Empat Kota Buku Paling Unik di Dunia

Ada ungkapan yang mengatakan jika buku adalah jendela nya dunia. Sebelum adanya internet serta beberapa penemuan canggih lainnya, buku telah menjadi sumber utama manusia untuk mendapatkan atau mempelajari semua pengetahuan. Hampir semua ilmu di tulis dalam sebuah buku. Untuk itu sampai kapan pun keberadaan sebuah buku sangatlah penting dan akan terus ada walau perkembangan buku digital yang sekarang ini semakin menjadi-jadi.

Dibawah ini adalah beberapa kota yang sangat pas dan cocok bagi Anda yang sangat hobi sekali membaca buku. Hampir di setiap sudut kota di bawah ini, Anda akan mendapatkan berbagai jenis buku menarik baik buku lama ataupun buku keluaran terbaru. Kota-kota dibawah ini, bahkan mendapatkan julukan sebagai kota buku dunia. Karenanya di semua tempat di kota-kota dibawah ini Anda bisa mendapatkan berbagai macam buku menarik yang bisa Anda baca secara gratis.

Berikut adalah empat kota buku paling unik di dunia, dimana kota-kota ini telah menjadi surga bagi mereka yang sangat doyan sekali membaca buku:

Hobart, New York

Empat Kota Buku Paling Unik di Dunia

Sebelum menjadi sebuah kota buku yang menyenangkan kota ini pernah ditinggalkan penduduknya dan menjadi sebuah kota mati. Pada tahun 1999 kota ini sempat sepi dan usaha yang terdapat di wilayah tersebut hanyalah sebuah rumah makan saja. Sadar akan kondisi yang tidak menyenangkan tersebut, seorang warga lokal bernama Don Dales melihat peluang untuk membeli tempat-tempat kosong dan menjadikannya sebagai sebuah toko buku.

Ternyata usaha yang dilakukan oleh Dales ini berhasil sehingga akhirnya pada tahun 2004 dia membuat dua toko buku lagi di kora tersebut. Saat ini terdapat enam toko buku di wilayah yang hanya berpenduduk 440 jiwa ini. Terdapat beberapa festival buku yang menarik perhatian sebagai daya tarik tempat ini serta menjadi tujuan wisata di akhir pekan bagi warga New York untuk mencari buku.

Redu, Belgia

Empat Kota Buku Paling Unik di Dunia

Pada tahun 1979, sekembalinya dari perjalanan ke Hay-On-Wye seorang warga lokal bernama Noel Anselot memutuskan untuk mengundang banyak penjual buku di berbagai daerah untuk datang ke desanya. Dia melakukan itu melalui surat dan mengajak penjual buku untuk mulai berjualan pada berbagai bangunan yang telah ada dan tersedia di kota tersebut.

Ternyata hal yang dilakukan oleh Anselot itu tidak percuma dan kini telah ada sekitar 17 toko buku di desa tersebut yang menjual buku bekas dan komik. Terdapat banyak festival dan acara berhubungan dengan buku yang digelar di desa tersebut. Pada tahun 984, kota ini akhirnya dinobatkan sebagai salah satu kota buku setelah berhasil menyelenggarakan festival buku pertama mereka.

Hay-On-Wye, Wales

Empat Kota Buku Paling Unik di Dunia

Perubahan pertama dari kota kecil yang berada di Wales ini untuk menjadi kota buka adalah pada 1961 ketika seorang pengusahan bernama Richard Booth mulai membuka sebuah toko buku bekas. Ternyata toko itu menjadi sangat populer dan kini merupakan salah satu toko buku bekas terbesar di Eropa. Setelah itu mulai bertumbuh spesialis dan penjual buku kuno yang berkembang di kota tersebut dan menjadi pusat dari roda ekonomi di Hay-On-Wye.

Kota kecil dengan penduduk sekitar 1600 jiwa ini merupakan salah satu kota buku pertama yang ada di dunia. Pada 1987 di kota ini juga mulai diadakan sebuah festival sastra yang kini merupakan festival terbesar di Britania Raya. Setidaknya setiap tahun ada 250 ribu kutu buku yang mengunjungi kota tersebut.

Bredevoort, Belanda

Empat Kota Buku Paling Unik di Dunia

Bredevoort merupakan sebuah kota tua di Belanda dengan struktur bangunan dan kota yang masih seperti abad pertengahan. Penduduk dari kota ini sendiri hanyalah sekitar 1525 jiwa. Perubahan kota kuno ini menjadi sebuah kota buku bermula pada tahun 1993 karena terdapat lebih dari 20 toko buku bekas dan antik.

Tiap bulannya, pada hari sabtu minggu ke tiga, kota ini mengadakan sebuah pasar buku yang mengundang banyak penjual buku dari seantero Belanda untuk menjual berbagai macam buku di kota ini. Bredevoort juga merupakan salah satu pendiri dari International Organisation of Book Towns dan memiliki banyak kegiatan sastra yang menunjang roda perekonomian kota tersebut.

Nah, itulah sekiranya empat kota buku paling unik dan rame di dunia. Dengan segala keunikan dan apa yang telah dilakukan kota-kota diatas tak ada salahnya jika harus dicontoh oleh kota-kota di Indonesia. Karena kita yakin, dengan rajin membaca buku maka pengetahuan akan luasnya dunia sedikit demi sedikit akan kita ketahui.

t;/noscript>

loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.