Lima Prajurit Wanita Paling Tangguh Dalam Sejarah

Prajurit atau pasukan biasanya di identik dengan sosok pria kuat dan pemberani. Hampir semua prajurit khususnya yang bertugas di garis depan pertahanan suatu negara adalah mereka yang terlatih dan memiliki keberanian kuat mempertaruhkan nyawa demi negara atau kerajaan yang mereka bela. Di masa lalu sudah banyak sekali para prajurit hebat dan gugur serta yang berhasil menang di medan pertempuran.

Hampir semua prajurit selalu di isi dengan barisan laki-laki yang sudah dilatih fisik dan mentalnya. Jarang sekali ada sosok perempuan yang berada dalam pasukan tersebut. Apalagi di masa lalu keberadaan perempuan kerap sekali di remehkan, boro-boro menjadi seorang prajurit tangguh untuk mendapatkan kebebasan sebagai seorang manusia kerap susah sekali didapatkan oleh para perempuan di masa lalu.

Namun meski begitu, bukan berarti tidak ada satu pun perempuan yang bisa berdiri di depan garis pertahanan. Nyatanya ada beberapa sosok perempuan hebat di masa lalu yang menjelma menjadi sosok prajurit hebat nan tangguh yang begitu di segani oleh banyak orang. Bahkan kehebatan para perempuan hebat ini bisa mengalahkan kehebatan pria yang notabenya sangat kuat dan perkasa di medan pertempuran.

Berikut adalah lima sosok prajurit wanita paling tangguh dan kuat dalam sejarah dunia. Salah satunya ada yang berasal dari Indonesia. Siapa saja mereka, berikut ulasan singkatnya :

Zenobia
Lima Prajurit Wanita Paling Tangguh Dalam Sejarah

Setelah pembunuhan terhadap suami dan anak tirinya pada tahun 267, Zenobia menjadi penguasa dari kerajaan Palmyrene yang merupakan wilayah Suriah pada saat ini. Pada masa kekuasaannya, Zenobia mampu melawan serbuan dan invasi yang dilakukan oleh Romawi untuk menduduki wilayah yang dimilikinya. Selain sebagai penguasa, dia juga dikenal sebagai pengendara kuda yang cekatan serta pemimpin yang mau berjalan jauh bersama prajurit-prajuritnya.

Saking tangguhnya, bahkan ketika pada tahun 274 dia berhasil ditangkap oleh Romawi, dibuat sebuah parade militer dan perayaan untuk memperingati hal tersebut. Terdapat dua versi mengenai akhir hidup dari Zenobia, pada versi pertama dikabarkan bahwa dia meninggal ketika dibawa ke Roma, sedangkan versi lain menyatakan bahwa dia tinggal di Roma dan menjadi filsuf serta hidup mewah.

Joan of Arc

Lima Prajurit Wanita Paling Tangguh Dalam Sejarah

Joan of Arc merupakan salah satu pahlawan wanita paling tangguh dan juga paling terkenal dibanding yang lain. Pada usia 17 tahun, dia sudah memiliki peran penting dalam memimpin prajurit Prancis. Keberhasilan awalnya adalah ketika Raja Charles VII memberinya tugas pada sebuah perang di Orleans. Karena berhasil memangkan perang tersebut dalam sembilan hari akhirnya dia menjadi seorang prajurit wanita yang sangat tersohor.

Kemenangan tersebut juga mengantarkan Raja Charles VII menduduki tahta di Rheims. Setelah itu banyak pertempuran yang dilaluinya dan dia semakin menunjukkan ketangguhannya sebelum akhirnya tertangkap dan dihukum mati pada 1456. Joan of Arc juga dianggap sebagai orang suci dalam agama Katolik karena pernah mendengar bisikan-bisikan yang mengarahkan dirinya.

Tomoe Gozen

Lima Prajurit Wanita Paling Tangguh Dalam Sejarah

Tomoe Gozen merupakan samurai wanita paling tersohor dalam sejarah Jepang. Tomoe merupakan pelayan dari seorang shogun bernama Minamoto no Yoshinaka. Dia turut serta dalam perang Genpei yang berlangsung mulai 1180 hingga 1185 padahal pada masa itu sangat jarang seorang wanita ikut turun ke medan perang. Ketangguhan dan kelihaiannya dalam berperang merupakan salah satu penyebab Tomoe dapat turut serta dalam perang tersebut.

Pada kisah sejarah yang benama Heike Monogatari, Tomoe dideskripsikan sebagai seorang pemanah yang kuat serta merupakan samurai wanita yang setara dengan ribuan prajurit. Bahkan disebutkan bahwa dia sanggup berperang dengan setan maupun dewa. Sosok Tomoe selalu disebutkan sebagai sosok yang cantik, tangguh, dan sangat dihormati.

Trieu Thi Trinh

Lima Prajurit Wanita Paling Tangguh Dalam Sejarah

Trieu Thi Trinh merupakan seorang pahlawan wanita asal Vietnam pada abad ketiga. Pada usia 20 tahun, Trieu mengumpulkan seribu orang Vietnam untuk membentuk pemberontakan terhadap China yang menyerang dan hendak menguasai negara mereka. Pada awalnya, kakak dari Trieu coba melunakkan hatinya untuk menggagalkan perlawanan tersebut, tetapi dia malah menolaknya dan bahkan membuat kakaknya tersebut bergabung untuk ikut memberontak.

Hingga saat ini, figur Trieu tetap diingat dan dihormati oleh warga Vietnam. Trieu dikenang memiliki tubuh yang besar serta membawa dua bilah pedang dan menggunakan tutup kepala berwarna kuning muda sambil mengendarai gajah. Walaupun akhir hidupnya berakhir tragis di usia 23 karena kekalahannya tetapi sosok Trieu tetap diingat dan dipuja sebagai seorang pemberani dan prajurit yang tangguh.

Malahayati

Lima Prajurit Wanita Paling Tangguh Dalam Sejarah

Prajurit wanita asal Aceh benama Keumalahayati atau Malahayati ini merupakan laksamana atau panglima angkatan laut wanita pertama di dunia. Dilansir dari BIN, Malahayati pernah memimpin ratusan janda yang suaminya telah meninggal dalam perang untuk melawan kapal-kapal Belanda pada tahun 1599. Pada salah satu duel yang dilakukannya tersebut, Malahayati berhasil membunuh Cornelis de Houtman dan mendapat gelar sebagai laksamana wanita pertama di dunia.

Sebelum mengawali karirnya sebagai prajurit, Malahayati bersekolah di pesantren layaknya masyarakat Aceh pada masa itu. Kemudian dia meneruskan di akademi militer yang bernama Ma'had Baitul Maqdis hingga akhirnya menjadi prajurit dan mengawalinya sebagai komandan protokol di istana. Melalui jalan itu lah kemudian dia mampu menjadi laksamana yang sangat ditakuti. Bahkan nama Malahayati hingga diketahui oleh Ratu Elizabeth, penguasa Inggris. Karena gentar terhadap nama besar laksamana tersebut, Inggris memilih untuk berdamai ketika hendak melintasi selat Malaka yang dikuasai kesultanan Aceh.

Nah, itulah sekiranya lima prajurit wanita paling tangguh dalam sejarah dunia termasuk Indonesia. Semoga bisa menjadi pengetahuan dan juga inspirasi bagi wanita-wanita sekarang ini.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.