Empat Tempat Ibadah Paling Unik di Dunia

Tempat ibadah adalah sebuah lokasi yang sangat sakral dimana seseorang duduk berdiam diri di dalamnya dan bermunajat kepada Tuhannya. Hampir setiap agama di dunia ini memiliki tempat ibadah. Tempat ibadah ini kerap kali di gunakan sebagai tempat berdoa ataupun tempat perayaan sesuatu yang sangat sakral dalam agama tersebut. 

Namun seiring dengan munculnya ilham atau hidayah yang mengataskanamakan Tuhan kerap kali tempat ibadah dibangun dengan cara yang tidak biasa bahkan bisa dikatakan terbilang unik. Contohnya seperti gereja yang dibangun dengan bentuk ayam/merpati di puncak bukit dekat candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah yang kini mendunia setelah di liput oleh media ternama asal Inggris.

Berikut adalah empat tempat ibadah dengan bentuk paling unik di dunia, salah satunya ada di Indonesia :

Masjid Nusrat Jahan

Empat Tempat Ibadah Paling Unik di Dunia

Bila satu waktu nanti anda mempunyai kesempatan menyambangi Ibu Kota Kopenhagen di Denmark, sempatkanlah mampir di sebuah Masjid bernama Nusrat Jahan di Hvidovre, sebauh daerah sub-urban di Copenhagen. Masjid berkubah seperti jamur ini diketahaui adalah masjid dari penganut ajaran Islam beraliran Ahmadiyah. Dari pelbagai masjid yang sudah dibangun oleh para pengikut Ahmadiyah, ini tempat ibadah yang paling terkenal. Masjid berbentuk unik itu telah dibangun sejak 1967.

Gereja Ayam Magelang

Empat Tempat Ibadah Paling Unik di Dunia

Surat kabar Inggris ternama di Inggris the Daily Mail, melaporkan keberadaan gereja berbentuk aneh di Magelang, Jawa Tengah. Wujud bangunan yang tidak dicat ini menyerupai sosok ayam memakai mahkota. Di dalam gereja jangan harap ada bangku atau altar. Hanya ada pilar dan tanah kosong tidak terawat.

Lokasi gereja ayam ini agak sulit ditemukan tanpa bertanya pada warga setempat. Letak persisnya ada di bukit Dusun Gombong, Desa Kembanglimus. Jarak gereja unik ini sekitar 2,5 kilometer dari Candi Borobudur. Orang di balik gereja nyentrik tersebut adalah Daniel Alamsjah. Pria yang kini berusia 67 itu adalah pengusaha asal Jakarta.

Dia berusaha meluruskan pandangan orang-orang bahwa ini bangunan berbentuk ayam. Menurut Daniel, sebetulnya itu wujud merpati yang sudah diilhamkan padanya sejak tahun 80-an. "Saya mendapat ilham dari Tuhan untuk membangun tempat ibadah," ujarnya. Sayang, krisis 1997 membuat upayanya membangun tempat ibadah itu kandas.

Gereja setinggi bukit

Empat Tempat Ibadah Paling Unik di Dunia

Ada yang bilang letak surga adalah di atas langit yang menjulang tinggi, begitu pun bila ingin lebih dekat dengan-Nya sang pencipta, kehadiran-Nya semakin dirasa dekat ketika berdoa tepat di puncak. Georgia, sebuah negara kecil di antara dua perbatasan benua Eropa dan Asia. Disini dapat ditemukan sebuah gereja dengan model bangunan yang super unik.

Katskhi Pillar, Gereja ini yang bertengger di puncak setinggi 130 kaki. Terletak di kota Chiatura, berjarak kurang lebih 10 kilometer dari kota utama. Para jemaah yang ingin beribadah harus mendaki satu demi satu anak tangga, bukan sembarang tangga, namun tangga yang dibangung secara vertikal ini mengharuskan para jemaah melakukan pijakan satu demi satu layaknya anak gunung.

Bila menerka gereja ini sepi, maka anda salah. Dikutip dari laman odditycentral, pada November 2011, seorang biarawan asal Georgia ternyata telah hidup di dalam Katskhi Pillar selama 20 tahun lamanya.

Gereja dari pepohonan tanpa atap

Empat Tempat Ibadah Paling Unik di Dunia

Gereja Eropa memang mempunyai ciri khas arsitekturnyanya masing-masing, termasuk Gereja Tumbuhan di Italia yang mempunyai bentuk penuh dengan balutan pohon rindang. Terletak di Bergamo, Italia bagian utara, gereja bernama Cattedrale vegetale atau Gereja Pohon yang ramah lingkungan ini sengaja dibangun dengan konsep pohonan dan cabang sebagai pondasinya.

Rangka gereja yang rampung pada 2010, mempunyai lima lorong dengan 42 tiang pancar, dan 600 balutan cabang pohon berangan serta pohon kacang berwarna coklat yang tergabung bersama 1800 pohon cemara. Gereja Pohon disebut sebagai gereja katedral paling menawan di dunia karena bentuknya yang tiada duanya. Sang konseptor Giuliano Mauri diketahui juga membentuk bangunan serupa di Valsugana, Italia pada 2002 sebagai bagian dari pameran lingkungan Arte Sella, seperti yang diberitakan BBC pada Mai 2012.

Nah, itulah sekiranya empat tempat ibadah dengan bentuk paling unik di dunia. Dengan segala keunikan serta desain yang dipakai ketika pembangunannya merupakan salah satu ciri dan kelebihan agar kita sebagai umat beragama bisa lebih dekat dengan Tuhan.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.