Lima Kisah Operasi Plastik Pertama di Dunia

Operasi plastik untuk saat ini telah menjadi tren yang cukup mendunia. Hampir di semua negara operasi ini kerap dilakukan. Bahkan di negara-negara maju operasi plastik ini sudah menjadi hal yang biasa. Operasi plastik ini merupakan jalan pintas yang sangat cepat bagi banyak orang untuk mendapatkan tubuh sesuai dengan keinginannya.

Dalam sejarahnya, orang-orang di masa lalu melakukan operasi plastik dengan banyak tujuan. Namun kebanyakan mereka melakukan operasi plastik untuk menutupi bekas luka dan membesarkan alat vital saja. Tapi seiring berkembangnya teknologi operasi plastik pun semakin beragam, bahkan dengan alat yang super canggih hasil operasi plastik menjadi lebih sempurna.

Nah, sebagai penambah pengetahuan berikut adalah lima kisah operasi plastik pertama yang dilakukan. Mulai dari operasi wajah hingga operasi implan payudara yang dilakukan orang-orang. Selain itu kita bisa membandingkan hasil operasi plastik di masa lalu dengan masa sekarang. Dijamin akan membuat Anda tercengang.


Walter Yeo: Orang pertama yang melakukan operasi plastik

Lima Kisah Operasi Plastik Pertama di Dunia

Walter Yeo adalah seorang pelaut Inggris selama masa Perang Dunia I. Ia disebut-sebut sebagai orang pertama yang melakukan operasi plastik. Dikisahkan, Walter mengalami luka di wajah yang begitu mengerikan, termasuk hilangnya kelopak mata. 

Ia mengalami luka itu akibat pertempuran Jutland di kapal Warspite di tahun 1916. Pada tahun 1917, ia dirawat oleh Sir Harold Gilies. Sir Harold Gilies adalah dokter pertama yang menggunakan teknik cangkok kulit dari bagian tubuh yang tidak rusak. Karena operasi plastik ini, Walter mendapat kelopak mata baru dengan 'topeng' kulit yang dicangkokkan ke wajah dan matanya.

William M. Spreckley: Operasi plastik hidung pertama

Lima Kisah Operasi Plastik Pertama di Dunia

Dewasa kini, orang-orang melakukan operasi plastik pada hidung mereka supaya terlihat mancung. Namun, dulu ada cerita tentang operasi plastik pertama kali yang digunakan untuk 'memperbaiki' hidung seseorang.

Lagi-lagi Dokter Harold Gilies yang melakukannya. Adalah William M. Spreckley, seorang letnan saat Perang Dunia I berlangsung. Ia adalah pasien ke 132 Gilies. Dikisahkan, pada bulan Januari 1917 dulu, William dirawat di rumah sakit dengan luka tembak yang mengerikan di hidungnya. Setelah operasi plastik, hidungnya nampak lebih normal.

Willie Vicarage: Rekonstruksi wajah pertama

Lima Kisah Operasi Plastik Pertama di Dunia

Seorang pria bernama Willie Vicarage harus rela kehilangan ketampanannya karena menderita luka di wajah yang cukup serius. Ia adalah orang pertama yang menerima rekonstruksi wajah melalui operasi plastik.

Pada saat itu, operasi plastik belum ditemukan. Artinya, sangat sulit untuk mencangkokkan jaringan dari bagian tubuh yang sehat. Tanpa antibiotik, kemungkinan infeksi akan sangat besar.

Dr. Gilies yang cerdas melakukan operasi plastik dengan teknik Tubed Pedicule. Ia menggunakan lipatan kulit dari dada atau dahi dan 'mengayunkan' ke wajah. Kulit yang diayun ini dipasang tabung supaya suplai darah asli tetap mengalir lancar dan mengurangi tingkat infeksi.

Timmie Jean Lindsey: Wanita pertama yang melakukan implan payudara

Lima Kisah Operasi Plastik Pertama di Dunia

Pada tahun 1962, seorang ibu rumah tangga muda bernama Timmie Jean Lidsey dibujuk untuk menjadi kelinci percobaan implan payudara pertama. Setelah mengikuti serangkaian prosedur rumit, Timmie akhirnya bersedia menjadi wanita pertama yang menerima implan payudara silikon pertama.

Operasi yang dilakukan pada tahun 1962 ini menghabiskan waktu satu tahun untuk mengikuti semua prosedur keamanan yang ada. Dr. Thomas Cronin, melakukan berbagai tes untuk mengetahui kesehatan si pasien sejak tahun 1961.

Isabelle Dinoire: Transplantasi wajah pertama

Lima Kisah Operasi Plastik Pertama di Dunia

Transplantasi wajah dilakukan dengan prosedur medis yang mengganti semua atau sebagian wajah seseorang. Transplantasi wajah yang pertama kali di dunia dilakukan pada tanggal 27 November 2005 yang lalu. Transplantasi wajah ini dilakukan oleh Bernard Devauchelle dan Jean Michel Dubernard, dua orang dokter bedah asal Perancis.

Transplantasi wajah ini dilakukan kepada Isabelle Dinoire. Wajah Isabelle rusak parah di bagian hidung ke bawah akibat serangan anjing Labrador miliknya. Selama 18 bulan, laporan rinci pertama dan kemajuan transplantasi dirilis dalam New England Journal of Medicine. Di dalam jurnal tersebut juga digambarkan bagaimana pasien merasa senang dengan hasil transplantasi tersebut.

Nah, itulah kawan setidaknya lima kisah operasi plastik pertama di dunia, memang tidak ada salahnya melakukan operasi plastik, namun jika tubuh tidak mengalami kecelakaan saya harapkan jangan melakukan operasi plastik.


loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.