Lima Bajak Laut Wanita Paling Menakutkan Dalam Sejarah

Lautan adalah wilayah yang sangat luas dan melebihi luas daratan di bumi, hampir semua makhluk hidup ukuran raksasa ada di lautan. Tidak ada manusia yang bisa bertahan hidup di lautan, kecuali orang-orang yang ber profesi sebagai bajak laut. Yah, bajak laut adalah sekelompok orang yang lebih senang menghabiskan seluruh waktunya di lautan, dan bertahan hidup dengan merampok kapal-kapal yang sedang berlayar.

Pada umumnya kehadiran bajak laut ini sangatlah ditakuti, karena sikap yang penuh dengan kekerasan membuat para bajak laut tak segan-segan membunuh orang yang ada disekitarnya. Biasanya para bajak laut ini selalu digeluti oleh para pria yang memiliki kekuatan fisik luar biasa, mereka menjadikan kapal sebagai rumahnya dan lautan sebagai dunianya.

Kekerasan, perampokan, serta berbagai tindakan-tindakan brutal lainnya adalah kegiatan sehari-hari yang biasa dilakukan oleh bajak laut. Tanpa hal tersebut sulit rasanya mereka bisa bertahan hidup di lautan. Tetapi di dunia ini ada juga kelompok bajak laut yang di ketuai oleh seorang wanita, bahkan sejarah mencatat, ada beberapa kelompok bajak laut wanita yang sangat berbahaya bahkan lebih berbayaha dari bajak laut pria.


Bajak Laut Cheng I Sao

Lima Bajak Laut Wanita Paling Menakutkan Dalam Sejarah

Cheng I Sao atau Ching Shih merupakan bajak laut wanita yang paling berbahaya dan menakutkan dalam sejarah. Sebelum menjadi bajak laut, dia merupakan seorang pelacur hingga kemudian dinikahi oleh seorang pria bernama Cheng I. Pasangan suami istri ini kemudian menjadi salah satu kelompok bajak laut paling menakutkan yang pernah ada. Kelompok ini memiliki ratusan kapal dan lebih dari 50 ribu anak buah di sepanjang wilayah selatan China.

Setelah kematian suaminya pada 1807, Cheng I Sao membangun kembali kekuatan kelompoknya dengan bekerja sama dengan seorang pria yang merupakan bawahan sekaligus kekasihnya. Setelah itu dia mencoba mengelilingi dan menguasai wilayah Asia Tenggara dan membuat suatu undang-undang khusus untuk kelompoknya. 

Karena besarnya kekuatannya, pemerintah China, Inggris dan Portugal menjadikannya sebagai buruan utama. Tidak ingin melawan semua negara tersebut, Cheng I sao menawarkan perjanjian untuk menyerah selama dia tetap diperbolehkan untuk menyimpan hartanya. Cheng meninggal di tahun 1844 pada usia 69 ketika dia sudah pensiun sebagai bajak laut.

Bajak Laut Anne Bonny

Lima Bajak Laut Wanita Paling Menakutkan Dalam Sejarah

Anne Bonny memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan sebelum dia menjadi bajak laut. Dia adalah anak haram dari seorang pengacara yang kaya di Irlandia. Karena kondisinya itu, ayahnya memaksanya untuk berpakaian dan menyamar sebagai seorang pria. Walaupun begitu, Bonny sempat menikah dan pindah ke Amerika dengan seorang pelaut. Perjalanan dengan suaminya yang seorang pelaut ternyata malah membuat Bonny ingin menjadi bajak laut ketika dia tiba di wilayah Karibia.

Sebagai bajak laut, Bonny terkenal dengan sifatnya yang meledak-ledak dan mudah marah. Bahkan dalam salah satu cerita dia pernah hampir memukuli seorang pria hingga mati ketika pria tersebut mengganggunya. Dia terkenal sebagai pasangan dari Mary Read, bajak laut wanita lainnya. Sama seperti Read, walaupun sempat ditangkap tetapi dia dapat menghindari berbagai tuduhan yang didapatnya karena diketahui sedang hamil.

Bajak Laut Mary Read

Lima Bajak Laut Wanita Paling Menakutkan Dalam Sejarah

Lahir di Inggris pada awal abad ke-17, Mary Read menghabiskan masa mudanya dengan menyamar sebagai seorang pria karena paksaan ibunya. Namun ternyata hal ini kemudian menjadi kebiasaan baginya sehingga dia akhirnya terus menyamar sebagai Mark Read untuk dapat berpetualang dan melakukan pekerjaan sebagai tentara dan awak kapal. Pada awal 1710 an dia mulai menjadi bajak laut ketika kapalnya diserang dan mereka merekrutnya.

Pada awal karirnya sebagai bajak laut, Read berteman dengan Calico Jack dan di sanalah dia mulai berteman dengan salah satu bajak laut wanita yang paling menyeramkan juga yaitu Anne Bony. Karena reputasi yang didapatnya sebagai bajak laut, banyak pemburu yang mengincarnya sehingga akhirnya dia dan seluruh kru pada kapal milik Calico Jack tersebut ditangkap dan diadili. Tetapi Read dapat menghindari hukuman tersebut karena mengaku sedang mengandung. Namun rupanya nasibnya kurang baik karena tidak lama kemudian dia menderita demam yang menyebabkannya meninggal.

Bajak Laut Grace OMalley

Lima Bajak Laut Wanita Paling Menakutkan Dalam Sejarah

Pada masa ketika wanita masih dibatasi untuk menerima pendidikan dan hanya tinggal di rumah, Grace O'Malley telah menjadi bajak laut yang memimpin 20 kapal. Kelompok bajak laut miliknya menguasai perairan sebelah barat Irlandia dan kerap membajak kapal yang melewati daerah tersebut terutama yang berasal dari Inggris dan Spanyol. Sosok O'Malley sendiri cukup terkenal karena kesukaannya untuk memotong pendek rambutnya.

Keberanian dan tekad yang dimilikinya sungguh luar biasa. Bahkan ada cerita yang mengatakan bahwa dia tetap memimpin armadanya bahkan sehari setalah dia melahirkan. Sempat ditangkap oleh kerajaan Inggris, namun dia beruntung karena dilepaskan kembali. Tetapi pembebasannya dicabut pada awal tahun1590-an sehingga dia kembali mencari incaran dari angkatan laut. O'Malley tetap membajak bersama anaknya hingga dia meninggal di tahun 1603.

Bajak Laut Rachel Wall

Lima Bajak Laut Wanita Paling Menakutkan Dalam Sejarah

Rachel Wall merupakan wanita yang riwayatnya dipenuhi dengan dongeng dan mitos. Namun dalam beberapa kisah, Wall merupakan wanita pertama dari Amerika Serikat yang pertama kali menjadi seorang bajak laut. Pada awalnya Wall hanyalah seorang wanita asal Pennsylvania yang memutuskan untuk kabur dari rumahnya dan menikahi seorang nelayan bernama George Wall. Pasangan ini tinggal di Boston dan cukup miskin sehingga mereka sering melakukan tindakan kriminal.

Wall mulai menjadi bajak laut ketika pada tahun 1781 dia mulai membentuk kelompok dengan beberapa nelayan dan angkatan laut untuk menguasai wilayah pantai New England. Untuk menguasai kapal-kapal yang lewat daerah situ, dia memanfaatkan badai dan menyamarkan kapalnya baru kemudian membajak kapal yang terkena badai tersebut.

Cara yang dilakukan oleh Wall dan kelompoknya adalah memanfaatkan dirinya sebagai seorang penumpang kapal yang butuh pertolongan. Dalam melakukan aksinya, mereka tidak segan-segan untuk merampok seluruh isi kapal dan membunuh awak kapal yang ada. Aksi ini tetap dilakukannya bahkan ketika suaminya telah meninggal. Akhirnya pada tahun 1789 dia dipenjara serta dihukum mati karena serangkaian aksinya.

Nah, itulah setidaknya lima bajak laut wanita paling menakutkan di dunia, memang kehidupan di lautan serta kerasnya masa lalu seseorang ternyata bisa membuat orang tersebut menjadi menakutkan di masa depan. Semoga bisa membantu dan menambah pengetahuan.


loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.