Para Wirausaha Yang Sukses Besar Setelah Usia 30 Tahun

Sebagai seorang manusia normal kesuksesan adalah hal yang harus bisa di capai. Arti sukses bagi banyak orang memang sangat beragam, namun yang umum dari makna sukses bagi kebanyakan adalah sukses dalam karir, sukses dalam usaha, serta mempunyai harta yang berlimpah.

Jalan untuk sukses memang beragam, tergantung bagaimana kita mencari dan menjalaninya. Gagal dan ditolak hingga bangkrut berulang kali memang menjadi resiko dan juga tantangan yang akan dihadapi ketika sukses sangat susah digapai. Namun karena kegagalan lah karena penolakan lah semua itu menjadi bermakna, dari kegagalan dan penolakan kita bisa belajar banyak arti dari sebuah kesuksesan.

Karena itu tidak ada sukses yang instan, jika pun ada hanya segelintir orang yang bisa melakukannya. Selebihnya adalah mereka yang jatuh bangun memulai untuk mencapai kesuksesan dari nol dan tanpa bantuan materi yang wah dari keluarganya.

Dibawah ini adalah segelintir kisah dari mereka, orang-orang luar biasa yang bisa mencapai kesuksesan dalam hidup di kala usia sudah 30 tahun. Tidak ada yang menyangka dan juga tidak ada turunan darah biru dalam kehidupannya, mereka memulai dari nol, dan dari kegagalan yang berulang kali mereka dapatkan.


Oprah Winfrey

Para Wirausaha Yang Sukses Besar Setelah Usia 30 Tahun

Wirausaha pertama yang mencapai kesuksean dalam karir di usia 30 tahun adalah Oprah Winfey. Oprah menyadari bahwa dia memang ditakdirkan untuk melakukan sesuatu yang berharga, dan tak ada seorang pun yang bisa menghentikannya.

Oprah berulang kali menjadi pembawa acara dengan bayaran murah di wilayah Selatan Amerika, akhirnya Oprah memutuskan untuk pindah ke Chicago untuk menjadi pembawa acara pagi di tahun 1983.

Pada tahun 1986, Oprah melakukan pekerjaan yang luar biasa dan mengubah nama acara tersebut menjadi The Oprah Winfrey Show dan menandatangani kesepakatan sindikasi yang kemudian membawanya menjadi sosok terkenal dan kaya.

Saat itu, Oprah sudah berusia 33 tahun dan tidak tahu ke mana hidup akan membawanya. Saat ini, kekayaannya sekitar USD 3 miliar dan Oprah masih terus berkarya.

Jan Koum Pendiri WhatsApp

Para Wirausaha Yang Sukses Besar Setelah Usia 30 Tahun

Tidak ada kata mudah dan juga terlambat untuk mencapai kesuksesan, kegagalan yang terus terulang nyatanya telah menjadi pengalaman yang berharga dan menjadi jalan terang untuk menggapai kesuksesan. Hal ini lah yang dialami oleh Jan Koum pendiri WhatsApp.

Saat Jan Koum melamar pekerjaan ke Facebook dan ditolak, dia mulai berkecil hati. Mahasiswa drop out itu sebelumnya selalu yakin bahwa dia punya potensi untuk menciptakan sesuatu yang besar.

Setelah meninggalkan bangku sekolah, Koum berhasil mendapatkan pekerjaan di Yahoo dan bertemu dengan Brian Action, yang kini menjadi co-founder WhatsApp.

Saat Koum ulang tahunnya ke-33, Koum mendapatkan hadiah terbesar dalam hidupnya, aplikasi WhatsApp-nya bisa dimasukkan dalam sistem operasi yang dipasang di telepon seluler. Saat ini Koum berhasil meraup sekitar USD 7,9 miliar.

J.K. Rowling - Kekaisaran Harry Potter

Para Wirausaha Yang Sukses Besar Setelah Usia 30 Tahun

Jalan sukses memang beragam dan tidak ada yang tahu bagaimana ceritanya, sukses tidak harus selalu menjadi pengusaha sukses pun tidak harus selalu menjadi seorang bos di sebuah perusahaan. 

Dari hal kecil pun sukses bisa kita dapatkan, salah satunya dari imajinasi dan menulis dalam sebuah cerita sukses pun bisa menghampiri. Salah satu buktinya adalah J.K Rowling yang sukses besar dalam tulisan Harry Potternya.

Sulit dipercaya bahwa J.K. Rowling dulunya seorang orang tua tunggal yang merasa dirinya gagal. Penulis yang telah menjadi miliuner ini memulai kejayaannya dengan ide tulisan Harry Potter di tahun 1990-an.

Rowling seringkali menghabiskan waktunya menulis Harry Potter di kedai kopi terdekat. Dia mengajar Bahasa Inggris di malam hari untuk mendapat uang tambahan, sementara di siang hari dia habiskan untuk menulis.

Rowling sadar bahwa ide yang ia punya bagus untuk novel, tapi dia tidak sadar seberapa bagus idenya tersebut.

Kini Harry Potter sudah menjadi label yang membawa keuntungan USD 15 miliar saat ini. Rowling berusia 33 tahun saat dia mendapatkan cek untuk buku pertamanya dan dia semakin tak bisa dihentikan setelah itu.

Henry Ford - Ford Motor Company

Para Wirausaha Yang Sukses Besar Setelah Usia 30 Tahun

Teknologi otomotif untuk saat ini memang tidak bisa terbantahkan lagi, sudah banyak sekali produk otomotif mulai dari kendaraan motor dua dan empat yang semakin beragam. Salah satu produk otomotof yang terkenal di dunia adalah Ford. 

Nama Ford sendiri diambil dari nama penemunya yang telah berjasa besar bagi perkembangan otomotif dunia. Dia adalah Henru Ford, beliau adalah sosok dengan tekad yang kuat. Dua perusahaan pertamanya bangkrut, tetapi dia tidak putus asa. Ford adalah sosok perfeksionis yang sangat memperhatikan setiap detil.

Saat Ford mulai membangun Ford Motors, dia membawa pola pikirnya yang jelimet ke dunia automobile. Setelah bertahun-tahun kehilangan kesempatan dan gagal, investor di perusahaannya meminta Ford untuk mempekerjakan James Cauzen.

Couzen kemudian berhasil meyakinkan Ford untuk menjual mobil yang jauh dari sempurna, dan menyebar montir ke seluruh penjuru negara untuk memperbaiki mesin mobil tersebut.

Ford Motor Company dibangun Ford saat dia menginjak usia 40 tahun. Ford berhasil membangun kekayaannya sendiri hingga kisaran angka USD 199 miliar dan usianya sudah jauh melewati angka 30 saat kesuksesannya diraih.

Sam Walton Pendiri WalMart

Para Wirausaha Yang Sukses Besar Setelah Usia 30 Tahun

Walmart adalah perusahaan yang dibangun oleh Sam Walton pada tahun 1962, bergerak mengoperasikan jaringan departemen store berbasis di Amerika.

Sebelum mendirikan WalMart dan mengubah mekanisme pasar, Walton memiliki dan mengelola toko diskon kecil bersama ayah mertuanya. Sebelum menjadi salah satu entrepreneur tersukses sepanjang masa, ia mengambil dana dari ayah mertuanya sebesar USD 20.000 untuk membeli toko serba ada (toserba) milik Ben Franklin dan kembali membelinya tiga tahun berikutnya. 

Meski sudah sukses memiliki dua toserba, Watson masih mengalami kesulitan untuk membayar gaji pegawainya. Di usia 44 tahun, Walton mengambil risiko membuka WalMary pertamanya di tahun 1945. Dan sejak saat itu WalMart menjadi toserba yang sangat besar.

Nah, itulah kawan sekiranya lima kisah para wirausaha dunia yang sukses besar dalam karir dan cemerlang dalam perusahaan yang didirikannya. Semoga bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi kita semua. Selamat berjuang dan sukses selalu bagi kita semua. Amin
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.