Lima Gedung Pencakar Langit Paling Ramah Lingkungan di Dunia

Industri properti untuk saat ini memang sangatlah menjanjikan, terutama bagi negara-negara yang masih berkembang pembangunan akan terus dilakukan guna meningkatkan tarap hidup serta nilai ekonomi negara. Namun banyaknya pembangunan berdampak dengan lahan hijau yang terus berkurang. Kita bisa lihat dimana dikota kecil yang awalnya banyak hamparan ladang hijau kini hilang dan tergantikan dengan banyaknya bangunan seperti perumahan dan perhotelan.

Memang pembangunan menyebabkan lingkungan yang hijau menjadi hilang, untuk itu saat ini demi menjaga kelestarian lingkungan, para pelaku industri tengah menerapkan konsel bangunan ramah lingkungan kepada masyarakat. Dengan adanya ramah lingkungan bangunan yang dibangun tidak akan menyebabkan polusi ataupun pencemaran bagi lingkungan. Di Indonesia sendiri sudah banyak gedung pencakar langit berkonsep ramah lingkungan. Tengok gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai contoh.

Selain gedung KPK nyatanya masih banyak lagi gedung lainnya yang lebih hebat bahkan lebih megah dari gedung KPK namun tetap ramah lingkungan. Penasarankah? Berikut adalah lima gedung pencakar langit paling ramah lingkungan di dunia :

Gedung Bosco Verticale di Italia

Lima Gedung Pencakar Langit Paling Ramah Lingkungan di Dunia

Gedung Ramah Lingkungan Bosco Verticale terdiri dari dua gedung yang masing-masing memiliki tinggi 117 meter dan 85 meter. Gedung yang berlokasi di Milan ini dirancang oleh Boeri Studio. Boeri menggambarkan gedung ini sebagai hutan metropolitan yang meregenerasi lingkungan dan mempertahankan keanekaragam hayati di perkotaan. Dua gedung ini diselimuti oleh tumbuhan yang terdiri dari ratusan pepohonan dan ribuan tanaman. Boeri bermaksud agar gedung ini membantu penyerapan karbondioksida perkotaan serta debu lingkungan di mana di sisi lain juga memproduksi oksigen yang dibutuhkan manusia.

Gedung Burj Mohammed Bin Rashid

Lima Gedung Pencakar Langit Paling Ramah Lingkungan di Dunia

Gedung ramah lingkungan kedua yakni Burj Mohammed Bin Rashid dirancang oleh Foster and Partners. Gedung dengan tinggi 381 meter ini memenangkan penghargaan sebagai gedung terbaik di Timur Tengah dan Afrika. Menurut sang perancang, gedung tersebut didesain agar tidak perlu perawatan ekstra di lingkungan gurun berdebu. Selain itu, bentuk bangunan dirancang agar dapat mengatur pencahayaan dan suhu di dalam ruangan.

Gedung One World Trade Center

Lima Gedung Pencakar Langit Paling Ramah Lingkungan di Dunia

Gedung Ramah Lingkungan One World Trade Center memiliki tinggi 541 meter. Gedung ini menjadi yang tertinggi dan terhijau di Amerika. Menurut Port Authority of New York and New Jersey, rancang bangun gedung ini menggunakan teknologi terkini untuk memaksimalkan efisiensi dan meminimalisir limbah dan polusi. Mengusung semangat hemat air, hingga meningkatkan kualitas udara di dalamnya. 90 Persen ruangan di gedung ini menggunakan pencahayaan alam. Sementara, 30 persen konsumsi air minum mampu dipangkas berkat penyaringan dan daur ulang air hujan.

Gedung Infinity 

Lima Gedung Pencakar Langit Paling Ramah Lingkungan di Dunia

Infinity adalah gedung apartemen dengan tinggi 249 meter. Gedung ini menyediakan 549 apartemen kelas atas di Brisbane. Infinity juga menjadi gedung pemukiman tertinggi di wilayah tersebut. Keunggulan dari gedung ini ialah penggunaan energinya yang efisien. Termasuk dalam sisi pencahayaan dan penggunaan air. Berkat bantuan teknologi berkelas, semua telah diatur agar penghuni di apartemen ini merasakan sensasi alam sempurna.

Gedung KKR Tower

Lima Gedung Pencakar Langit Paling Ramah Lingkungan di Dunia

Gedung KKR Tower di Malaysia memiliki tinggi mencapai 175 meter. Gedung yang berlokasi di Kuala Lumpur ini digunakan untuk perkantoran. GDP Architects, sang perancang bangunan, mengatakan gedung ini menyediakan penampungan hujan di bagian atap. Sementara, dinding permukaannya menggunakan kaca yang memungkinkan orang-orang di dalam gedung menikmati pemandangan alam di sekitar bangunan.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.