengan Ingatan Super Pendek di Dunia

Jenny beberapa waktu lalu didiagnosis dengan sebuah gangguan saraf langka yang disebut Functional Neurological Disorder (FND). Kondisi ini muncul setelah Jenny tiba-tiba pingsan di tempat kerjanya kemudian jatuh koma selama beberapa hari. Dokter sebenarnya meyakini bahwa Jenny telah mengidap FND sejak usianya masih 10 tahun. Hal ini diperkuat oleh keterangan Jenny yang mengaku tak mampu berjalan seimbang seperti anak-anak lain dan sendinya selalu terkilir.

Hanya saja, kondisi Jenny makin memburuk seiring dengan pertambahan usianya, sehingga setelah jatuh di tempat kerja itulah, Jenny akhirnya menjadi lumpuh ketika bangun dari koma. Selain itu, ia akan hilang ingatan tiap kali mengalami kejang hebat. Namun ingatannya baru akan kembali dalam waktu 30 menit. Untuk membuat dirinya lebih cepat mengingat siapa dirinya dan keluarga serta kekasihnya, wanita asal Nottingham, Inggris ini pun berinisiatif membuat scrapbook tentang dirinya.

Ricky Dean

Kisah Empat Orang Dengan Ingatan Super Pendek di Dunia

Terakhir kisah orang dengan ingatan super pendek di dunia adalah Ricky Dean. Ia tak memiliki kemampuan untuk mengingat sesuatu sejak kecil. Jadi ia harus diberitahu oleh orang lain sebelum melakukan berbagai hal, termasuk makan dan menyikat gigi. Di rumahnya, Ricky juga selalu dikelilingi oleh daftar, catatan, dan papan tulis untuk mengingatkan apa saja yang harus ia lakukan hari tersebut. Ponselnya pun memiliki fungsi serupa.

Pria muda asal Somerset, Inggris itu awalnya mengalami masalah kekurangan oksigen saat lahir dan kemudian didiagnosis dengan autisme. Di usia 12 tahun barulah dipastikan bahwa Ricky mengalami kehilangan memori secara penuh lewat scan otak.  Namun seiring berjalannya waktu, Ricky tak dapat membuat memori baru, pun tak mempunyai memori di masa lalu. Dokter mengatakan kondisi Ricky tak hanya langka, tapi juga belum ada namanya.

Nah, itulah setidaknya empat kisah orang-orang dengan kasus ingatan super pendek di dunia. Sungguh sangat menyakitkan jika ingatan dan memori kenangan yang kita miliki hilang. Segala sesuatu yang indah dan sangat berkesan dalam hidup kita menjadi hilang dan tak bisa kembali.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.