Lima Hukuman Bagi Penjahat Paling Aneh di Dunia

Sebagai makhluk sosial manusia hidup tak lepas dari aturan. Ada pepetah kuno dari Yunani yang menyatakan begini: jika ingin keadilan hakiki tunggulah pembalasan di akherat. Semua perbuatan yang kita lakukan di dunia pasti akan mendapatkan balasan yang setimpal kelak di akhirat. Akan tetapi bagaimana jika yang kita cari adalah keadilan dunia, jawabannya adalah hukum.

Hukum dibuat untuk mengatur dan juga mengawasi manusia. Sebagian besar kehidupan manusia saat ini diatur melalui hukum. Ada peraturan ada larangan dan juga ada sanki bagi mereka yang melanggar aturan. Kebanyakan hukuman berupa denda, penjara dan jika teramat berat, ujungnya adalah hukuman mati mungkin akan didapatkan oleh para pelanggar aturan.

Akan tetapi setiap negara memiliki cara tersendiri ketika memberikan hukuman kepada para pelanggar. Ada sistem hukum yang memberi wewenang besar bagi hakim untuk memikirkan sanksi yang pantas bagi seorang pelanggar hukum sesuai dengan derajat kesalahannya. Maka tidak perlu kaget, bila ada hukuman-hukuman aneh yang sekilas tidak masuk akal seperti di dalam daftar ini. 

Misalnya ada pesakitan diminta mendengarkan musik atau harus menulis di Twitter ratusan kali. Siapa tahu ternyata hukuman nyeleneh semacam itu lebih berhasil membuat jera. Berikut anakregular informasikan lima hukuman paling aneh yang disahkan pengadilan untuk para penjahat.

Baca juga : Lima Hukuman Penjara Paling Gila di Dunia

Greg Davenport - Bawa Pulang Bertuliskan 'saya pencuri'

Lima Hukuman Bagi Penjahat Paling Aneh di Dunia

Pencuri di Kota Liberty, Ohio, Amerika Serikat ini terhitung beruntung. Dia berhasil menghindari hukuman penjara setelah kepergok mencuri televisi 52 inchi dari jaringan toko ritel Walmart, pada 22 Maret 2016 lalu. Bagaimana caranya?

Rupanya, pria bernama Greg Davenport itu memilih melakoni jenis hukuman lain yang diizinkan pengadilan setempat. Dia berjalan keliling kota, terutama di depan halaman parkir Walmart, membawa papan bertuliskan "Saya pencuri, saya mencuri barang dari Walmart."

Dia wajib membawa papan itu selama 8 jam sehari. Davenport melakoni hukuman ini 10 hari berturut-turut. Dia wajib serius melakukan hukumannya, termasuk melambai ke mobil yang melintas di jalanan. Jika berani mangkir, Walmart akan memproses pencuriannya tempo hari.
"Bagaimanapun Hukuman seperti ini lebih baik daripada harus masuk penjara," ujarnya saat diwawancarai stasiun televisi lokal WKBN.
Pria kulit hitam itu menjalani hukuman alternatif setelah manajemen Walmart berkonsultasi dengan polisi. Jenis hukuman yang sifatnya mempermalukan seperti ini didukung pula oleh aparat hukum.
"Mungkin dengan memberi pengalaman sedikit memalukan membawa plang itu, akan berdampak pada perubahan orang ini," kata Richard Tisone, Kepala Kepolisian Kota Liberty.
Bocah enam tahun dihukum ikut sekolah mengemudi

Lima Hukuman Bagi Penjahat Paling Aneh di Dunia
ilustrasi mengemudi
Bocah lelaki enam tahun di New Mexico dihukum mengikuti kelas mengemudi. Putusan hakim ini, anehnya, atas permintaan sang ibu. Jadi begini ceritanya. Pengemudi perempuan yang tidak disebut namanya ditilang oleh polisi pada 2009 lalu. Polisi beralasan dia abai memasang sabuk untuk anaknya yang masih bocah.

Kepada hakim John Sanchez di pengadilan, sang ibu mengeluh kalau anaknya itu tidak pernah bersedia dipasangi sabuk. Dia pun meminta hakim ikut menghukum anaknya agar mereka tidak selalu tersandung pelanggaran hukum saat naik mobil.

Tanpa diduga, Hakim Sanchez menyetujui permintaan sang ibu. Anak itu kemudian dipaksa datang ke sekolah mengemudi, diajari pentingnya sabuk pengaman saat berkendara untuk menghindari risiko fatal jika terjadi kecelakaan.

Tyler Alred - Diwajibkan rutin ke gereja selama 10 tahun

Lima Hukuman Bagi Penjahat Paling Aneh di Dunia

Tyler Alred dari Kota Tulsa, Oklahoma, Amerika Serikat, memperoleh hukuman yang terhitung aneh dari pengadilan setempat. Pemuda 17 tahun yang terlibat kecelakaan tunggal lalu menewaskan temannya di samping kemudi karena mabuk-mabukan itu dipaksa pergi ke gereja selama masa hukuman.

Hakim Mike Norman menganggap Alred masih di bawah umur saat kejadian. Agar tidak dipenjara, maka ada sekian syarat yang harus dipenuhi oleh pemuda itu. Pertama adalah dia harus lulus kuliah, rutin mengikuti uji konsumsi narkoba saban enam bulan sekali, lalu diwajibkan pengadilan ke gereja saban pekan selama 10 tahun berturut-turut.

Alred, yang divonis bersalah pada 2012 itu, sampai sekarang masih patuh menjalani perintah pengadilan. Dia pun sudah lulus kuliah seperti diminta hakim. Kakak Alred - Caitlin Dum - mengapresiasi kebijaksanaan hakim yang tidak memenjarakan saudaranya.

Dihukum Mendengarkan musik satu jam nonstop

Lima Hukuman Bagi Penjahat Paling Aneh di Dunia
Ilustrasi mendengarkan musik
Hakim Paul Sacco dari Negara Bagian Colorado, Amerika Serikat, menangani kasus aneh pada 2008. Ceritanya, ada seorang warga melaporkan tetangganya yang selalu menyetel musik keras-keras. Pada momen vonis, Sacco menyatakan tergugat memang berulangkali mengganggu tetangganya sehingga harus dihukum. 

Karena mengetahui minat si tergugat ini adalah musik metal, Hakim Sacco menjatuhkan hukuman yang relatif berat: si terpidana wajib mendengarkan musik pop Barry Manilow kesukaan sang hakim. Terpidana wajib menjalani hukuman itu selama satu jam penuh dalam volume maksimal. Tak cuma musik pop, Hakim Sacco memaksa pria pesakitan itu untuk mendengarkan musik anak-anak dari acara Barney and Friends.
"Dengan begini, saya harap terpidana bisa mempelajari tatakrama mendengarkan musik," kata Sacco.
Fluzin Baptiste di hukum bikin twit minta maaf 466 kali

Lima Hukuman Bagi Penjahat Paling Aneh di Dunia

Hukuman ini muncul di Prancis pada 2012 lalu. Dua politikus parlemen gerah karena selalu diolok-olok melalui media sosial Twitter. Kedua politikus itu adalah Nathalie Kosciusko-Morizet dan Jean-Francois Cope. Sedangkan pengguna Twitter yang konsisten menghina mereka bernama Fluzin Baptiste.

Tak tahan lagi, Baptiste akhirnya dilaporkan ke pengadilan atas tuduhan pencemaran nama baik. Setelah persidangan beberapa bulan, hakim menyatakan Baptiste sudah melakukan fitnah terhadap dua politikus itu.

Sebagai hukuman, Morizet dan Cope tidak menuntut ganti rugi berupa uang, melainkan permintaan maaf melalui Twitter. Hakim pun menyetujui tuntutan penggugat, lalu memerintahkan Baptiste mencuitkan 466 kali permintaan maaf dengan menyebut jelas nama dua politikus yang telah dia fitnah. Hukuman itu harus dia jalankan selama sebulan penuh.

Baca juga : Lima Hukuman Sekolah Paling Kejam di Dunia
loading...

0 Response to "Lima Hukuman Bagi Penjahat Paling Aneh di Dunia"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..