Lima Penjara Paling Menyenangkan di Dunia

Mendengar kata penjara, mungkin di pikiran kita akan terlintas kata jelek, kotor, dan juga tidak ramah lingkungan. Semua yang berhubungan dengan penjara selalu tidak bagus. Terlebih penjara pada umumnya adalah tempat kumuh, ruangan kosong yang di batasi oleh jeruji besi yang tak terjamin kebersihan nya. Penjara dibuat untuk mengurung dan menghukum orang-orang yang telah berbuat kejahatan.

Hampir tidak ada yang menyenangkan hidup di dalam penjara. Gelap serta kedinginan dan seram adalah suasana sehari-hari yang akan dilalui di dalam penjara. Untuk itu banyak orang takut dan enggan untuk dimasukkan ke dalam penjara. Namun apa jadinya jika ada penjara yang dibuat dan didesain senyaman mungkin, mungkin lebih nyaman dari suasana rumah Anda, apakah Anda mau tinggal didalamnya?

Seperti yang dilakukan pada penjara-penjara dibawah ini, melihat desain serta fasilitas didalamnya penjara ini layaknya seperti rumah kost yang begitu menyenangkan. Tidak kotor, tidak ada jeruji besi, dan malahan ada yang membolehkan membawa keluarga kedalam penjara ini. Berikut adalah lima penjara paling menyenangkan di dunia :

Penjara Aranjuez, Spanyol, Punya Ruang Khusus untuk Keluarga

Lima Penjara Paling Menyenangkan di Dunia

Sejahat-jahatnya napi, mereka pasti punya sisi lain. Biasanya ini adalah tentang keluarga. Nah, hal ini pun dilihat sebagai hal yang perlu dipertimbangkan untuk direalisasikan dalam bentuk fasilitas oleh pengelola lapas Aranjuez, Spanyol. Hingga akhirnya mereka membuat sel khusus yang digunakan sebagai ruang keluarga.

Ya, di sini istri dan anak si napi bisa tinggal bersama untuk beberapa hari. Ruangannya benar-benar didesain sangat homy seperti di rumah sendiri. Lengkap dengan playground kecil serta hiasan dinding Disney agar anak-anak betah. Napi pun akan menikmati quality time mereka sebelum akhirnya masa bersama berakhir. Manis sekali, ya?

Penjara Justice Center di Austria Punya Bangunan yang Super Greget

Lima Penjara Paling Menyenangkan di Dunia

Mindset penjara yang buruk itu, akan lebur seketika saat melihat Justice Center yang ada di Austria ini. Mewah, punya detail ornamen keren, sampai sel-selnya yang mirip kamar hotel kelas bisnis, adalah pemandangan yang bakal kita saksikan di sana. Alih-alih sebagai tempat para narapidana insyaf, tempat ini justru seperti hotel untuk libur sepekan.

Tempat ini sendiri didesain oleh arsitek kenamaan Austria yang sudah memikirkan konsepnya selama bertahun-tahun. Ketika diimplementasikan, hasilnya luar biasa. Oh, satu lagi yang harus diketahui banyak orang tentang tempat ini. Apalagi kalau fasilitas tambahan seperti kolam renang yang airnya diganti beberapa hari sekali, gym, ruang hiburan dan juga lapangan futsal dan basket. Berbahagialah para terpidana seumur hidup di sini.

Penjara Otage, Selandia Baru, Malah Mirip Balai Latihan Kerja

Lima Penjara Paling Menyenangkan di Dunia

Penjara umumnya adalah tempat untuk memperbaiki diri dan merenungi dosa-dosa, namun penjara Otage yang ada di Selandia Baru ini menawarkan konsep lain. Ya, tentu saja para napi yang ada di sini harus merenungi kesalahan mereka, namun pengelola penjara juga sekaligus meng-encourage mereka agar lebih semangat bekerja. Hasilnya? Super sekali seperti kata Pak Mario Teguh.

Tak ada satu narapidana yang keluar dari tempat ini kecuali mereka sudah punya skill mumpuni. Entah menjadi engineering, tukang kayu handal, petani cerdas dan banyak lagi lainnya. Kerennya, ketika mereka usai menjalani masa tahanan, para napi akan diberi sertifikat kerja macam balai latihan kerja. Nah, sertifikat ini bisa dipakai sebagai bukti untuk membuat mereka gampang mendapatkan kerja di luar sana. Memberdayakan narapidana menjadi pribadi yang lebih produktif. Mantap.

Penjara San Pedro, Bolivia, Bagaikan Sebuah Kota Kecil

Lima Penjara Paling Menyenangkan di Dunia

Dari luar penjara San Pedro di Bolivia nampak tak ada bedanya dari kebanyakan rutan. Namun begitu masuk ke dalam kita akan disuguhkan pemandangan yang luar bisa. Sama sekali tak nampak suasana wajah muram sambil mengantri makanan seperti yang ada di dalam film-film, justru di sini nuansanya begitu hidup dengan hiruk pikuk manusia.

Di sini mirip dengan suasana kota kecil di mana semua warga berbaur. Sangat lively, di mana orang-orang sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Di sini, setiap sel dipatok dengan harga sewa. Jadi untuk bisa tinggal, para penghuni harus bekerja. Untungnya penjara San Pedro menyediakan banyak lowongan kerja, mulai dari tukang kayu sampai jadi pedagang. Tak ada tekanan atau saling menikam, semuanya sibuk bekerja untuk menghidupi dirinya di dalam penjara. Tak ada bedanya dengan dunia luar, bukan?

Penjara Halden, Norwegia, Bersih dan TV Flat di Tiap Sel

Lima Penjara Paling Menyenangkan di Dunia

Penjara Halden sangat berbeda dari yang sering kita bayangkan. Tak ada kesan suram atau horor mencekam, di sini justru terasa suasana yang sangat syahdu, meyenangkan, tenang dan penuh dengan hal-hal positif. Kita takkan menemukan teralis-teralis besi di sini, yang ada justru ruangan asyik yang lebih nyaman dari kos-kosan level menengah.

Tak sampai situ, di sudut ruang tertentu ada banyak lukisan tembok yang seakan mengesankan tempat ini bukanlah hotel prodeo, melainkan kelas seni. Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan dari penjara ini adalah fasilitas televisi flat yang terpasang indah di masing-masing sel. Hidup bahkan lebih baik di sini dari pada di luar sana.

Nah, itulah setidaknya lima penjara paling menyenangkan di dunia, apakah adil jika penjara di desain seperti itu dan ditempati oleh orang-orang yang telah merugikan banyak orang? Silahkan berkomentar ::::
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.