Lima Wanita Cantik Simpanan Raja yang Merubah Sejarah

Dimana ada seorang raja disitu pasti ada seorang ratu. Ratu adalah sosok wanita yang selalu di sematkan kepada mereka yang menjadi pasangan seorang raja. Kesuksesan dan juga keberhasilan seorang raja dalam mengendalikan sebuah kerajaan tak pernah lepas dari dukungan para ratunya. Meski begitu tak hanya ratu saja yang menjadi orang terdekat dengan raja, melainkan ada juga wanita non kerajaan yang berhasil menaklukan dan memiliki pengaruh besar pada kinerja seorang raja.

Mereka adalah para wanita yang secara sembunyi-sembunyi menjadi wanita simpanan para raja. Mereka bukan seorang ratu bukan pula seorang putri kerajaan. Hampir tidak ada darah kerajaan yang mengalir di dalam tubuh wanita-wanita berikut ini. Meski begitu, para wanita cantik dibawah ini menjelma menjadi selir dan wanita simpanan raja yang memiliki pengaruh besar pada pembuatan sejarah dunia.

Berbekal kecantikan dan kecerdasan yang mereka miliki, para wanita cantik ini berhasil mendapatkan kekuasaan yang sangat besar. Bahkan mereka bisa menggeser kekuasaan seorang ratu dan permaisuri yang notabenya adalah orang resmi dalam sebuah kerajaan. Mereka menjadi seorang wanita yang di sayang raja, yang ikut berperan dalam merubah sejarah dunia.


Aspasia

Lima Wanita Cantik Simpanan Raja yang Merubah Sejarah

Aspasia adalah seorang hetaera, wanita penghibur kelas atas yang fenomenal pada masa Yunani kuno. Sosok wanita cantik dan cerdas ini dikaitkan dengan dua negarawan besar pada masa itu, yaitu Pericles dan Lysicles.

Selain cantik, Aspasia juga dikenal sebagai perempuan cerdas dan pembicara yang andal. Menurut sejarawan Plutarch, kediaman Aspasia merupakan pusat berkumpulnya kaum intelektual, termasuk Socrates sang filsuf. Kabarnya beberapa ajaran Socrates merupakan hasil dari diskusi panjangnya dengan sang hetaera.

Sebagai wanita kesayangan Pericles, Aspasia memberikan pengaruh yang lebih besar lagi kepadanya. Dalam tulisannya yang berjudul The Acharnians, Aristophanes menyebut Aspasia sebagai dalang di balik terjadinya Perang Peloponnesian yang menjatuhkan nama Pericles.

Jang Hui-bin

Lima Wanita Cantik Simpanan Raja yang Merubah Sejarah

Lahir dengan nama Jang Ok-jeong, salah satu wanita paling cantik dalam sejarah Dinasti Joseon ini berperan besar dalam pergerakan sejarah kerajaan. Meskipun dia berasal dari golongan menengah, Jang meraih posisi sebagai sanggoong (dayang favorit raja), selir kerajaan, dan kemudian ratu dalam waktu singkat.

Perempuan ini memanfaatkan rasa cinta yang dimiliki Raja Sukjong kepadanya untuk memperluas kekuasaan keluarga Jang dan faksi Namin yang mendukungnya.

Jang Hui-bin sempat berhasil menyingkirkan Ratu Inhyeon, permaisuri Sukjong. Dia membuat dirinya diangkat sebagai permaisuri dan anaknya sebagai putra mahkota. Namun kekuasaannya yang sudah melebihi batas akhirnya membuat Sukjong muak dan menyingkirkannya dari istana.

Diane de Poitiers

Lima Wanita Cantik Simpanan Raja yang Merubah Sejarah

Diane de Poitiers memiliki hubungan yang tak biasa dengan raja Henry II dari Prancis. Sebelum resmi menjadi gundiknya, Diane adalah guru bagi sang raja. Diane yang berusia hampir 2 dekade lebih tua daripada Henry berperan besar dalam mengajari Henry berbagai pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi seorang raja.

Dilansir DailyMail, Diane sering membantu Henry dalam membuat keputusan penting. Bahkan sejumlah dokumen berharga yang menentukan masa depan Prancis kala itu ditandatangani oleh Diane dengan paraf HenriDiane.

Suksesi tahta Henry pun sedikit banyak dipengaruhi oleh Diane. Pasalnya Diane yang rajin membujuk Henry agar bersedia 'mengunjungi' permaisurinya Catherine de Medici demi mendapatkan pewaris.

Kekuasaan Diane di istana membuat Catherine cemburu, namun dia tidak bisa melakukan apapun. Begitu Henry meninggal, barulah Catherine bisa mengusir Diane dari istana. Diane meninggal pada usia senja di kediamannya.

Lola Montez

Lima Wanita Cantik Simpanan Raja yang Merubah Sejarah

Lahir sebagai warga asli Irlandia bernama Eliza Rosanna Gilbert (sekitar 1818-1821), wanita ini kemudian lebih dikenal dengan nama panggungnya, Lola Montez. Setelah kawin lari dan bercerai, Lola memulai debutnya di panggung London. Setelah tampil di berbagai ibukota Eropa, Lola berhasil menarik perhatian Ludwig I dari Bavaria yang kemudian menjadikannya simpanan. Raja Jerman itu menciptakan kontroversi di kalangan bangsawan dengan mengangkat Lola sebagai countess.

Dilansir History, pengaruh Lola semakin mengkhawatirkan istana ketika Ludwig mulai meminta pendapatnya dalam urusan politik. Lola yang lebih cakap daripada Ludwig memerintah Jerman dari balik punggung sang kekasih yang jauh lebih tua.

Dia yang berperan dalam menyingkirkan lawan-lawan politik Ludwig. Bahkan kekuasaan Lola yang dianggap melebihi batas yang memicu munculnya gerakan revolusioner untuk menurunkan Ludwig dari tahta. Setelah Ludwig dipaksa mundur pada tahun 1848, Lola melarikan diri dan kembali menjadi aktris. Dia menghabiskan waktu di Eropa, Amerika Serikat dan Australia sebelum menetap di New York.

Gabrielle d'Estrees

Lima Wanita Cantik Simpanan Raja yang Merubah Sejarah

Dilansir Listverse, Gabrielle d'Estrees merupakan salah satu dari 56 simpanan yang dimiliki oleh Henry IV dari dari Prancis. Namun bisa dikatakan dialah yang paling berpengaruh di antara semuanya.

Perempuan satu ini merupakan sosok di balik peresmian undang-undang Edict Nantes yang menjamin kebebasan beragama para pemeluk Protestan di Prancis pada masa itu. Sementara itu Henry dikabarkan berpindah keyakinan karena pengaruh dan bujukan wanita simpanan yang paling disayanginya itu.

Pengaruh d'Estrees kepada Henry sangat besar sehingga parlemen Prancis khawatir. Kabarnya sang simpanan disingkirkan dari hidup sang raja dengan diracuni. Begitu besar rasa cinta Henry kepada d'Estrees hingga dia menyelenggarakan upacara pemakaman layaknya seorang ratu ketika kekasihnya itu meninggal mendahuluinya.

Nah, itulah setidaknya lima wanita simpanan raja yang telah ikut merubah perkembangan sejarah dunia. Nama mereka memang tidak banyak dikenal, namun pengaruh mereka sangatlah besar adanya.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.