Lima Produk Indonesia Yang Jadi Primadona Masyarakat Dunia

Sebagai negara yang masih berkembang Indonesia belum bisa mengirimkan atau mengekspor produk dalam negeri ke negara lainnya. Alasan keamanan serta pengakuan dari luar negeri nyata nya membuat produk-produk dari Indonesia sangat sulit untuk bersaing. Bahkan di dalam negeri sendiri produk asli anak bangsa banyak yang tidak diakui.

Banyak warga Indonesia yang lebih memilih produk luar negeri karena kualitas serta kuantitasnya yang terjamin. Banyak yang bangga dengan produk luar yang telah memiliki nama dibandingkan produk dalam negeri yang belum banyak di ketahui. Padahal produk luar negeri belum tentu bagus dibandingkan dengan produk dalam negeri.

Meski begitu, walau banyak yang tidak suka dengan produk sendiri, nyatanya ada beberapa produk asli Indonesia yang kini telah mendunia. Beberapa produk lokal seperti topi, rempah-rempah hingga produk spa asli Indonesia telah menjadi primadona masyarakat dunia. Berikut adalah ulasan singkat lima produk Indonesia yang telah menjadi primadona masyarakat dunia :

Topi Asep Andian - Bandung

Lima Produk Indonesia Yang Jadi Primadona Masyarakat Dunia

Produk pertama asli buatan anak Indonesia yang kini telah mendunia adalah topi buatan mas Asep Andrian asal Bandung Jawa Barat. Bermodalkan semangat pantang menyerah Bisnis topi yang dikelola oleh Asep Andian (34) telah sukses menjadi produsen topi dari Kabupaten Bandung yang dipasarkan sampai ke luar negeri. Bahkan omzet yang dia hasilkan setiap bulannya dari membuat dan menjual topi kini, bisa mencapai miliaran rupiah.

Warga asli Kabupaten Bandung ini memulai bisnisnya sejak tahun 2008 di kawasan Kecamatan Cigondewah. Berawal dari sang bapak yang membuat topi pesanan orang lain. Asep pun memiliki banyak ide cemerlang untuk mengembangkan bisnis tersebut. Setelah berusaha sampai jatuh bangun dalam menggeluti bisnisnya itu. Kini Asep telah memiliki tempat produksi sendiri. Bahkan saat ini dia telah memiliki 300 orang karyawan.

Asep mengatakan, produk ciptaannya itu tidak hanya dipesan oleh orang-orang Indonesia sendiri. Dari mulai Malaysia, Amerika, sampai benua Afrika, telah memesan topi-topi untuk kembali dipasarkan. Dan keuntungan yang ia dapat atas hasil kerja kerasnya mencapai miliaran rupiah.

Menurut Asep, tetap berkarya dan pantang menyerah menjadi faktor penunjang keberhasilannya sampai seperti saat ini. "Untuk bisa sukses, ya harus ada semangat, doa, punya karya, baru modal. Yang penting gak gampang nyerah sama apa yang kita lakukan," jelasnya.

Sepatu kulit biawak

Lima Produk Indonesia Yang Jadi Primadona Masyarakat Dunia

Produk lainnya yang tak kalah hebat dan laku keras di dalam dan luar negeri adalah sepatu yang dibuat dari kulit biawak. Sepatu ini banyak di produksi di daerah Buleleleng, Bali. Seorang pemilik usaha kerajinan sepatu di Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng, Wayan Reden mengatakan, pihaknya memproduksi sepatu dari bahan kulit biawak yang memiliki nilai estetika sangat diminati konsumen dalam dan luar negeri.

Kulit biawak memiliki keunikan khusus karena dibuat dari 100 persen kulit hewan biawak. Pihaknya menekuni usaha ekonomi kreatif itu sejak empat tahun lalu bersamaan dengan berdirinya pusat toko sepatu miliknya.

"Kami mendirikan perusahaan 'TJtoe' untuk memudahkan para kolektor dan pencinta sepatu kulit mendapatkan produk yang berkualitas," kata dia.

Sepatu berbahan kulit biawak jarang ditemukan dan hanya terdapat di beberapa toko sepatu khusus saja. "Sepatunya langka karena proses pembuatannya memerlukan keahlian dan ketelitian khusus," imbuhnya. Dia memproduksi sepatu kulit biawak model terbaru yang sedang "tren" di kalangan anak muda dan lelaki kantoran. "Modelnya bisa dibandingkan dengan yang lain," ujarnya.

Biji Pala Sulawesi Selatan

Lima Produk Indonesia Yang Jadi Primadona Masyarakat Dunia

Indonesia memang kaya akan rempah-rempahnya, sedari dulu Indonesia terutama di bagian timur Indonesia sangat terkenal akan aneka ragam rempah-rempah yang luar biasa. Tak heran jika banyak bangsa Eropa sedari dulu yang sangat rajin datang ke Indonesia hanya untuk menikmati rempah-rempah yang melimpah. Sampai saat ini juga rempah-rempah terutama pala dari Sulawesi Selatan sudah menjadi primadona bagi negara-negara di Eropa.

Salah satunya Spanyol, negara terbesar di Eropa ini makin meminati komoditas unggulan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yaitu biji pala. Hal ini terlihat dari tingginya permintaan biji pala dari negara tersebut. 

"Di awal 2016 telah diekspor biji pala sebanyak 14 ton ke Spanyol dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar USD 135.500," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut, T Hasudungan Siregar seperti ditulis Antara Manado, Rabu (10/2).

Hasudungan mengatakan, biji pala asal Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) memiliki kualitas produk yang cukup tinggi sehingga sangat diminati pasar luar negeri. "Selain pasar Eropa, Amerika, Asia dan Afrika sering membeli biji pala asal Sulut," jelasnya.

Memang, katanya, di Sulut ada beberapa daerah yang memproduksi biji pala namun yang sering diminta oleh buyers atau pembeli luar negeri yakni biji pala asal Siau. Pasar Spanyol membeli biji pala asal Sulut dalam jumlah yang banyak untuk dijadikan bumbu masakan, aroma terapi dan bahan baku obat-obatan.

"Kegunaan biji pala memang sangat banyak sehingga pasar Spanyol sangat tertarik dengan kualitas produk yang dari Sulut tersebut," jelasnya.

Produk cokelat Indonesia

Lima Produk Indonesia Yang Jadi Primadona Masyarakat Dunia

Produk cokelat Indonesia diminati pengusaha di Austria dalam acara Indonesian Chocolate Tasting yang digelar KBRI/PTRI Wina guna mempromosikan produk Tanah Air kepada kalangan industri. Acara ini berlangsung di Hotel Grand Sacher, Wina.

Salah seorang peserta Martin Juric dari Pommax Trading, perusahaan dan food distributor cokelat, menyampaikan minatnya akan produk cokelat Pipiltin Cocoa yang diolah dengan kelapa dan memuji kemasan cokelat yang dinilainya sangat bagus. Lebih jauh, dia juga menyarankan agar pengusaha cokelat Indonesia dapat melakukan disain khusus yang lebih personal mengakomodir kebutuhan pesanan dari perusahaan atau individu dalam penyajian cokelat untuk momen tertentu.

Berdasarkan statistik, Indonesia merupakan negara produsen cokelat terbesar ketiga di dunia setelah Pantai Gading dan Ghana. Sementara Austria merupakan negara konsumen cokelat terbesar ketiga di dunia dengan jumlah 7,8 kg per kapita pertahun.

Produk spa asal Bali

Lima Produk Indonesia Yang Jadi Primadona Masyarakat Dunia

Beragam produk spa belakangan menjadi salah satu industri penggerak perekonomian warga di Bali. Ternyata, produk spa tersebut diminati masyarakat Australia dan Malaysia. Besarnya minat pembeli dari negeri jiran,  menunjukkan apresiasi dan kepercayaan masyarakat mancanegara terhadap produk spa yang dibuat di Bali. Djani menyatakan, usaha yang telah dirilis dari 1993 ini awalnya banyak yang dicemooh dan mengatakan bahwa produk yang dibuatnya merupakan barang dagangan "balian" atau dukun.

"Produk spa semacam scrub, lulur, sabun, masker dan massage oil, banyak dipesan secara rutin pembeli dari Malaysia dan Australia. Sesekali ada juga pembeli dari Jepang yang datang langsung ke Pulau Dewata untuk belanja produk spa," kata pelaku usaha produk spa, Ni Wayan Djani seperti ditulis Antara Denpasar, Senin (15/2).

Djani menyebutkan, harga produk spa bervariasi dan dijual dengan kemasan yang berbeda-beda. Namun, pembeli dari kalangan pengusaha spa lebih suka mengorder dalam takaran kilogram. Atau literan jika produk itu berupa massage oil.

"Kalau membeli eceran, untuk produk scrub harganya Rp 15.000 per 100 gram. Ukuran 500 gram harganya Rp 45.000. Massage oil sering dipesan literan dengan harga Rp 150.000 per liternya," ujar dia.

Nah, itulah sekiranya lima produk asli Indonesia yang telah menjadi primadona masyarakat dunia. Memang dengan segala keunikan serta semangat yang tak pernah padam, hasil karya anak bangsa bisa menjadi favorit dan juga pilihan masyarakat luar negeri. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.