Lima Kisah Manusia Yang Hidup Sendiri di Pulau Terpencil

loading...
loading...
Sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain untuk saling berbagi. Tidak ada manusia yang akan sanggup bertahan hidup sendiri di dunia ini, karena untuk memenuhi kebutuhan hidup di butuhkan lah keberadaan orang lain. Manusia akan saling membantu, saling berbagi, dan juga saling bertukar jasa kepada orang lain agar kebutuhan hidupnya terpenuhi.

Namun apa jadinya jika di sebuah tempat terpencil hanya ada satu manusia yang hidup? Akankah ia bisa bertahan hidup lebih lama disana? Jawabannya bisa ia bisa tidak, tapi lima manusia dibawah ini telah membuktikan jika hidup sendiri di tempat terpencil nyatanya bisa dilakukan. Walau tidak ada banyak makanan, tidak ada manusia lain yang membantu mereka bisa memanfaatkan semua yang ada di alam liar sebagai kebutuhan yang mereka perlukan.


Ed Stafford

Lima Kisah Manusia Yang Hidup Sendiri di Pulau Terpencil

Ed Stafford, mantan kapten tentara Inggris menghabiskan 60 hari bertahan hidup demi sengaja terdampar di sebuah pulau kosong dan terpencil di Pasifik Selatan. Tak berbekal apa pun, hanya sebuah alat perekam yang berfungsi sebagai alat dokumentasi.

Pada awal kedatangannya, pria ini mencoba mengamati apa saja yang ada di sekitar, kemudian mencoba beberapa teknik berburu. Pria ini menggunakan gua untuk tempat berlindung dari panas dan hujan. Dalam pengakuannya, dia sempat kesulitan untuk menciptakan api, mengingat tak satu pun alat pemantik dibawanya. 

Setelah berjuang selama dua minggu, akhirnya api pertama dapat diciptakan. Kemampuan bertahan hidupnya makin terasah kala dia sanggup menundukkan buruan seekor kambing hutan. Dalam pengakuannya, ketakutan terbesarnya hanya saat melawan perasaan agar tetap menjadi seorang yang waras.

Reikko Hori

Lima Kisah Manusia Yang Hidup Sendiri di Pulau Terpencil

Seorang pelajar wanita asal Jepang melakukan ide berlibur gila dengan sengaja terdampar di pulau tak berpenghuni di Indonesia selama 19 hari sendirian. Reikko Hori (22) memutuskan untuk menguji dirinya hidup tanpa bekal apa pun di Pulau Amparo, sekitar 6.760 kilometer sebelah barat laut Australia.

Tidak hanya bekal makanan, Hori juga tidak membawa alat bertahan hidup di alam liar seperti tenda, golok, korek api, dan alat penerang. Demi menghasilkan api, Hori harus bersusah payah menggunakan cahaya matahari yang membias melalui bantuan kaca pembesar yang dibawanya. Ini adalah satu-satunya alat modern yang dia bawa.

Aksi Hori ternyata tidak gratis, dia harus membayar terlebih dahulu untuk bisa mencoba hidup bagai tokoh Tom Hanks dalam film Cast Away. Docastaway adalah sebuah biro perjalanan yang bertanggung jawab atas ekspedisi Hori ini. Namun begitu, Hori tidak patah arang. Dia tetap melanjutkan niatnya untuk berpetualang selama lebih dari dua minggu di pulau tak berpenghuni itu. 

Saat diwawancara sebelum ditinggal seorang diri, gadis muda ini mengaku akan tidur beralaskan pasir, meski badai datang dia akan coba bertahan dengan bantuan seadanya. Hori mendapatkan minum dari air kelapa dari buah yang ada di sekitaran pantai, dan mengisi perut dengan menombak ikan di sekitaran pantai dengan ranting tajam.

Tom Neale

Lima Kisah Manusia Yang Hidup Sendiri di Pulau Terpencil

Pria asal Selandia Baru bernama Tom Neale tinggal di Pulau Suwarrow di Kepulauan Cook di tengah Samudera Pasifik selama total 16 tahun. Dia bertahan hidup sendirian di pulau terpencil tersebut selama tiga periode antara 1952 hingga 1977. Selama 30 tahun sebelumnya Neale pernah mengimpikan bisa tinggal sendirian di sebuah pulau. Impian itu akhirnya terwujud saat usianya 51 tahun.

Dia mengenal Kepulauan Cook ketika masih berusia 18 tahun saat bertugas sebagai tentara Angkatan Laut Kerajaan Selandia Baru. Setelah tugasnya selesai dia bekerja sebagai penjaga toko di kepulauan itu dan bertemu dengan Robert Dean Frisbie, penulis yang menceritakannya tentang sebuah pulau bernama Suwarrow. Neale merasa tertarik, apalagi dia tahu lokasi pulau itu. 

Pada Oktober 1952 Neale akhirnya berangkat dengan membawa bekal seperlunya dan dua ekor kucing ke pulau itu. Di sana dia tinggal di sebuah bangunan bekas militer pada Perang Dunia Kedua. Di pulau itu Neale bertahan hidup dengan makan ikan, kepiting, kerang, kelapa, pisang dan sayuran liar sampai akhirnya pada 1977, karena penyakit kanker, dia kembali dan meninggal delapan bulan kemudian.

Ada Blackjack

Lima Kisah Manusia Yang Hidup Sendiri di Pulau Terpencil

Ada Blackjack adalah wanita dari suku Inupiat Inuit yang tinggal sendirian di sebuah pulau terpencil tak berpenghuni bernama Wrangel di utara Siberia, Rusia. Pada 16 September 1921 Blackjack menjadi salah satu dari lima orang yang ditinggalkan dalam sebuah ekspedisi dipimpin penjelajah bernama Vilhjalmur Stefansson mengarungi Laut beku Chukchi menuju Pulau Wrangel.

Di tengah perjalanan tiga orang kemudian meninggalkan dia dan seorang kru untuk mencari pertolongan dan makanan. Blackjack kemudian diajarkan berburu oleh salah satu kru tadi untuk bertahan hidup. Akhirnya kru tadi meninggal dan Blackjack hanya sendirian di pulau itu.

Jose Salvador Alvarenga

Lima Kisah Manusia Yang Hidup Sendiri di Pulau Terpencil

Pada awal 2014, Jose Salvador Alvarenga ditemukan di sebuah atoll di Kepulauan Marshall setelah perahu kecilnya terdampar 13 bulan sebelumnya. Jose lalu memulai perjalannya sejauh 6000 mil. Sebagian menyangkal pengakuannya, namun ini adalah sebuah kenyataan. Menurut pengakuannya, bencana berawal dari aksinya bersama segerombol pemuda hendak memancing hiu, seketika badai besar membuat mesin kapalnya rusak.

Kelompoknya lalu terdampar dan mencoba mencari jalan pulang. Namun, tidak semua dapat bertahan lantaran tidak dapat meminum darah kura-kura dan makan ikan hidup-hidup demi dapat terus hidup. Singkat cerita, akhirnya Jose dapat kembali bertemu ke pelukan keluarganya di El Savador. Namun begitu, hidup kelompoknya turut dipertanyakan. Segelintir tudingan miring mengatakan Jose menjadi kanibal demi dapat bertahan hidup secara egois.

Nah, itulah kawan sekiranya lima kisah manusia yang bertahan hidup di pulau terpencil dunia. Memang tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, dengan segala kemauan dan juga rasa optimis pastinya semua hambatan dan rintangan akan dilalui dengan suka cita.


Silahkan Jangan Lupa Tonton Juga :
Video Kasus Kasus Anak Durhaka yang Menggugat Ibu Kandung Ke Pengadilan
Dibawah ini :


Loading...
loading...

0 Response to "Lima Kisah Manusia Yang Hidup Sendiri di Pulau Terpencil"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..