Empat Jendral Paling Buruk Dalam Sejarah Dunia

Berbicara tentang sejarah terutama sejarah di masa lalu, tentu kita selalu di puaskan akan kisah-kisah heroik para tokoh yang selalu menjadi pahlawan di suatu negara. Baik di sekolah atau pun dimana saja, jika berbicara tentang sejarah tentu hal baik dari sejarah tersebut selalu di ceritakan ulang oleh banyak orang. Kita tentu tak asing dengan nama Jenderal Soedirman, Khalid bin Walid, Alexander Agung. Mereka adalah tokoh-tokoh sejaran dengan perjuangan yang panjang dan selalu menjadi cerita menarik untuk di sampaikan ke orang-orang.

Namun pernahkan Anda mendengar ataupun membaca tentang suatu sejarah yang menyatakan tentang tokoh yang memalukan ataupun tokoh yang diagungkan namun tidak bisa membawa negaranya jaya? Mungkin dari Anda semua tidak pernah tahu bukan? Ada namun sangat jarang sekali ada yang tahu, bahkan guru di sekolah pun jarang menceritakan tokoh-tokoh yang membuat malu negaranya.

Padahal sejarah itu sangatlah luas, banyak hal yang bisa kita ambil dan jadikan pelajaran baik dari yang baiknya ataupun yang buruknya. Sejarah pernah mencatat ternyata banyak sekali kategori yang bisa dibilang paling memalukan. Seperti kisah para jenderal berikut ini, dengan segala jabatan tinggi yang mereka punya ternyata mereka tidak bisa membawa negara menjadi jaya, bahkan dari mereka ada yang kalah dalam perang hanya karena kekeliruan dan kesalahan kecil yang mereka buat.


Marcus Licinius Crassus

Empat Jendral Paling Buruk Dalam Sejarah Dunia

Bangsa romawi mungkin bisa dikatakan sebagai bangsa paling hebat dalam sejarah dunia. Dalam segala aspek bangsa ini sangatlah kuat. Namun siapa sangka  sehebat-hebatnya sebuah bangsa, pasti pernah mengalami kekalahan memalukan. Bagi Romawi, tak ada hal yang lebih memalukan selain kalahnya mereka oleh Persia. Marcus Licinius Crassus adalah yang patut disalahkan atas kejadian memalukan ini.

Saat itu, sang jendral melakukan kampanye militer sampai ke Persia dengan sekitar 50 ribu pasukan. Namun, satu kesalahan fatal yang dibuatnya membuat romawi harus malu dan hidupnya berakhir dengan tragis. Ketika itu ia dengan mudahnya kena tipu muslihat salah satu prajurit persia dan berhasil terpancing untuk dibawa kesebuah area. Namun, seperti yang bisa kita duga, sesampainya ditempat tadi, pasukan Persia sudah menunggu dan kemudian melakukan serangan membabi buta.

Lantaran tidak siap, dan adanya serangan secara mendadak pasukan yang dibawa Crassus pun kocar kacir. Pada akhirnya ia kehilangan 60 persen tentaranya. Sedangkan ia pun juga jadi korban dari strategi gegabahnya yang tanpa perhitungan itu.

Antonia Lopez De Santa Anna

Empat Jendral Paling Buruk Dalam Sejarah Dunia

Santa Anna mungkin adalah contoh buruk bagi seorang jenderal kekinian. Pasalnya, ia tak hanya minim skill berperang, tapi juga punya sifat egonya yang besar. Santa Anna adalah tokoh populer di Perang Texas di mana ia menerima kekalahan telak yang memalukan.

Kisahnya dimulai ketika ia mencoba menaklukkan Texas, di mana saat itu orang-orang di sana melakukan pemberontakan. Texas masih jadi bagian dari Meksiko saat itu dan Santa Anna bertugas mengembalikan stabilitas negara. Sebenarnya peperangan ini cukup enteng, apalagi yang dihadapi Anna hanyalah sekitar 250 orang. Kalah jauh jika dibandingkan infanterinya yang mencapai 2400an orang. Namun, karena kepongahan dan kelalaiannya, Santa Anna menerima konsekuensi buruk.

Ia dipukul dengan telak dalam perang tersebut dan kehilangan sekitar 600an orang. Santa Anna pun mundur agak jauh namun masih dapat terkejar oleh pasukan Texas. Hingga akhirnya seluruh pasukan Santa Anna berhasil dibantai dan sang pimpinan pun ditangkap.

Darius III

Empat Jendral Paling Buruk Dalam Sejarah Dunia

Persia adalah salah satu kerajaan terbesar yang pernah ada di muka Bumi. Di masa kejayaannya, kerajaan ini punya wilayah memanjang dari Asia sampai menyentuh Yunani. Namun, lambat laun ketika Persia dipimpin oleh raja-raja yang tidak kompeten, kejayaan mereka pun runtuh. Darius III adalah nama raja Persia dengan rekor paling buruk sepanjang sejarah mereka.

Darius III mengawali kiprahnya dengan menghadapi Alexander Agung yang jumawa itu. Banyak pertempuran terjadi, namun tak sekalipun Darius muncul. Selama selang satu setengah tahun, pertempuran antara Persia dan pasukan Alexander berlangsung, dan bolak-balik pasukan Darius dibantai. Darius juga tak pernah benar-benar memimpin perang, selain lebih sering kabur di beberapa pertempuran besar.

Hingga akhirnya tak butuh lama bagi Alexander untuk menguasai Persia gara-gara rajanya seperti ini. Persia pun dikuasai si panglima Macedonia. Darius III masih dalam pelariannya, namun pada akhirnya ia dikhianati pengikut setianya yang menjadi penghujung cerita sang raja terakhir Persia.

Philippe VI

Empat Jendral Paling Buruk Dalam Sejarah Dunia

Tak dipungkiri jika Perancis adalah salah satu bangsa terhebat di Eropa. Salah satu buktinya adalah negeri jajahan mereka sangat luas, meliputi Afrika, Kanada, dan sebagian kecil Asia. Namun, ada masa di mana Perancis begitu miris. Hal tersebut terjadi di zaman komandan terburuk mereka bernama Philippe VI.

Salah satu bukti jika Philippe VI adalah komandan terburuk adalah gagalnya Perancis di Perang Crecy. Perang yang terjadi pada tahun 1346 ini sebenarnya sangat mungkin dimenangkan Perancis. Pasalnya, pasukan Perancis begitu jumawa dengan jumlah. Sedangkan, Inggris yang menjadi lawannya kala itu tidak sampai setengah jumlahnya. Namun, pertempuran lebih condong ke Inggris yang kala itu sudah menggunakan persenjataan yang cukup canggih. Philippe VI panik ketika tahu pasukannya ternyata terdesak.

Dengan gegabah Philippe memaksa 4000 pemanah silangnya untuk maju. Namun, sia-sia karena pemanah Inggris bisa menaklukkan mereka. Ketakutan, pemanah Perancis kabur, dan mirisnya Philippe kesal dan menyuruh para knight-nya membunuh para pemanah yang kabur. Pada akhirnya, Philippe harus menahan malu karena dalam pertempuran ini ia kehilangan belasan ribu pasukannya.

Nah, itulah sekiranya empat jenderal luarbiasa namun sangat memalukan bagi negaranya. Dengan segala keburukan yang mereka lakukan, negara dan bangsa mereka harus menanggung malu karenanya..

t;/noscript>

loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.