Lima Nama Tuhan Dari Agama Monoteis Yang Jarang Diketahui

Agama merupakan suatu kepercayaan yang dianut oleh semua orang, dengan agama setiap manusia memiliki pegangan dan identitas serta aturan dalam menjalankan kehidupan. Setiap agama pastinya selalu mengajarkan kebaikan dan satu kewajiban yang harus dilakukan karena agama adalah menyembah Tuhannya. Tidak menduakannya dan bahkan tidak mendustakannya. Banyak sekali agama yang ada di bumi ini, dan semuanya merupakan anugerah serta kepercayaan yang selalu dipegang teguh oleh banyak orang.

Ada agama Islam, kristen, Hindu, Budha, dan lainnya. Semua agama tersebut tersebar di seluruh dunia sebagian terus berkembang dan menambah jumlah penganutnya sebagian lagi malah berkurang. Bertambah dan berkurang jumlah penganut agama bisa dilihat bagaimana agama tersebut disampaikan. Nah berbicara tentang agama tentu ada Tuhan yang harus disembah bukan. Dibawah ini adalah nama-nama Tuhan dari berbagai Agama monoteis yang jarang diketahui.


Alekh

Lima Nama Tuhan Dari Agama Monoteis Yang Jarang Diketahui

Mahima Alekh adalah nama dari Tuhan yang dipercaya oleh orang yang memiliki kepercayaan Mahimma Dharna di Orissa, India. Kepercayaan ini berbeda dengan Hindu yang banyak sekal ditemui di India. Mahima Dharma menekankan pada sebuah tradisi keesaan Tuhan. Mahima Alehk adalah satu-satunya Tuhan yang mereka agungkan.

Agama ini lambat laun mengalami peningkatan dalam jumlah pengikutnya. Mereka mulai tersebar ke daerah Andhra, Assam, hingga Bengal. Saat ini Mahima Dharma menjadi salah satu agama paling tenar di India karena memiliki konsep yang sangat unik dan beda dengan yang lain.

Chukwu

Lima Nama Tuhan Dari Agama Monoteis Yang Jarang Diketahui

Tak banyak sebenarnya orang-orang di Afrika yang meyakini adanya satu Tuhan pada hidupnya. Biasanya mereka meyakini Tuhan yang banyak atau roh-roh dari alam. Salah satu kepercayaan yang meyakini akan adanya Tuhan adalah Igbo. Kepercayaan ini memiliki satu Tuhan yang dipercaya memiliki kekuatan besar bernama Chukwu.

Chukwu adalah Tuhan yang memberikan kehidupan kepada seluruh manusia di dunia ini. Ia juga yang memberikan keberkahan dan juga takdir dari sepasang kekasih untuk mendapatkan keturunan. Kepercayaan ini sampai sekarang masih ada dan tetap dilakukan oleh sekelompok orang di Afrika bagian Barat.

Hanulnim

Lima Nama Tuhan Dari Agama Monoteis Yang Jarang Diketahui

Hanulnim adalah seorang Dewa yang berasal dari agama kuno di Korea. Sebenarnya mereka meyakini banyak sekali dewa yang ada di alam semesta. Namun hanya Hanulnim lah yang paling ditinggikan kedudukannya. Terlebih ia merupakan representasi penguasa surga dan segala hal baik yang diterima oleh manusia.

Sekitar tahun 1860, seorang bernama Choe Suun mengatakan kepada masyarakat ia telah didatangi oleh Hanulnim. Orang itu bercerita jika Hanulnim memberinya informasi yang sangat penting. Bumi saat itu dilanda bencana kejahatan dan tak akan bisa selesai dalam waktu yang cepat. Dan terbukti sampai saat ini bumi sedang dilanda kehancuran.

Hypsistos

Lima Nama Tuhan Dari Agama Monoteis Yang Jarang Diketahui

Hypsistos adalah seseorang Tuhan atau dewa yang dipercaya orang-orang di Yunani pada tahun 400 sebelum masehi. Tuhan ini digambarkan sebagai sosok yang sangat kuat dan mampu memberikan berkah dan juga kesembuhan kepada semua orang yang ada di dunia. Hypsistos juga kerap dianggap sebagai turunan dari Zeus yang merupakan dewa tertinggi dari mitologi Yunani.

Dalam beberapa kepercayaan seperti Yahudi dan Pagan, Hypsistos juga ada sebagai salah satu dewa yang memiliki kekuatan paling tinggi. Hypsistos memiliki kemampuan membuat seluruh alam semesta jadi hancur dalam sekali gerak tangannya saja.

Shangdi

Lima Nama Tuhan Dari Agama Monoteis Yang Jarang Diketahui

Shangdi adalah Tuhan yang dipercaya masyarakat Cina di dinasti Shang. Tuhan yang mereka percaya ini mampu menciptakan alam dan mengendalikan semua cuaca yang ada. Ia berada pada tingkatan tertinggi para raja yang menguasai dataran Cina kala itu.

Shangdi selalu digambar seperti manusia. Namun sebenarnya ia hanyalah seseorang yang dimasuki jiwa dari Tuhan yang mereka percaya. Dengan masuknya jiwa ini, maka siapa saja bisa berkomunikasi dengan Tuhannya. Jika waktunya telah usai maka Tuhan ini akan pergi dan lahir dalam bentuk yang lain.

Nah, itulah sekiranya lima nama Tuhan dari agama-agama monoteis yang jarang kita kenal semuanya memang unik, dan jarang orang mengetahui, Karena nya agama-agama diatas hanya dianut oleh orang-orang tertentu saja.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.