Lima Fenomena Alam Paling Unik Yang Hanya Ada di Indonesia

Indonesia merupakan negara bahari dengan kekayaan alamnya yang sangat luar biasa. Laut daratan dan gunung semua ada di Indonesia dan semuanya memiliki keberagaman serta keindahan yang sangat berbeda-beda. Sudah banyak wisatawan dalam dan luar negeri yang mengakui keindahan alam Indonesia.

Walau terletak di garis khatulistiwa dan memiliki iklim tropis nyatanya alam Indonesia memiliki keunikan yang tidak di miliki negara lain. Kita percaya jika di negara yang beriklim tropis tidak akan ada salju dan gurun pasir. Namun Indonesia berbeda, walau beriklim tropis ternyata ada tempat di Indonesia yang setiap tahunnya selalu di selimuti oleh es dan salju.

Selain itu Alam Indonesia juga menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan sampai sekarang, banyak peradaban kuno yang terkubur dan belum tersentuh oleh para tangan peneliti. Nah berikut adalah lima fenomena alam paling unik indah dan menakjubkan yang hanya ada di Indonesia. Silahkan disimak :

Danau Kaolin, Bangka Belitung

Lima Fenomena Alam Paling Unik Yang Hanya Ada di Indonesia

Sekilas gambar ini menyerupai es di kutub, bahkan ada yang menyangka ini di Islandia. Tapi tahukah Anda kalau Danau Kaolin ini terletak di Desa Air Raya Tanjung Pandan, Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Bagi yang belum tahu, Kaolin digunakan sebagai bahan baku utama atau pendukung untuk industri kertas, keramik/porselin, cat, sabun, kosmetik, pasta gigi, pupuk, dan farmasi.

Puncak Jayawijaya, Papua

Lima Fenomena Alam Paling Unik Yang Hanya Ada di Indonesia

Kandungan es di pegunungan ini diperkirakan mencapai 5 persen dari cadangan es dunia yang berada di luar Benua Antartika. Namun akibat pemanasan global, jumlah tersebut dari tahun ke tahun kian menyusut. Perlu diketahui bahwa nama “Jayawijaya” yang terkenal tersebut merupakan nama puncaknya, bukan pegunungannya. 

Nama pegunungan dari Puncak Jayawijaya adalah Pegunungan Sudirman. Selain dikenal dengan nama “Puncak Jayawijaya”, puncak tertinggi di Pegunungan Sudirman tersebut juga dikenal dengan sebutan Carstensz Pyramide atau Puncak Carstensz, mengambil nama seorang penjelajah Belanda yang berhasil menaklukkan puncak tersebut pada tahun 1623.

Kawah Ijen, Banyuwangi

Lima Fenomena Alam Paling Unik Yang Hanya Ada di Indonesia

Fenomena Api Biru ini beneran nyata dan bisa Anda jumpai di Kawah Ijen yang merupakan kawah dari Gunung Ijen. Kawah Ijen terletak di perbatasan antara Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sekitar tahun 2010, ada seorang peneliti dari Universitas Geneva di Swiss. 

Mereka meneliti selama 3 hari dengan cara hanya memakai masker dan kacamata hitam, lalu tidur di bebatuan di sekitar kawah. Kawah ijen memang terlihat menyala seperti api namun sebenarnya “api biru” adalah gas yang keluar dari tanah bertemu dengan oksigen.

Gunung Padang, Cianjur

Lima Fenomena Alam Paling Unik Yang Hanya Ada di Indonesia

Gunung Padang ini memang tidak sepopuler Candi Borobudur yang ditetapkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Tapi tahukah Anda kalau situs Gunung Padang ini memiliki luas sebesar yang jauh lebih besar dan megah dibandingkan Candi Borobudur? Tidak hanya itu, usia Gunung Padang juga diperkirakan mencapai 10.000 SM!! Bayangkan saja, waktu itu manusia purba di Eropa masih hidup di gua-gua. Kebudayaan Mesir (Piramida Giza) saja hanya berusia 3500 tahun SM. Bahkan Kebudayaan Cina dan Yunani berkisar di 2000-3000 SM. Wah, keren banget yah!

Gumuk Pasir, Yogyakarta

Lima Fenomena Alam Paling Unik Yang Hanya Ada di Indonesia

Gumuk merupakan bahasa jawa dari gundukan/tumpukan. Jadi Gumuk Pasir berarti gundukan yang terdiri dari pasir. Gumuk Pasir ini terletak di Yogyakarta, lebih tepatnya di sepanjang muara Sungai Opak hingga Pantai Parangtritis. 

Nama lengkap Gumuk Pasir ini adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Gundukan pasir yang mengumpul merupakan material yang berasal dari abu vulkanik gunung yang terbawa oleh aliran Sungai Opak, Sungai Progo dan sungai-sungai lainnya hingga akhirnya sampai ke Pantai Parangtritis. 

Kemudian di sini material vulkanik tersebut terombang-ambing oleh ombak hingga akhirnya terkikis dan berubah menjadi debu-debu halus yang akhirnya sampai ke tepi pantai dan dengan mudah dapat diterbangkan oleh angin. Karena proses yang secara terus-menerus tersebutlah hingga terbentuk gundukan pasir yang terkumpul di daratan sepanjang pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

Nah bagaimana Indah bukan?
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.