Lima Manusia Cyborg Yang Ada di Dunia Nyata

Robot adalah salah satu produk teknologi terbarukan yang saat ini sudah banyak dikembangkan oleh para ilmuan. Dengan segala kemiripan serta kendali yang ada di manusia memungkinkan robot-robot ini suatu saat nanti akan menjadi pembantu dan membuat hidup manusia menjadi lebih mudah.

Dengan segala kemajuan dan perkembangan teknologi yang begitu canggih, tidak hanya robot saja yang dibuat oleh manusia, ada juga cyborg yang saat ini sudah dalam tahap pengembangan. Cyborg sendiri bisa dikatakan sebagai terobosan baru dimana teknologi robot langsung digunakan pada manusia secara langsung. Bisa dikatakan sebagai setengah manusia setengah robot.

Memang penggunaannya sampai saat ini masih dipertanyakan, terlebih efek samping yang ditimbulkan belum bisa dipastikan. Namun untuk beberapa orang ternyata adanya teknologi cyborg ini telah membuat hidup mereka terselamatkan. Seperti yang dialami oleh manusia cyborg berikut ini, dengan teknologi cyborg yang digunakan ditubuhnya, mereka bisa menjalani kehidupan yang normal layaknya manusia sehat pada umumnya :


Cameron Clapp

Lima Manusia Cyborg Yang Ada di Dunia Nyata

Saat Clapp remaja, dia mengalami kecelakaan tragis yang menyebabkannya harus kehilangan banyak anggota tubuhn, Clapp mengalami kecelakaan kereta api dan dia kehilangan kedua kakinya serta lengan kananya. Untuk menggantikan ketingga anggota tubuhnya yang hilang tersebut, ia menggunakan protesa pada ketiga anggota tubuhnya yang hilang, dan dengan protesa tersebut, Clapp menjadi seorang atlit lari, golf, dan aktor. Prostesis Clapp menggunakan Hanger Comfortflex Socket System, yang bisa merangsang otot-ototnya.

Rob Spence

Lima Manusia Cyborg Yang Ada di Dunia Nyata

Rob Spence menyebut dirinya Eyeborg. Dia kehilangan mata kirinya setelah menembakkan senapan tidak benar. Kebanyakan teknologi saat ini membuat hubungan dengan kacamata, seperti Google Glass. Berbeda dengan Spence, mungkin ini adalah ide baru dan kreatif, ia lebih memilih memasukkan kamera bertenaga baterai ke dalam rongga matanya yang kosong. Serunya, ia bisa melihat video apapun yang terekam dengan kamera di matanya. Saat ini Spence terus meningkatkan 'mata'nya untuk membuatnya lebih efektif lagi.

Kevin Warwick

Lima Manusia Cyborg Yang Ada di Dunia Nyata

"Kapten Cyborg," terdengar sangat keren bukan, yap julukan ini dinobatkan kepada seorang professor, Kevin Warwick. Temuannya ini sempat mengundang kontroversi, Warwick dianggap menciptakan sebuah teknologi yang tidak bermanfaat bagi kemajuan teknologi dan sains, ia juga dianggap bahwa ciptaannya ini hanya dibuat untuk hiburan semata. 

Warwick adalah seorang cyborg yang memiliki implan elektroda antarmuka dengan sistem syarafnya, dan dia juga memiliki elektroda array sederhana yang tertanam di tubuh istrinya. Implan ini mampu merekam sinyal saraf dan merangsang sensasi yang dirasakan dari istrinya, dimana implan itu dipasang.

Nigel Ackland

Lima Manusia Cyborg Yang Ada di Dunia Nyata

Tidak kalah keren dengan Kevin Warwick, Nigel Ackland juga terbilang unik. Dia mendapatkan julukan "The Terminator Arm", alias Si Lengan Terminator. Pada awalnya, Nigel mengalami kecelakaan di tempat kerja, dia adalah seorang smelter logam mulia. Dan karena suatu kecelakaan saat ia sedang bekerja, tangan Nigel harus di amputasi. 

Saat ini Nigel adalah salah satu dari 250 orang di dunia yang menggunakan Prostetik Bebionik, sebuah lengan robot dengan teknologi paling canggih. Dengan menggunakan alat tersebut banyak hal yang bisa dilakukan oleh Nigel. Jarinya bisa menunjuk, berjabat tangan, memegang gelas, bahkan dia bisa mengikat tali sepatu. Hal ini disebabkan oleh sensor di lengan bioniknya yang mampu menjemput gerakan-gerakan pada ototnya.

Amal Graafstra

Lima Manusia Cyborg Yang Ada di Dunia Nyata

Dan yang terakhir adalah Amal Graafstra. Graafstra adalah pemilik perusahaan bernama "Dangerous Thing". Graafstra sendiri memasang chip RFID di kedua lengannya yang memungkinkan dia mampu membuka pintu rumahnya, membuka mobilnya dan masuk ke computer, semua itu berkat scan cepat dari tangannya. 

Dia menggunakan dan memasang teknologi ke dalam organ tubuhnya bertujuan agar indra atau fungsi bisa kembali ke tingkatan yang normal, setelah beberapa Cyborg di dunia mengalami malfungsi pada indranya. Untuk yang terakhir ini memang agak susah dijelaskan sih, karena dia tidak pernah menunjukkan alat di dalam tubuhnya secara langsung.

Nah, itulah sekiranya lima manusia cyborg nyata yang ada di dunia nyata, perkembangan teknologi serta ilmu pengetahuan ternyata telah membuat perubahan yang begitu besar. Apa yang selama ini hanya menjadi angan-angan saja ternyata bisa menjadi sebuah kenyataan.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.