Keajaiban Rekayasa Manusia Paling Canggih di Dunia

Sifat alami manusia adalah menginginkan, mencari dan menciptakan sesuatu yang lebih dari yang telah ada sebelumnya. Kontruksi bangunan kapal perang hingga teknologi menakjubkan lainnya juga merupakan wujud implementasi dari sifat alamian manusia tersebut. Seakan tidak ada puasnya manusia terus berinovasi menciptakan hal yang baru yang bermanfaat bagi banyak orang.

Kemajuan teknologi serta perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat ternyata telah menciptakan inovasi baru dan keajaiban baru yang mungkin lebih gila dan menakjubkan daripada beberapa keajaiban dunia dimasa lalu yang belum diketahui bagaimana cara membuatnya. Saat ini berkat pemikiran manusia modern berbagai struktur bangunan megah dan hebat dapat ditemui di seluruh dunia.

Karena kemajuan teknologi dan peningkatan kualitas alat berat, pencakar langit tinggi dan banyak infrastruktur lainnya sangat mungkin untuk diwujudkan. Berikut anakregular informasikan lima keajaiban dari rekayasa manusia dan kini menjadi nyata paling canggih di dunia. Silahkan disimak.

Baca juga : Lima penemuan nenek moyang Indonesia paling fenomenal

Akashi Kaikyo Bridge

Lima Keajaiban Rekayasa Manusia Paling Canggih di Dunia

Juga dikenal sebagai Pearl Bridge, adalah contoh keajaiban rekayasa paling menakjubkan dari teknologi sipil modern. Terletak di Jepang, ini adalah jembatan kabel terbesar di dunia. Dan hebatnya, jembatan ini berdiri tanpa pilar pendukung. 

Selain itu Akashi Kaikyo Bridge dinobatkan sebagai jembatan gantung dengan rentang kabel terpanjang di dunia, yaitu 1991 meter (6.532 kaki). Jembatan yang selesai dibangun pada tahun 1998 ini menghubungkan antara Kobe di daratan Honshu dan Iwaya di Pulau Awaji, dengan menyeberangi Selat Akashi. Jembatan ini merupakan bagian dari Honshu-Shikoku Highway.

Millau Viaduct

Lima Keajaiban Rekayasa Manusia Paling Canggih di Dunia

The Millau Viaduct adalah jalan dan jembatan kabel yang membentang di atas lembah sungai Tarn, di dekat Millau di selatan Perancis. Ini adalah jembatan tertinggi di dunia dengan puncak salah satu tiangnya berada di ketinggian 343,0 meter (1.125 kaki) di atas dasar struktur. Jembatan yang selesai dibangun pada 14 Desember 2004 itu menerima penghargaan IABSE Outstanding Structure Award pada 2006.

USS George H.W. Bush (CVN-77)

Lima Keajaiban Rekayasa Manusia Paling Canggih di Dunia

Pembuatan USS George H.W. Bush dimulai pada 2001 di galangan kapal Northrop Grumman Newport News dan selesai pada 2009 dengan biaya $ 6,2 miliar. Kapal ini "berkandang" di Naval Station Norfolk, Virginia. USS George H.W. 

Bush memiliki panjang 1.092 kaki dan beratnya lebih dari 100.000 ton, membuatnya menjadi salah satu kapal perang terbesar di dunia (meskipun sedikit lebih pendek dari USS Enterprise), dan dilengkapi teknologi terbaru yang belum pernah digunakan sebelumnya. Top speed-nya lebih dari 30 knot. Dan karena didukung oleh dua reaktor nuklir, ia bisa beroperasi selama lebih dari 20 tahun tanpa pengisian bahan bakar.

North European Gas Pipeline

Lima Keajaiban Rekayasa Manusia Paling Canggih di Dunia

Nord Stream atau North European Gas Pipeline adalah pipa gas alam lepas pantai yang membentang dari Vyborg di Rusia hingga Greifswald di Jerman. Ini adalah pipa bawah laut terpanjang di dunia, melebihi the Langeled pipeline (yang membentang antara Norwegia dan Inggris). Proyek ini mencakup dua baris pipa sejajar. Baris pertama dimulai pada Mei 2011 dan diresmikan pada 8 November 2011. Baris kedua dimulai pada 2011-2012 dan diresmikan pada 8 Oktober 2012. Jaringan pipa ini memiliki panjang 1.222 kilometer (759 mil).

Beijing National Stadium

Lima Keajaiban Rekayasa Manusia Paling Canggih di Dunia

Dengan struktur baja terbesar di dunia, stadion yang juga dikenal sebagai Bird Nest ini adalah stadion Olimpiade di Beijing, Tiongkok. Bangunan menakjubkan ini tampak lebih seperti karya seni daripada sebuah stadion Olimpiade. Dirancang oleh duo arsitek asal Swiss, Jacques Herzog dan Pierre de Meuron. Stadium yang menjadi keajaiban rekayasa manusia ini   digunakan pada Olimpiade dan Paralimpiade 2008.

Baca juga : Lima proyek teknologi canggih namun gagal total sepanjang massa

Rekayasa hebat apapun, entah itu jembatan atau terowongan kereta api yang dapat menghubungkan antar kota bahkan antar negara, pesawat ruang angkasa yang dapat mengirim manusia ke bulan, atau gedung pencakar langit yang dibangun tahan gempa bumi, semua memiliki satu kesamaan: Mereka diciptakan untuk memecahkan masalah dan membuat hidup manusia jadi lebih mudah.

loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.