Lima Negara Paling Kaya Saat Ini di Dunia

Berkembang dan majunya sebuah negara bisa dilihat bagaimana kondisi dan sistem ekonomi yang dijalankan di negara tersebut. Negara berkembang cenderung ekonomi nya yang lambat serta masih banyak kekurangan dalam menjalankan sistem perdagangan nya. Namun berbanding terbalik dengan negara maju dimana sistem serta pengelolaan Ekonomi negara dikelola secara hati-hati dan maksimal.

Tak heran, negara berkembang walau dikaruniai kekayaan alam yang melimpah belum bisa menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakatnya. Berbeda terbalik negara negara maju, walau tidak memiliki kekayaan alam, namun sistem ekonomi yang dijalankan sangatlah wah dan hati-hati, kesejahteraan serta kesuksesan berdiri sebagai negara maju pun sudah mereka dapatkan.

Seperti yang terjadi pada negara-negara kecil berikut ini, walau kecil dan tiak memiliki kekayaan alam seperti Indonesia negara-negara ini menjelma menjadi negara kaya dengan penghasilan perkapitanya mengalahkan negara maju sekelas Amerika Serikat. Penasaran? Melansir dari Boston Consulting Group (BCG), berikut anakregular informasikan lima negara paling kaya raya dan sejahtera di dunia :

Baca juga : Lima kota tua paling indah di Indonesia

Brunei Darussalam

Lima Negara Paling Kaya Saat Ini di Dunia

Negara kecil yang telrtelak di utara pulau Kalimanatan ini merupakan satu dari banyaknya negara paling kaya di dunia. Dalam peringkatnya negara yang seluas kota Jakarta ini menempati peringkat ke-3 sebagai negara terkaya dengan PDB mencapai USD 71.185.

Adapun sumber kekayaan dan sejahteranya semua lapisan masyarakat Brunei Darussalam tak lepas dari kekayaan alamnya yakni minyak dan gas bumi yang menjadi penyumbang signifikan pertumbuhan ekonominya. Sama seperti negara produsen minyak lainnya, saat ini Brunei mulai mendiversifikasikan basis ekonominya.

Kuwait

Lima Negara Paling Kaya Saat Ini di Dunia

Sebagai negara penghasil minyak, negara kecil Kuwait masuk dalam jajaran negara terkaya di dunia. Walau luasnya tak seberapa jika di bandingkan dengan Indonesia namun kekayaan alam berupa minyak buminya sangatlah berlimpah. Bahkan hanya karena minyak bumi saja, Kuwait mencatat PDB per kapitanya mencapai USD 73.246.

Di level internasional Kuwait juga memagang penuh negara sebagai produsen minyak terbesar di dunia. Hampir 10 persen cadangan minyak dunia berasal dari Kuwait. Maka dari itu, tak heran jika pertumbuhan ekonomi negara ini mayoritas disumbang dari industri perminyakan. 95 persen ekspor kuwait juga di sumbang dari komoditas minyak. Memang minyak bisa merubah segalanya kawan.

Singapura

Lima Negara Paling Kaya Saat Ini di Dunia

Negara kecil lainnya yang mendapati predikat sebagai negara kaya dan tajir di dunia adalah Singapura. Negara kecil di dekat Batam ini tercatat memiliki pendapatan domestik bruto mencapai USD 82.763. Angka ini membuatnya naik 5 peringkat dari tahun lalu ke posisi 3. Dari mana Singapura bisa menghasilkan puluhan ribu dollar setiap tahunnya? Apakah dari minyak juga?

Ternyata basis kekayaan Singapura ialah pada industri jasa keuangan, ekspor industri kimia, dan kebijakan perekonomian liberal yang mendorong pertumbuhan dan inovasi. Walau negara nya sangat kecil dan tidak ada gunung di dalamnya, tetapi pelabuhan yang ada di Singapura merupakan pelabuhan kedua tersibuk di dunia. Nilai ekspor dari pelabuhan tersebut mencapai USD 414 miliar pada tahun 2011. Bisa dibayangkan berapa peningkatannya tahun sekarang.

Luksemburg

Lima Negara Paling Kaya Saat Ini di Dunia

Negara kaya di dunia memang di dominasi oleh negara kecil yang tak memiliki kekayaan alam tak seberapa. Negara kecil di Eropa Luksemburg namanya, mencuat menjadi negara kaya di dunia selanjutnya. Kekayaan perkapita dari masyarakat Luksemburg tercatat mencapai USD 97.662 lebih besar dari tiga negara yang sudah di sebutkan diatas. Angka ini juga telah membuat negara kecil di benua biru menempati posisi kedua sebagai negara terkaya di dunia.

Lantas dari mana penghasilan besar tersebut didapatkan? Penasaran bukan. Ternyata yang menjadi tulang punggung perekonomian Luksemburg ialah indusrti keuangannya. Selain itu, pemerintah Luksemburg sangat berhati-hati dalam menetapkan kebijakan fiskal, perindustrian dan baja. Perbankan menjadi industri terbesar di negara tersebut. Di mana total asetnya tercatat mencapai USD 1,24 triliun.

Qatar

Lima Negara Paling Kaya Saat Ini di Dunia

Terakhir negara yang duduk manis di peringkat pertama sebagai jutawan dunia adalah Qatar, negara kecil dari timur tengah ini menjadi kaya raya berkat kekayaan minyak bumi yang dimilikinya. Karena minyak bumi pula lah produk domistik bruto (PDB) perkapita negara ini mencapai USD 140.649. Waw sangat besar sekali. 

Minyak bumi yang ada di Qatar merupakan minyak bumi terbesar di dunia. Bahkan minyak bumi telah menyumbang 70 persen penerimaan negara, 60 perses PDB dan 85 persen hasil ekspor. Berkat kekayaan dan kedigdayaan perekonomian, Qatar sukses terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Qatar menjadi negara Arab pertama yang mampu menjadi tuan rumah pagelaran akbar sepak bola dunia ini.

Baca juga : Lima perbatasan negara paling indah di dunia

Itulah kawan anakregular lima negara maju yang menduduki sebagai negara kaya di dunia. Dengan segala upaya dan sistem ekonomi negara yang dikelola dengan baik negara-negara diatas bisa menjadi negara yang sangat kaya dan terkenal. Semoga Indonesia bisa seperti mereka yah,..

t;/noscript>

loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.