Lima Koruptor Paling di Benci di Dunia

Korupsi merupakan salah satu penyakit yang telah membuat rugi banyak orang. Korupsi ini hampir terjadi di setiap lingkup masyarakat. Namun kasus-kasus korupsi yang sering banyak diperdebatkan adalah korupsi yang terjadi di lingkup pemerintahan. Karena-nya para koruptor yang telah mengambil uang rakyat nyatanya telah merugikan negara.

Korupsi ini hampir terjadi di semua negara termasuk Indonesia. Banyak hal yang mendasari orang-orang melakukan perbuatan hina ini. Terlebih orang-orang yang menjadi pejabat telah mengeluarkan uang banyak ketika masih menjadi seorang calon. Adanya pihak ketiga serta tuntutan ekonomi, membuat banyak orang mantap melakukan penyelewangan ini.

Seperti yang dilakukan oleh para penguasa berikut ini, meski mereka mempunyai peran yang sangat penting dalam perkembangan negara yang mereka tinggali. Ternyata dibalik itu semua mereka telah merampas banyak uang yang seharusnya menjadi milik rakyat. Karena itu mereka dikenal sebagai para koruptor paling dibenci di dunia, siapa saja mereka? berikut ulasannya.

Jayalitha - India

Lima Koruptor Paling di Benci di Dunia

Jayalitha adalah Gubernur nonaktif Tamil Nadu, Negara Bagian India. Walau terlihat kalem, wanita 67 tahun ini memiliki rekor mengejutkan seputar korupsi, sehingga pelbagai daftar media menempatkannya di puncak daftar 20 orang India terkorup. Tercatat 46 dakwaan korupsi terhadap dirinya, seperti kasus penipuan impor batu bara sebesar USD 70 juta (Rp 907 triliun), transaksi kasus aset yang tidak proporsional, dan kasus penggelapan dana penyiaran televisi.

Negara telah menyita sebagian harta Jayalitha seperti perhiasan emas seberat 28 kg, 91 jam tangan mewah, 41 pendingin ruangan, 10.500 kain shari (kain khas orang India), 750 pasang sepatu, dll. Diketahui, dalam melakukan aksi korupsinya dia dibantu bersama mantan rekan kerjanya di kabinet maupun birokrat senior.

Teodoro Mbasogo - Giunea Khatulistiwa

Lima Koruptor Paling di Benci di Dunia

Teodoro Obiang Nguema Mbasogo adalah pemimpin Republik Guinea Khatulistiwa, salah satu negara termiskin di dunia. Anehnya dia masuk jejeran salah satu kepala negara terkaya sejagat. Perkiraan kekayaan bersihnya hingga mencapai USD 600 juta atau setara Rp 77 triliun.

Walaupun menjadi negara miskin, Guinea memiliki beberapa cadangan minyak terbesar di Afrika. Ironinya, mengapa negara itu masih terbelakang dan menjadi populasi termiskin di dunia? Dikabarkan setoran para investor asing, seperti Exxon Mobil dan perusahaan minyak lainnya langsung masuk ke dalam kantong Obiang.

Diketahui Obiang di tahun 2003, sempat melantangkan perang terhadap korupsi, maka dari itu ia turut aktif langsung dalam mengawasi uang negara serta kas negara. Tapi parahnya hal tersebut hanya menjadi akal-akalan belaka, aksi pengawasan langsungnya malah menarik USD 500 juta (Rp 6,4 triliun) untuk disetorkan ke rekening pribadinya di Riggs Bank, Amerika Serikat.

Selain aksi korupnya sebagai pemimpin negara, Mbasogo kerap kali tidak mempedulikan isu sosial, seperti Hak Asasi Manusia, nepotisme, dan kecurangan dalam pemilu.

Humberto Moreira - Meksiko

Lima Koruptor Paling di Benci di Dunia

Humberto Moreira adalah mantan gubernur negara bagian Coahuila, Meksiko. yang juga merangkap presiden Partai Revolusioner Institusi (PRI) selama 2005-2011. Pada masa pemerintahannya, utang negara meningkat dari USD 27 juta menjadi USD 2,8 miliar (setara Rp 362 triliun).

Moreira menciptakan krisis keuangan terburuk negara sepanjang sejarah. Skandal utang memaksa dirinya mundur sebagai gubernur dan kepala presiden partai. Jorge Torres Lopez, yang mengambil alih posisinya sebagai Plt. gubernur, juga didakwa tuduhan konspirasi dengannya atas pencucian uang dan kejahatan keuangan lainnya di Texas, Amerika Serikat pada bulan November.

Seperti dilansir situs forbes.com, sejak Moreira mundur, dia pindah bersama keluarganya ke lingkungan elit di Barcelona, Spanyol, serta mengambil studi gelar master di sana. Kabar terbaru yang di terima Forbes pada 23 Desember 2013, pengacara Humberto Moreira membantah bahwa kliennya terlibat dalam skandal korupsi dan meminta agar Forbes mencabut dirinya dari daftar 10 orang Mexico terkorup.

Xu Caihou - China

Lima Koruptor Paling di Benci di Dunia

CNN Money mencatat beberapa koruptor kakap di tubuh militer yang sudah dicokok tim pemerintah China. Salah satunya adalah Jenderal Xu Caihou. Harta haram sang jenderal yang disita meliputi segepok uang tunai, tumpukan kotak perhiasan, patung emas 24 karat. Itu baru beberapa harta korupsinya yang disita oleh penyidik korupsi China. Dia terbuktimenerima sogokan supaya perwira cepat naik pangkat.

Xu tertangkap dengan barang bukti lebih dari satu ton uang tunai di rumahnya. Jenderal angkatan darat ini juga memiliki simpanan tersembunyi seperti permata. Saking banyaknya harta yang ditimbun oleh Xu, butuh seminggu untuk menghitung total korupsi yang dia lakukan. Pemerintah China mengerahkan 12 truk guna menyita uang sogokan Xu.

Sayang, belum sempat diadili, sang jenderal korup meninggal akibat penyakit kanker kandung kemih pada 15 Maret 2015.

Soeharto - Indonesia

Lima Koruptor Paling di Benci di Dunia

Presiden ke-2 republik Indonesia yang menguasai pemerintahan selama 32 tahun, dikenal sebagai pemimpin antikomunis, pro-investor asing, dan berhasil membangun Indonesia dari krisis 1960-an. Namun, di balik jasa-jasanya, 'bapak pembangunan' ini diakui nyaris seluruh lembaga internasional sebagai pemimpin paling korup sepanjang sejarah. Soeharto terutama gagal mengendalikan polah anak-anak dan keluarga besarnya.

Keluarga Cendana - sebutan tempat tinggal Soeharto - memonopoli pengelolaan BUMN, menjadi penerima suap proyek terbesar, serta menguasai banyak kontrak strategis negara, khususnya bidang tambang dan pengelolaan hutan. Dominasi Soeharto, dan keluarganya, baru berakhir ketika krisis ekonomi menerjang pada 1997. Gerakan mahasiswa dan masyarakat sipil melengserkan rezim Soeharto pada Mei 1998,

Seperti dilansir Transparency International pada 2004, total jumlah korupsi Soeharto dan keluarganya diperkirakan mencapai USD 35 miliar atau senilai Rp 453 triliun. Sampai akhir hidupnya, Soeharto tak pernah hadir di pengadilan. Pro-kontra di antara masyarakat terus terjadi menyangkut kehidupan mendiang orang kuat ini.

Nah, itulah sekiranya lima pejabat atau lima koruptor kelas kakap yang paling dibenci dunia. Walau dalam hakikatnya sebagian mereka telah memberikan banyak perubahan dan perkembangan toh korupsi yang mereka lakukan nyatanya telah membuat banyak derita rakyatnya. Semoga tidak ada lagi pejabat-pejabat saat ini yang senang melakukan korupsi kawan:
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.