Lima Kota Indah Paling Tua di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan sejarah panjang di dalamnya. Negara nusantara yang dahulu terkenal dengan berbagai kerajaan nya ini sangatlah terkenal di dunia. Memang Indonesia di zaman dahulu telah memiliki kekuatan dan kejayaan yang diakui dunia. Namun karena berbagai alasan mulai dari bencana alam serta datangnya penduduk Eropa ke Indonesia, kerajaan-kerajaan yang pernah berdiri kini hilang dan tak ada kembali.

Melihat dari sejarahnya dan juga usia kemerdekaan Indonesia yang belum mencapai satu abad nyatanya ada beberapa kota di Indonesia yang telah berdiri dan memiliki usia diatas seribu tahun atau 10 abad lamanya. Dengan usia yang tua itulah kota-kota tersebut tetap berdiri bahkan menjadi salah satu kota yang sangat penting bagi Indonesia. Penasaran?

Baca juga : Lima Pantai Merah Muda Paling Indah di Dunia


Purworejo

Lima Kota Indah Paling Tua di Indonesia

Purworejo merupakan sebuah daerah di sebelah selatan Jawa Tengah dan berbatasan secara langsung dengan Magelang di sebelah utara. Sama seperti wilayah di sebelah utaranya, Purworejo memiliki usia yang sangat tua yaitu 1115 tahun.

Purworejo disebut mulai berdiri pada tanggal 5 Oktober 901 melalui sebuah peristiwa pematokan tanah perdikan dan dicatat pada prasasti Boro Tengah atau prasasti Kayu Ara Hiwang. Peristiwa itu menandai mulai berdirinya sebuah wilayah yang kelak akan berkembang menjadi Pagalihan yang berubah menjadi Pagelen, Bagelen dan saat ini dikenal sebagai Purworejo.

Magelang

Lima Kota Indah Paling Tua di Indonesia

Maegelang merupakan sebuah wilayah yang terletak di Jawa Tengah dan dikenal karena memiliki candi Borobudur di wilayahnya. Selain Borobudur terdapat beberapa candi lain yang menunjukkan bahwa Magelang sebenarnya telah ada sejak masa lalu dan memiliki catatan sejarah yang cukup panjang.

Magelang berdiri pada tanggal 11 April 907 dan pada saat ini telah memiliki usia 1109 tahun. Usia tersebut didapat berdasar tiga prasasti yaitu Poh, Gilikan, dan Mantyasih. Pada awalnya Magelang merupakan sebuah desa perdikan bernama Mantyasih serta sebuah desa bernama Glangglang yang sekarang berkembang menjadi sebuah kota yang cukup besar.

Kediri

Lima Kota Indah Paling Tua di Indonesia

Kediri merupakan kota ketiga terbesar di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang. Kota ini memiliki sejarah yang sangat panjang seperti wilayah Malang karena pada masa lalu merupakan pusat dari kerajaan Panjalu. Pada masa itu, wilayah ini disebut sebagai Daha hingga kemudian berubah menjadi Kadiri atau Kediri.

Wilayah ini memiliki usia 1212 tahun dan lahir pada 25 Maret 804. Usia tersebut diketahui berdasar prasasti Harinjing yang menceritakan tentang sekelompok pendeta yang memperoleh hak sima atau tanah perdikan atas daerah mereka karena berjasa membuat sebuah saluran sungai bernama Harinjing. Wilayah tersebut lah yang kelak berkembang dan dikenal sebagai Kediri.

Malang

Lima Kota Indah Paling Tua di Indonesia

Kabupaten Malang merupakan salah satu tempat di Indonesia yang juga memiliki usia di atas seribu tahun. Malang terletak di Jawa Timur dan terkenal dengan hawa yang sejuk dan merupakan pusat dari kerajaan Singosari di masa lalu. Sebelum Majapahit berkuasa, Singosari merupakan kerajaan terbesar yang berada di Jawa. Namun usia dari kota ini ternyata jauh lebih tua dari wilayah Singosari itu sendiri.

Malang memiliki usia yang sangat tua yaitu 1255 tahun. Usia tua tersebut didapatkan melalui catatan yang terdapat pada prasasti Dinoyo. pada prasasti tersebut diketahui bahwa terdapat peresmian sebuah tempat suci di sekitar Malang pada tanggal 1 Margasira 682 Saka atau sama dengan 28 November 760. Tanggal ini menjadi patokan dan catatan dari lahir dan berkembangnya wilayah Malang.

Palembang

Lima Kota Indah Paling Tua di Indonesia

Kota Palembang merupakan ibukota dari provinsi Sumatera Selatan dan memiliki usia yang sangat tua yaitu 1327 tahun. Kota ini merupakan pusat dari salah satu kerajaan terbesar di Nusantara yaitu Sriwijaya yang terkenal dengan kekuatan armada angkatan lautnya.

Usia kota Palembang sendiri didapat berdasar prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di sebuah bukit sebelah barat kota Palembang. Pada prasasti tersebut terdapat kisah mengenai pembentukan sebuah wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada tanggal 17 Juni 688. Usia tersebut sekaligus menjadikan Palembang sebagai kota tertua di Indonesia.

Baca juga : Lima Gua Alam Paling Indah di Dunia
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.