Proyek Teknologi Yang Gagal Total Sepanjang Masa

Berbicara tentang teknologi memang tiada habisnya, setiap hari hampir selalu ada berita dan juga artikel yang membahas tentang perkembangan teknologi. Memang teknologi untuk saat ini telah memberikan kemudahan dan akses serba cepat dalam menjalankan aktivitas. Tak heran jika ada anggapan teknologi telah membuat manusia bukan manusia yang membuat teknologi.

Karena teknologi tidak bisa dipisahkan, maka bermunculan lah berbagai proyek atau penelitian tentang teknologi yang bisa membantu dan merubah serta menjadikan kehidupan manusia menjadi lebih baik dan mudah. Namun dari banyak nya proyek tersebut tak semuanya berjalan dengan lancar.

Seperti yang terjadi pada beberapa proyek canggih teknologi berikut ini. Dengan rasa optimis dan juga perencanaan yang sangat matang proyek-proyek ini malah gagal total dan hilang begitu saja. Padahal biaya yang dikeluarkan untuk pengembangan tersebut sangatlah besar.


Mars Climate Orbiter

Proyek Teknologi Yang Gagal Total Sepanjang Masa

Pada tahun 1998 sebuah pesawat ruang angkasa seharga 193.000.000 U.S. dollars kalau di ke rupiahkan menggunakan google jadi 2.64383562 trillion Indonesian rupiahs , pokoknya pesawat ini harganya sangat mahal , oleh karena itu berada di posisi nomor 1 pada list kali ini .

Pesawat ini hilang entah kemana karena kesalahan team insinyur dari perusahaan Lockheed Martin , sejak tahun 1990 , NASA sudah menggunakan satuan internasional (SI) dalam membangun sebuah pesawat ruang angkasa , namun team dari Lockheed Martin malah menggunakan satuan lokal (Inggris) .

Akibatnya pesawat selalu salah dalam melakukan pengukuran dan tentu saja sistem navigasi nya menjadi kacau karena mengukur jarak , kecepatan , kordinat dll dalam satuan yang tidak singkron dengan sistem satuan internasional .

Healthcare.gov

Proyek Teknologi Yang Gagal Total Sepanjang Masa

Pada tahun 2013 lalu , website milik pemerintah Amerika yang dibuat untuk memberikan layanan kesehatan untuk masyarakat ini tidak beroperasi sebagai mana mestinya .

Sama seperti website Revolusimental.go.id yang beberapa waktu yang lalu ramai dibicarakan, website healtcare.gov ketika diakses oleh masyarakat, sering sekali muncul halaman error , halaman tidak ditemukan hingga server yang kehabisan resource .

Padahal biaya yang dihabiskan untuk proyek pembuatan website yang tidak “Profesional” ini sekitar 70 Juta USD hingga 600 Juta USD , ternyata ada juga website abal-abal yang lebih mahal daripada Revolusimental.go.id haha . Tapi sekarang website healthcare sudah beroprasi secara profesional .

Revolusimental.go.id

Proyek Teknologi Yang Gagal Total Sepanjang Masa

Kalau ini baru beberapa bulan kebelakang kejadiannya, Website yang diresmikan oleh Menteri Koordinator PMK Puan Maharani ini, dalam pembuatannya menyiapkan dana APBNP 2015 sebesar Rp 140 miliar , mau persiapan bikin website apa mau judi online.

Lalu , kata Asisten Deputi Kebudayaan Kemenko PMK Herbin Manihuruk , website ini sebenarnya hanya memakan biaya tidak lebih dari Rp 20 Juta saja . Website biaya pembuatannya sampai 20 Juta ? pasti keren tuh , pake dedicated server jadi cepet akses nya dan designya pasti keren . 

Sayangnya website yang konon akan membawa revolusi mental masyarakat ini ternyata hanya memakai shared hosting yang setahunnya gak nyampe 1 juta ditambah design hasil comot website pemerintahan amerika , ya kalau di itung-itung sih 1 juta per tahun juga gak sampe tuh buat bikin website kaya gitu . Sampe sekarang websitenya belum jadi haha .

Windows Vista

Proyek Teknologi Yang Gagal Total Sepanjang Masa

Kejadiannya dimulai pada tahun 2006 , Windows Vista , disebut-sebut akan menjadi penerus Windows XP , memakan waktu selama lebih dari 5 tahun dalam pembuatannya , Sistem operasi ini ternyata tidak lebih baik dibanding versi windows sebelumnya , windows vista juga terkenal karena lambat dan kegagalannya diperparah dengan kemunculan Iklan Mac :

Walmart’s online fire sale

Proyek Teknologi Yang Gagal Total Sepanjang Masa

2013 menjadi tahun yang sulit terlupakan oleh Walmart Online , pada saat itu tepatnya bulan november , sedang berlangsung event flash sale ,  namun karena kesalahan sistem pada website , membuat sebuah Infocus seharga $600 malah dijual dengan harga yang sangat murah yaitu $8 saja  .

Seketika penjualan atas barang tersebut meningkat sangat tajam , sayangnya pihak walmart enggan meneruskan transaksi tersebut dengan mereka yang sudah memesan barang tersebut dengan harga $8.

Nah, itulah sekiranya beberapa proyek teknologi dengan modal gede namun gagal total di masyarakat. Seharusnya dengan biaya serta perencanaan yang sudah matang bisa menghasilkan produk yang sangat menjanjikan. Semoga tidak terulang lagi kawan.


loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.