Lima Ikan Berwajah Menyeramkan di Dunia

Ikan merupakan salah satu hewan paling banyak jenisnya yang ada di dunia ini. Ikan terbagi dalam dua golongan pertama ada ikan yang hidup di air asin dan ada ikan yang hidup di air tawar. Selain itu beberapa jenis ikan ada yang dimanfaatkan sebagai bahan makanan bagi manusia. Dalam hal ini ikan ternyata mengandung banyak nutrisi yang bagus bagi kesehatan manusia.

Namun dalam beberapa kasus, ikan-ikan yang hidup di lautan dalam atau ikan yang memiliki bentuk yang menyeramkan ternyata tidak bisa konsumsi oleh manusia. Malahan ikan-ikan jenis ini ditakuti dan bahkan sangat dijauhi oleh para manusia. Terlebih bentuk yang menyeramkan serta perilakunya yang brutal membuat ikan-ikan ini sangatlah mengerikan.


Ikan Goliath Tiger Fish

Lima Ikan Berwajah Menyeramkan di Dunia

Banyak mitos terkait ikan pemangsa manusia bergigi tajam yang menghantui sungai-sungai di Afrika, dan ikan itu kemungkinan adalah Goliath Tiger Fish. Ikan air tawar ini bisa tumbuh sampai panjang 170an sentimeter, atau setara orang dewasa Indonesia.

Yang bikin ngeri, Goliath Tiger Fish mempunyai 32 gigi berukuran besar, mirip milik hiu putih raksasa atau buaya air asin. Tidak salah bila Goliath Tiger Fish disebut warga Afrika adalah pemakan buaya!

Selain itu, ikan ini juga dilaporkan warga Kongo suka menyerang orang yang memancing atau melakukan aktivitas lain di sungai. Bisa dikatakan bila Goliath Tiger Fish adalah versi raksasa dari ikan piranha.

Ikan  Sarcastic Fringehead

Lima Ikan Berwajah Menyeramkan di Dunia

 Ikan Sarcastic Fringehead atau Neoclinus blanchardi terlihat seperti ikan gabungan antara ular berbisa dan Komodo. Meski ukurannya bisa sampai 30 sentimeter ini mempunyai mulut yang bisa terbuka sangat lebar dan memamerkan gigi-gigi tajamnya.

Menurut berbagai sumber, ikan Neoclinus blanchardi disebut menjadi inspirasi pembuatan vampir di film francise 'Blade'. Hal ini cukup akurat, sebab ikan ini hidup sendirian dan menyerang dengan membuka lebar mulut untuk mempertahankan sarang mereka dari musuh.

Ikan Neoclinus blanchardi banyak terdapat di pantai Pasifik di utara Amerika, tepatnya di antara California dan Meksiko.

Hiu Goblin

Lima Ikan Berwajah Menyeramkan di Dunia

Hiu Goblin bisa mencapai ukuran 1,26 meter dan terlihat sangat menakutkan karena mempunyai gigi-gigi runcing yang menonjol ke depan. Apalagi, di kepalanya terdapat tanduk bak ujung tombak.

Menariknya, menurut penelitian, 'tombak' hiu Goblin dipakai untuk mendeteksi aliran listrik yang dibuat oleh mangsanya, yakni kepiting, cumi-cumi, dan udang kecil. Bisa dikatakan tombak itu berfungsi bak detektor metal.

Berbeda dengan hiu kebanyakan yang mempunyai sisik keras, hiu Goblin mempunyai kulit yang cukup lembut berwarna merah muda. Insangnya pun tidak berwarna merah, melainkan biru. Membuat ikan ini semakin membuat orang yang melihatnya merinding.

Hiu Goblin tergolong hiu prasejarah karena diperkirakan sudah ada sejak 125 juta tahun silam.

Ikan Fanfin Seadevil

Lima Ikan Berwajah Menyeramkan di Dunia

Dari akhir namanya saja 'devil', pasti sudah terasa spesies keluarga ikan 'pemancing' anglerfish ini bukan hewan yang kita mau lihat setiap hari. Fanfin Seadevil atau Caulophryne jordani adalah jenis anglerfish rupa paling menakutkan di lautan.

Berbeda dengan anglerfish lain, Fanfin Seadevil tidak mempunyai lampu di ujung sungutnya untuk memancing ikan kecil. Tubuh ikan ini berwarna hitam dengan sirip bak sungut kucing berbentuk kipas yang tidak beraturan. Wajah Fanfin Seadevil sering terlihat mirip mayat yang sudah membusuk beberapa hari dengan sungut yang keluar dari berbagai bagian tubuhnya.

Fanfin Seadevil bisa ditemukan di laut dalam, dan karena tubuh tidak mempunyai zat warna terang, ikan ini nyaris mustahil dilihat di habitatnya. Dan satu lagi, ikan ini juga hidup di laut Indonesia yang berbatasan dengan Australia.

Ikan Fangtooth

Lima Ikan Berwajah Menyeramkan di Dunia

Mimpi buruk para nelayan mungkin bisa dilihat dari ikan Fangtooth (Anoplogastridae). Ikan ini mempunyai wajah bak tengkorak namun dihiasi dengan gigi-gigi runcing yang berjajar di mulut lebarnya.

Rupa Fangtooth terasa lebih menakutkan dengan warna hitam pekatnya dan mata segelap langit malam. Singkat kata, Fangtooth lebih terlihat seperti ikan zombie yang bakal dijauhi manusia.

Untungnya, sampai saat ini Fangtooth terbesar yang ditemukan ukurannya tak sampai 20 sentimeter. Ikan dengan tubuh bersisik bak duri ini juga hanya ditemukan di laut kedalaman 500-2000 meter. Anda boleh lega.

Nah, itulah sekiranya lima ikan berwajah paling menyeramkan yang hidup di lautan dan sungai. Dengan bentuk tersebut beberapa ikan diatas ternyata telah dikaitkan dengan berbagai mitos dan kepercayaan berbagai masyarakat dimana ikan tersebut berada.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.