Lima Danau Berwarna Pink Paling Unik di Dunia

Danau dengan warna pink mungkin terdengar tidak masuk akal, seperti dalam cerita-cerita fantasi. Tetapi di dunia ini ternyata danau-danau tersebut benar-benar ada. Tidak hanya satu, tetapi ada banyak danau unik berwarna pink yang tersebar di berbagai negara belahan dunia.

Danau-danau tersebut terbentuk dan memiliki warna tak biasa karena fenomena alam yang terbentuk secara alami. Warna merah muda pada airnya terjadi karena sejenis udang yang menghasilkan warna merah muda di dalamnya atau karena ganggang tertentu yang menghasilkan pigmen warna pink sebagai bentuk mekanisme adaptasi terhadap kada garam yang tinggi pada danau tersebut.

Karena itu warna dari air danau tersebut cenderung berubah-ubah, tergantung faktor kondisi alam. Namun ada juga danau yang setiap waktunya memiliki warna pink yang sama dan tidak pernah berubah sepanjang tahun. Penasaran bukan? Berikut adalah lima danau berwarna pink paling unik di dunia:

Danau Retba, Senegal

Lima Danau Berwarna Pink Paling Unik di Dunia

Danau Retba terletak di Semenanjung Cap Vert, 21 kilometer dari Dakar, Senegal. Danau tersebut berhimpitan dengan Samudera Atlantik, hanya dipisahkan dengan dataran berpasir. Danau ini masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Danau ini mengandung kadar garam sangat tinggi, yaitu 40 persen. Tak hanya garamnya yang menjadi sumber ekonomi bagi warga sekitar, ganggang Dunaliella salina di danau yang juga dikenal dengan nama Lac Rose ini juga dijadikan bahan kosmetik dan bahan makanan, karena mengandung antioksidan serta serat pangan yang cukup tinggi.

Dataran Garam Torrevieja

Lima Danau Berwarna Pink Paling Unik di Dunia

Dataran garam ini terletak di Salinas de Torrevieja , kota kecil di Spanyol. Kota ini tidak hanya memiliki satu danau berwarna pink, tetapi dua sekaligus. Air kedua danau di sana mengandung ganggang yang mampu memproduksi pigmen warna merah jika terkena sinar matahari. Area danau ini dijadikan kawasan konservasi karena di dalamnya hidup berbagai flora fauna yang perlu dilestarikan.

Dusty Rose Lake, British Columbia Kanada

Lima Danau Berwarna Pink Paling Unik di Dunia

Danau ini terletak di dataran tinggi, dekat perairan yang menuju ke Bella Coola, Kanada. Kalau dua danau di atas memiliki warna pink yang terbentuk dari ganggang dan bakteri yang menyukai air berkadar garam tinggi, sebaliknya Dusty Rose Lake tidak mengandung garam, bakteri, atau ganggang yang serupa.

Seperti dilansir Bloosee, danau ini mendapatkan warna merah mudanya dari gletser. Gletser yang letaknya di dekat danau ini memiliki warna kemerahan. Lelehannya mengalir ke danau tersebut dan menciptakan danau berwarna merah muda yang cantik. Tak diketahui kenapa gletser di sana bisa memiliki warna merah muda. Yang pasti formasi bebatuan di sekitar danau tersebut juga memiliki warna kemerahan.

Danau Masazir, Azerbaijan

Lima Danau Berwarna Pink Paling Unik di Dunia

Terletak di dekat Masazir, kota suburban di Baku, Azerbaijan. Warna merahnya disebabkan karena bakteri halofili. Jika terkena sinar matahari warnanya akan berubah menjadi merah. Danau ini merupakan sumber penghidupan bagi warga yang tinggal di sekitarnya. Karena kadar garamnya yang tinggi, penduduk setempat memanfaatkannya untuk membuat garam dan menjualnya. Dari danau ini saja, penduduk bisa memproduksi sekitar satu juta ton garam.

Danau Hillier, Australia Barat

Lima Danau Berwarna Pink Paling Unik di Dunia

Danau ini cantik sekali, bukan, dengan warna merah mudanya yang seperti susu stroberi? Inilah Danau Hillier yang terletak di Middle Island, pulau terbesar di Kepulauan Recherche, Australia Barat. Danau sepanjang 600 meter ini airnya mengandung garam dengan konsentrasi tinggi. Meskipun tidak diketahui pasti sumber warna merah muda Danau Hiller, tetapi diduga warna pink cantik tersebut berasal dari ganggang merah atau bakteri halofili, sejenis bakteri yang biasa hidup di air berkadar garam tinggi.

Warna merah muda Danau Hillier tidak pernah berubah. Saat Anda mengambil sedikit airnya dan meletakkannya ke dalam gelas pun airnya akan tetap berwarna merah. Danau tersebut menjadi daya tarik sendiri bagi para penumpang pesawat yang melintas di atasnya. Dari atas warna airnya tampak merah muda pekat, tetapi jika dilihat dari dekat warnanya cenderung merah muda transparan.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.