Tiga Pernikahan Sesama Jenis Para Pejabat Paling Kontroversi di Dunia

Abad 21 merupakan abad paling bersejarah bagi seluruh kaum Lesbian, Gay, Biseksual, dan transgender di seluruh dunia. Karena nya mereka tidak malu lagi bahkan kebebasan mereka telah di akui di masyarakat. Mereka menyadari bahwa orientasi seksualnya bertentangan dengan prinsip mayoritas penganut kodrat hubungan lelaki-perempuan. Namun, kondisi tersebut tidak menghalangi mereka berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

Saat ini sudah banyak sekali gaum LGBT yang memiliki jabatan penting dalam sebuah negara. Bahkan ada juga dari mereka yang berhasil menjadi orang no satu dalam artian menjadi pemimpin di negara dimana kaum LGBT adalah minoritas. Walau memiliki kelainan seksual nyatanya mereka bisa menjelma menjadi orang penting dan menjadi pemimpin dari sebuah negara.

Seperti yang terjadi di beberapa negara eropa dimana salah satu negaranya yakni Luxembourg yang notabenya merupakan negara terkaya di dunia di pimpin oleh seorang gay bernama Xavier Bettel. Bukan hanya itu saja, tanpa ada penolakan dan pertentangan Xavier Bettel pun melangsungkan pernikahan dirinya dengan pasangan gay bernama Gauthier Destenay seorang pria yang berprfesi sebagai arsitek. Pemimpin politik salah satu negara paling kaya di Eropa itu menjadi yang kedua di dunia menikah dengan sesama jenis secara terbuka ketika masih berkuasa.

Bettel bukan yang pertama mengungkapkan identitasnya sebagai seorang gay. Sebelum dia, ada beberapa kepala negara lain menikahi sesama jenisnya. Siapa saja mereka? Berikut rangkumannya

Xavier Bettel

Tiga Pernikahan Sesama Jenis Para Pejabat Paling Kontroversi di Dunia

Perdana Menteri Luxembourg Xavier Bettel (42), menikahi kekasih lamanya Gauthier Destenay beberapa waktu lalu. Pemimpin politik salah satu negara paling kaya di Eropa itu menjadi yang kedua di dunia menikah dengan sesama jenis secara terbuka ketika masih berkuasa. Menurut the Guardian Bettel dan Destenay hidup bersama sejak 2010. Mereka sempat berencana menikah setelah Bettel lengser, tapi akhirnya pesta dipercepat. Dalam upacara pernikahan di Balai Kota Luxembourg City, hanya hadir keluarga dekat dan tamu undangan khusus.

Toh, walau tidak diliput, foto-foto pernikahan mereka tetap tersebar. Warga Luxembourg tidak mempersamalahkan pernikahan sesama jenis pemimpin mereka. Walau agama mayoritas penduduk adalah Katolik, nyatanya 83 persen mendukung Undang-Undang Pernikahan gay maupun lesbian yang lolos pada Juni 2014 lalu. Beberapa saat setelah pernikahan itu, Bettel dan Destenay berjalan bersama di sekitar Balai Kota. Warga mengelu-elukan mereka.

"Saya tidak akan pernah menyembunyikan siapa saya yang sebenarnya. Saya berkata dalam hati, jika kamu ingin menjadi politisi dan jujur dalam politik, anda harus jujur dengan diri sendiri dan menerima diri kita apa adanya," kata Bettel. 

Johanna Sigurdardottir

Tiga Pernikahan Sesama Jenis Para Pejabat Paling Kontroversi di Dunia

Pada 27 Juni 2010, Johanna Sigurdardottir resmi menikahi kekasihnya yang juga seorang perempuan, Jonina Leosdottir. Johanna menggelar pernikahan sejenis itu ketika masih menjabat sebagai Perdana Menteri Islandia. Wanita ini menjadi pemimpin negara pertama sedunia yang melakukannya. Warga Islandia menyambut hangat keputusan pemimpinnya. Pernikahan resmi itu dilaksanakan tepat pada dengan mulai berlakunya peraturan hukum baru mengenai pernikahan sesama jenis di Islandia, sekaligus perayaan pengakuan hak kaum LGBT seluruh dunia.

Pemimpin politik Islandia itu menikah di usia 68. "Saya memanfaatkan hukum yang kini lebih ramah (pada LGBT)," kata Johanna dalam keterangan pers tertulisnya setelah menikah. Walau didukung mayoritas warganya yang sekuler, Johanna mendapat kritik dari gereja Islandia, dari mazhab Lutheran, yang menolak segala macam pernikahan sejenis.

Pemimpin Partai Sosial Demokratik Islandia ini pernah menikah dengan lelaki, lalu punya seorang anak perempuan. Walau Johanna secara terbuka mengaku lesbian sejak 2002, tapi masyarakat tak ada yang mempersalahkan orientasi seksual sang perdana menteri.

Elio Di Rupo

Tiga Pernikahan Sesama Jenis Para Pejabat Paling Kontroversi di Dunia

Pria kelahiran 18 Juli 1951 ini adalah pemimpin negara pertama di era modern yang secara terbuka mengaku sebagai homoseksual. Elio Di Rupo menjabat posisi perdana menteri Belgia selama 2011 hingga 10 Oktober 2014 lalu. Lepas dari kehidupan seksualnya yang berbeda, Di Rupo diakui sebagai politikus sosialis paling berpengaruh di dunia saat ini. Partai Sosial Demokrat yang dia pimpin sudah lama tidak memerintah Belgia. Terakhir kali kelompok kiri berkuasa di negara tetangga Belanda itu adalah pada 1979.

Rekam jejak politik Di Rupo sangat panjang. Dia menjadi anggota parlemen Uni Eropa pada 1987. Karirnya meningkat pada 2000 ketika terpilih sebagai Wali Kota Mons. Pada 2010, lelaki yang lancar berbahasa Inggris, Italia, serta Prancis selain bahasa Ibunya ini berhasil menjadi perdana menteri.

Dia sukses mendamaikan pelbagai parpol oposisi di Belgia yang tidak menguasai mayoritas parlemen. Setelah selesai menjabat, Di Rupo menikahi pasangan yang tidak disebut namanya. Pasangan gay ini bisa menikah, berkat UU Pernikahan Sejenis yang disahkan pada 2003 atas prakarsa Di Rupo.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.