Tiga Negara Kecil Yang di Atur 2 Pemimpin Negara





Umumnya sebuah negara hanya memiliki satu pemimpin yang berkuasa dan mengatur semua kebijakan negara. Kalaupun ada negara yang memiliki dua penguasa, biasanya yang satu bertindak sebagai kepala negara, sementara yang lain bertugas sebagai kepala pemerintahan. 

Namun beda halnya dengan apa yang terjadi di negara dibawah ini, walau bisa dibilang negara yang sangat kecil dan berpenduduk sangat sedikit, negara-negara ini di pimpin oleh dua penguasa yang memiliki kedudukan sama rata. Menurut Governmentvs, bentuk pemerintahan seperti ini disebut diarchy, berasal dari bahasa Yunani berarti 'dua yang memerintah'.

Meski memiliki dua pemimpin yang terkadang berbeda jalan, tak membuat negara-negara ini menjadi tertinggal. Bahkan karena dua penguasa tersebut negara kecil ini menjadi lebih dikenal di dunia. Tak sedikit banyak wisatawan yang sengan dan menjadikan negara dengan dua penguasa ini sebagai tempat wisata di saat libur panjang.


Negara Swaziland

Tiga Negara Yang di Atur 2 Pemimpin Negara

Kerajaan Swaziland atau kadang disebut kaNgwane dan Eswatini adalah sebuah negara berdaulat yang secara geografis berada di Afrika bagian selatan. Negara monarki ini berbatasan dengan Mozambik dan Afrika Selatan. 

Kerajaan Swaziland diatur dengan sistem pemerintahan dwikekuasaan di mana raja (Ngwenyama) memerintah bersama ibu suri (Ndlovukati). Walaupun begitu, dalam praktiknya sebagian besar kewenangan dilaksanakan oleh raja. Tak hanya memiliki dua pimpinan, Swaziland juga memiliki dua ibukota, yaitu Mbabane dan Lobamba.

Negara San Marino

Tiga Negara Yang di Atur 2 Pemimpin Negara

San Marino merupakan negara terkecil ke lima di dunia. Negara berbentuk republik ini dikelilingi oleh Italia. Kalau Andorra dipimpin oleh dua pangeran, maka San Marino diatur oleh 2 Capitani Reggenti atau wali kapten. Kedua Capitani Reggenti dipilih oleh parlemen San Marino setiap enam bulan sekali. Capitani Reggenti diharapkan untuk bekerja sama sebagai kepala negara dan pemerintahan sekaligus. Saat ini posisi Capitani Reggenti di San Marino dipegang oleh Lorella Stefanelli, seorang pengacara wanita dan Nicola Renzi.

Negara Andorra

Tiga Negara Yang di Atur 2 Pemimpin Negara

Andorra adalah negara terkecil nomor enam di Eropa. Negara mungil ini berbentuk principality alias kepangeranan. Negara ini diatur oleh 2 pimpinan sekaligus yang menjabat sebagai pangeran. Uniknya pangeran yang memimpin Andorra tidak berasal dari negara itu sendiri, melainkan dari Prancis dan Spanyol.

Pemegang jabatan pangeran Andorra adalah Presiden Prancis dan Uskup Urgell dari Catalonia, Spanyol. Uniknya lagi, pemilihan pangeran Andorra tidak ditentukan oleh warga negara itu sendiri, melainkan oleh warga Prancis. Sebab siapa pun yang resmi terpilih sebagai presiden Prancis otomatis menyandang jabatan sebagai pangeran Andorra.

Kepemimpinan yang ganjil ini sudah berlangsung selama berabad-abad. Saat ini kepangeranan Andorra berada di bawah kepemimpinan Francois Hollande, presiden Prancis dan Uskup Joan Enric Vives i Sicilia.

Nah, itulah setidaknya tiga negara kecil di dunia yang dipimpin oleh dua kepala negara, semoga bisa membantu dan menambah pengetahuan Anda, kawan.




Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com dengan judul "Tiga Negara Kecil Yang di Atur 2 Pemimpin Negara" Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.

0 Response to "Tiga Negara Kecil Yang di Atur 2 Pemimpin Negara"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..