Tujuh Manfaat Hebat Tempe Bagi Kesehatan

Tempe merupakan salah satu makanan tradisional dan warisan nenek moyang Indonesia yang patut di banggakan. Makanan yang satu ini, hampir tersedia di berbagai tempat dan semua golongan masyarakat bisa menikmatinya. Harganya memang sangat murah dan terjangkau oleh siapa saja, namun kandungan gizinya hampir setara dengan gizi dari daging. 

Hasil fermentasi dari pembuatan tempe ini membuat nilai gizi dan fitokimia pada tempe menjadi berkualitas dengan keseimbangan yang tepat. Tak hanya sekedar itu saja, zat anti gizi yang sebelumnya terdapat pada kacang kedelai yang merupakan bahan dasar pembuatan tempe pun menjadi hilang. 

Bahkan yang lebih hebat lagi, tempe tidak hanya memiliki kandungan zat gizi makro saja, tetapi juga kaya akan zat gizi mikro seperti vitamin B kompleks dan mineral zink serta zat besi. Nah berikut adalah tujuh manfaat hebat dari tempe untuk kesehatan. Silahkan disimak, jika pun Anda belum terbiasa makan tempe sudah saat nya mulai sekarang rajin-rajin makan tempe dalam sarapan menu pagi hari Anda.

Tujuh Manfaat Hebat Tempe Bagi Kesehatan


Tempe Bermanfaat Mengatasi Penuaan Dini

Gizi mempunyai peran besar untuk mencegah penuaan dini. Keseimbangan asupan gizi dapat meningkatkan antioksidan tubuh untuk menangkal atau menetralisir efek dari radikal bebas. Tempe mengandung zat antioksidan dalam bentuk isofalvon yang memiliki bentuk aglikon mudah diserap oleh usushalus sebagai bagian dari misel yang dibentuk oleh empedu. Untuk mengatasi penuaan dini dianjurkan tempe dihidangkan atau dikonsumsi segar atau dikukus terlebih dahulu.

Tempe Bermanfaat Mengatasi Osteoporosis

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa isoflavon pada kedelai dapat mengurangi resiko osteoporosis. Isoflavon memiliki struktur kimia yang sangat mirip dengan hormon estrogen dan obat osteoporosis ipriflavon yang merupakan isoflavon sintesis dan telah diketahui dapat melindungi densitas mineral tulang wanita postrnenopouse.

Tempe Bermanfaat Mengatasi Penyakit Dislipidemia

Dislipidemia merupakan kelainan metabolisme lemak yang ditandai dengan peningkatan atau penurunan fraksi lemak dalam plasma. Untuk itu, tempe bermanfaat menurunkan tligiserida darah. Karena asam linolenat pada tempe bukan asam lemak bebas utama sehingga lebih leluasa untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak tanpa mengurangi manfaatnya.

Tempe Bermanfaat Mengatasi Penyakit Jantung

Mengkonsumsi tempe kedelai lebih dari 100 g sehari dapat memberikan manfaat klinis yaitu memperlambat timbulnya risiko metabolic dan kardiovaskular pada obesitas dewasa. Pada penderita penyakit jantung dianjurkan mengkosumsi tempe mentah.

Tempe Bermanfaat Mengatasi Gangguan Saluran Pencernaan

Tempe mengandung zat anti mikroba aktif yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri gram positif sehingga dapat memperbaiki gangguan pencernaan seperti kegagalan pencernaan dan absorbsi zat gizi.

Tempe Bermanfaat mengobati anemia

Untuk mengobati anemia dibutuhkan asupan zat besi, zink protein, vitamin B12 dan asam folat yang cukup. Untuk menghindari kerusakan zat gizi yang terkandung disarankan tidak menggunakan pemanasan yang tinggi dan lama. Untuk memaksimalkan penyerapan zat besi diperlukan asupan vitamin C yang cukup, asam sitrat yang bersumber dari buah-buahan. Oleh karena itu disarankan disertai dengan bahan makanan lain.

Tempe untuk Kecerdasan Otak

Zat gizi yang terkandung dalam tempe yang berpengaruh terhadap kecerdasan otak adalah karbohidrat (glukosa), lemak (asam lemak esensial), protein, zink, zat besi dan vitamin B12. Keistimewaan karbohidrat pada tempe adalah mudah dicerna  dan diserap karena adanya enzim pencernaan. 

Keistimewaan protein yang terkandung adalah mudah diuraikan menjadi peptide dan asam amino bebas yaitu lebih tinggi 8.5 kali dari kacang kedelai. Dan keistimewaan lemak yang dikandungnya adalah jenis asam lemaknya yaitu saat proses fermentasi terdapat peningkatan asam lemak esensial, serta kandungan zink yang terkandung dalam tempe setara dengan sumber protein hewani yaitu 8.05 mg.


loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.