Lima Polisi Negara Paling Korup di Dunia

Polisi merupakan lemabaga keamanan masyarakat yang memiliki tugas menegakkan keadilan dan menjalankan hukum di suatu negara. Di tangan petugas kepolisian wargalah menaruh kepercayaan agar bisa merasa aman dan nyaman ketika melakukan sosialiasi di lingkungan masyarakat. Polisi sebagai profesi harusnya dijalani secara profesional, merdeka, serta tanpa di susupi berbagai kepentingan pribadi demi mengembang penuh amanat dan keamanan rakyat.

Namun apa jadinya, jika polisi yang selama ini selalu menjadi harapan banyak orang malah menjelma menjadi kaki tangan penguasa? Bahkan ada polisi yang menjadi penguasa itu sendiri? Demi harta, kedudukan, dan kepuasan lainnya banyak petugas polisi yang menggadaikan profesi mulianya. Karenanya hukum menjadi bisa dibeli. Praktik ilegal apapu dibenarkan, dan terkadang kekerasan atas nama keadilan pun seakan menjadi kebiasaan yang selalu dilakukan.

Karena itu di dunia ini banyak sekali polisi-polisi yang telah terjebak dalam dunia kelam termasuk korupsi. Banyak para polisi yang selalu memeres rakyat ketimbang melindunginya. Banyak para polisi yang lebih mementingkan mereka yang bayar ketimbang mereka yang sengsara. Memang karena uang semua bisa menjadi berbeda. Berikut adalah ulasan singkat tentang lima kepolisian negara paling korup di dunia :


Polisi Irak

Lima Polisi Negara Paling Korup di Dunia

Polisi Irak menempati posisi pertama sepabai polisi paling korup di dunia. Namun kelakuan mereka sama bejatnya dengan aparat negara lain yang hobi menggendutkan rekening sendiri. Polisi Irak diketahui menjadi dalang sejumlah penculikan dan terorisme. Beberapa perampokan dan kekerasan terjadi juga dibiarkan lantaran para penjahat ikut membagi hasilnya dengan aparat.

Polisi Myanmar

Lima Polisi Negara Paling Korup di Dunia

Kepolisian Myanmar berada di peringkat kedua dalam daftar aparat terkorup sedunia. Mereka memberikan beban biaya tinggi bagi seseorang yang melapor mengalami kerugian jika kasusnya ingin ditangani. Mereka kadang juga berpatroli ke jalan-jalan dan meminta uang warga terutama membuka usaha kecil. Myamar diperintah oleh rezim militer otomatis hak dan kewajiban warga termasuk polisi ada di tangan angkatan bersenjata. Masyarakat menuding militer campur tangan dalam pemerasan uang dilakukan oleh polisi ke warga.

Polisi Kenya

Lima Polisi Negara Paling Korup di Dunia

Kenya berada di urutan ketiga polisinya paling korup sedunia. Menurut laporan kelompok Transparansi Internasional, sekitar 92 persen warga mengeluhkan aparat yang doyan duit. Banyak masyarakat bahkan harus membayar upeti pada petugas per tahunnya, terutama mereka yang membuka bisnis atau punya toko. Selain itu warga juga harus menyogok polisi demi mendapatkan akses pelayanan masyarakat seperti pelayanan umum, pendidikan, dan kesehatan. Aparat ini menetapkan tarif di pelbagai pelayanan publik strategis.

Polisi Meksiko

Lima Polisi Negara Paling Korup di Dunia

Meksiko menjadi negara ketiga polisinya paling banyak korup sedunia. Kekacauan korps kepolisian bahkan semakin memburuk dari hari ke hari. Tingkat kriminal tinggi terutama di Ibu Kota Mexico City dan perbatasan antar kota lantaran penegak hukum sibuk memperkaya diri sendiri dengan alasan gaji kecil.

Polisi Meksiko juga menggadaikan profesi mereka dan melindungi kelompok perdagangan narkotika atau biasa disebut kartel. Mereka tak peduli dengan pemberitaan miring seputar kriminal dilakukan oleh kartel-kartel itu bahkan tidak menyelidiki banyak kekerasan akibatnya. Kepolisian Meksiko juga sering memenjarakan warga yang mencoba menguak fakta dan melaporkan kekacauan dilakukan oleh anggota kartel.

Polisi Haiti

Lima Polisi Negara Paling Korup di Dunia

Haiti ada di posisi terakhir yang polisi negaranya paling korup sedunia. Mereka juga memberikan contoh yang buruk rusaknya sosial budaya di negara itu. Praktik kotor korupsi dilakukan bahkan terang-terangan. 

Satu dekade belakangan polisi Haiti terbukti melakukan serangkaian kekerasan pada rakyat, melanggar hukum termasuk menculik, melindungi peredaran narkotika, serta brutal dalam menyelesaikan perkara dengan warga. Mereka bahkan membiarkan terjadinya perang antar geng menjadi pemicu perang sipil.

Nah, itulah sekiranya lima kepolisian negara yang terkenal akan kekorupsiaannya dengan segala kekuasaan dan wewenang yang mereka punya para polisi diatas kerap melakukan hal yang sangat menyakitkan. Memang karena uang jabatan serta keadilan pun bisa di no terakhirkan.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.