Empat Aturan Sakral Suku Dayak Yang Haram Dilanggar Oleh Pendatang Luar

Sebagai salah satu pulau dan juga provinsi terbesar di Indonesia, Kalimantan memang menawarkan banyak hal. Mulai dari keindahan alamnya yang eksotis hingga keberagaman suku daerahnya yang terkenal hingga ke mancanegara. Yah Kalimantan terkenal akan suku Dayak nya yang dipercaya sebagai salah satu suku daerah paling kuat dan terbesar di dunia. 

Selain suku dayak yang terkenal dan juga keindahan alam yang masih hijau, Kalimantan juga selama ini dianggap sebagai salah satu tempat mencari pekerjaan yang oke banget. Memang industri jarang, namun lapangan pekerjaan di bidang pertambangan di Kalimantan sangatlah menjanjikan. Tak heran kalau Kalimantan sering dikunjungi oleh orang luar yang kemudian menetap menjadi orang Kalimantan.

Terlebih hidup di Kalimantan sangatlah mudah, sama seperti di banyak tempat lain. Intinya asal kita berkelakuan baik, maka segalanya akan berja;an baik pula. Namun sebaliknya, ketika kita melakukan sesuatu yang buruk, maka akan ada konsekuensi untuk itu. Apalagi ini adalah tanah Kalimantan di mana klenik dan magisnya masih sangat kuat.

Di Kalimantan juga ada semacam aturan khusus yang tak boleh dilanggar siapa pun, apalagi pendatang. Khususnya bagi para pendatang yang berhubungan langsung dengan suku Dayak di Kalimantan, konon ketika seseorang tidak mengindahkan ini, maka sesuatu yang buruk akan terjadi. 


Jangan Memandang Rendah Orang Dayak

Empat Aturan Sakral Suku Dayak Yang Haram Dilanggar Oleh Pendatang Luar

Sebagai pendatang, maka sudah jadi kewajiban kalau kita harus menghormati penduduk asli setempat. Kalimantan adalah tanahnya orang Dayak, maka kita harus menghormati mereka. Jangan sekalipun mencari gara-gara atau menghina mereka. Takutnya, sesuatu yang fatal mungkin akan terjadi.

Perlu Anda ketahui orang dayang memiliki keunikan tersendiri yakni punya magis yang sangat kuat. Jika diganggu, mereka takkan segan mengerahkan kesaktian untuk membalas sakit hatinya. Hal yang perlu diketahui, Dayang merupakan salah satu suku di dunia dengan kekuatan sihir terkuat.

Tak hanya dengan sihir, orang Dayak pun bisa melukai musuhnya hanya dengan mandau yang sakti atau sumpit beracunnya yang mematikan itu. Jadi? Ya, jangan sampai hal ini terjadi kepada kita ya.

Jangan Pernah Mempermainkan Gadis Dayak

Empat Aturan Sakral Suku Dayak Yang Haram Dilanggar Oleh Pendatang Luar

Siapa sih yang bisa menampik cantiknya gadis-gadis Dayak? Paras ayu nan alami itu pasti bisa menjerat siapa pun untuk jatuh cinta, termasuk para pendatang. Nah, ada satu hal yang perlu diperhatikan terkait dengan gadis-gadis Dayak. Ini adalah tentang larangan untuk tidak pernah mengganggu mereka atau mempermainkannya.

Ada mitos yang beredar, siapapun yang mengganggu mereka lebih-lebih mempermainkannya, maka dipastikan akan hilang alat vitalnya. Memang terdengar mustahil, namun sudah banyak cerita-cerita tentang ini. Hal tersebut cukup masuk akal juga mengingat orang Dayak itu magisnya sangat ampuh. Makanya, jangan pernah macam-macam dengan gadis Dayak atau hilang masa depan.

Sopanlah Ketika Mampir ke Makam Orang Dayak

Empat Aturan Sakral Suku Dayak Yang Haram Dilanggar Oleh Pendatang Luar

Akan jadi pengalaman unik tersendiri jika bisa mampir ke tempat-tempat sakralnya orang Dayak. Salah satunya misalnya adalah areal pemakamannya. Cara perkuburan orang Dayak cukup unik. Mereka membuat semacam makam di atas tanah berbentuk seperti bangunan balok yang disangga. Sangat unik, namun kental mistis.

Aturannya, kita harus sopan ketika ada di tempat-tempat seperti ini. Pasalnya ya tadi, orang-orang Dayak amat mengeramatkan kuburan moyangnya. Jangan keceplosan mengeluarkan kata-kata tidak pantas atau mengumpat. Mereka bisa merasa terhina dan akan membuat urusan ini jadi panjang.

Jangan Bermain-Main Dengan Mandau

Empat Aturan Sakral Suku Dayak Yang Haram Dilanggar Oleh Pendatang Luar

Mandau adalah senjata keramat orang-orang Dayak. Meskipun bentuknya seperti parang biasa, ia tidak bisa dipakai semaunya. Harus ada alasan khusus kenapa Mandau sampai keluar dari sarungnya. Pasalnya, menurut orang-orang Dayak, Mandau yang keluar dari sarungnya biasanya akan memakan korban.

Makanya, bagi pendatang, jangan bermain-main dengan senjata satu ini. Memang sangat artistik dengan ukiran-ukirannya, namun jangan sampai Mandau tercabut dari sarungnya. Orang-orang setempat sangat menghormati senjata ini, makanya kita pun harus melakukan hal yang sama.

Baca juga : Lima Tradiri Kebiri Paling Mengerikan di Dunia
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.