Lima Wanita Hebat yang Jadi Presiden Wanita Pertama di Dunia

Berbicara tentang kekuasaan, kepemimpinan dan pemerintahan sebuah negara biasanya selalu di dikuasai oleh para pria. Hampir setiap elemen pemerintahan kebanyakan diisi oleh para pria yang ahli di bidangnya. Entah karena memang sudah menjadi takdir yang mengharuskan laki-laki menjadi pemimpin dimana mereka berada. Tak heran jika setiap pergantian pemimpin banyak para calon laki-laki yang sudah mengantri untuk menggantikan pemimpin terdahulu.

Hampir jarang atau bahkan tidak ada satu pun wanita yang bisa dan bersaing ketika ada suatu pemilihan, jika pun ada mereka jarang menang dan juga jarang dipilih karena banyak yang menganggap wanita bukan lah sosok pas untuk menjadi seorang pemimpin bahkan menjadi presiden suatu negara. Namun meski begitu, halangan dan takdir tidak serta merta memupuskan harapan dan cita-cita wanita untuk menjadi orang no satu di negara mereka tinggal.

Hal inilah yang dibuktikan oleh para wanita hebat berikut ini, dikala para lelaki terus mendominasi sistem pemerintahan, para wanita ini hadir dan menjelma menjadi orang no satu di negara mereka tinggal. Mereka berhasil mengalahkan para lelaki dalam pemilihan dan berhasil menjadi wanita pertama yang menjadi presiden di negara mereka dilahirkan. Berikut adalah lima kisah wanita hebat yang menjadi presiden wanita pertama di dunia :

Bidhya Devi Bandhari

Lima Wanita Hebat yang Jadi Presiden Wanita Pertama di Dunia

Bidhya Debi Bandhari menjadi wanita pertama yang menjadi presiden dalam sejarah Parlemen Nepal. Ia adalah ketua dari Partai Komunis Nepal dan ketua dari Persatuan Seluruh Wanita Nepal. Dalam voting parlemen untuk pemilihan presiden, ia berhasil meraih 327 suara dari 549 suara mengalahkan pesaingnya, Kul Bahadur Gurung. Sebelum menjadi presiden, Bidhya juga pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan pemerintahan Nepal. Hal ini juga merupakan prestasi tersendiri karena ia adalah wanita pertama yang menjabat di bidang tersebut.

Megawati Soekarnoputri

Lima Wanita Hebat yang Jadi Presiden Wanita Pertama di Dunia

Di Indonesia, ada Megawati Soekarnoputri yang menjadi presiden wanita pertama. Ia dilantik  menjadi presiden pada 23 Juli 2001 dengan wakil presiden Hamzah Haz. Megawati menjabat sebagai presiden hingga 20 Oktober 2004. Sebelum menjadi presiden, ia juga pernah menjabat sebagai wakil presiden di bawah pemerintahan Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa sebagai Gus Dur. Ia kembali mencalonkan diri sebagai presiden pada pemilu tahun 2004 dan 2009, namun kalah dengan Susilo Bambang Yudhoyono.

Joyce Banda

Lima Wanita Hebat yang Jadi Presiden Wanita Pertama di Dunia

Sebelum menjadi presiden, Joyce Banda sempat menjadi wakil presiden Malawi. Pada 7 April 2012, wanita yang giat menyuarakan hak perempuan itu resmi menjadi presiden Malawi yang secara otomatis juga menjadi presiden wanita pertama di negara tersebut. Banda menggantikan Presiden Bingu wa Mutharika yang meninggal akibat serangan jantung. Tidak disangka, Banda ternyata mendapatkan banyak dukungan untuk menjadi pemimpin Malawi setelah meninggalnya presiden Mutharika. Banda juga menjadi salah satu wanita yang paling berpengaruh versi majalah Forbes.

Dilma Rousseff

Lima Wanita Hebat yang Jadi Presiden Wanita Pertama di Dunia

Dilma Rousseff terpilih sebagai presiden Brasil pada 1 November 2010 lalu. Di usia yang ke 62 tahun, ia menjadi presiden wanita pertama di Brasil. Pada saat itu, Pemilu sampai harus dilakukan hingga dua kali karena dari dua kandidat tidak ada yang mendapatkan lebih dari 50 persen suara. Sejak masih muda, Rousseff memang telah sudah tertarik dengan politik. Awalnya, ia menjadi seorang sosialis, bergabung dengan gerilya Marxis, ikut serta dalam kudeta tahun 1964, dan berjuang melawan diktator militer. Namun ia akhirnya ditangkap dan dipenjara antara tahun 1970 hingga 1972.

Park Geun-hye

Lima Wanita Hebat yang Jadi Presiden Wanita Pertama di Dunia

Park Geun-hye berhasil mengukir sejarah sebagai presiden wanita pertama di Korea Selatan. Ia dilantik sebagai presiden pada 25 Februari 2013 di Majelis Nasional Seoul. Dalam Pemilu, ia berhasil mendapatkan 52% suara mengalahkan lawanyna, Moon Jae-in yang hanya mendapatkan 48% suara. Sebagai seorang presiden, tentu ia memang punya kuasa atas Korea Selatan. Tapi tidak hanya itu saja, pada tahun 2013 dan 2014, ia disebut menjadi salah satu dari wanita paling berpengaruh di Asia Timur oleh majalah Forbes dan daftar The World’s 100 Most Powerful Women.

Nah, itulah sekiranya lima wanita hebat yang menjadi presiden wanita pertama di dunia. Dengan segala kegigihan serta kerja keras yang mereka lakukan. Tak ayal posisi no satu sebuah negara pun pantas mereka dapatkan. Semoga bisa menjadi panutan dan contoh bagi kita semua, terutama wanita yang terus maju dan terus berkarya tanpa adanya suatu hambatan dan halangan.


loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.