Lima Negara Tanpa Laut Tapi Memiliki Angkatan Laut Yang Hebat

Banyak negara di dunia ini yang merdeka dengan luas wilayah yang sangat beragam. Ada yang memiliki luas wilayah sangat besar seperti China, Amerika, dan Kanada. Ada juga yang memiliki luas wilayah tak seberapa seperti Singapura dan Srilangka. Namun semuanya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Seperti yang kita punya Indonesia tercinta.

Sudah sepatutnya kita bersyukur karena Indonesia di anugrahi begitu banyak keanekaragaman. Luar wilayah Indonesia pun sangatlah besar terlebih Laut dan daratan Indonesia punya. Maka dari itu kekayaan alam Indonesia sudah pasti sangat berlimpah. Tak seperti negara-negara berikut ini.

Berada di tengah-tengah negara lainnya dan dibatasi oleh gunung-gunung yang menjulang. Negara berikut ini tidak memiliki lautan yang notabenya selalu digunakan untuk pengangkutan barang. Negara seperti Laos, Paraguay dan Bolivia merupakan negara dimana tidak ada lautan didalamnya.

Meski begitu negara-negara yang dijuluki Landlock Country ini ternyata mempunyai angkatan laut yang sangat kuat. Walau tidak ada lautan dimana angkatan laut ini bekerja. Berikut anakregular informasikan lima negara tanpa laut yang memiliki angkatan laut paling kuat di dunia. Silahkan disimak kawan..

Baca juga : Negara Terkaya dan termakmur di dunia

Angkatan laut Kazakhstan

Lima Negara Tanpa Laut Tapi Memiliki Angkatan Laut Yang Hebat

Kazakhstan merupakan sebuah negara di asia tengah yang tidak memiliki lautan yang dan diapit oleh banyaknya negara di perbatasan. Meskit tak memiliki laut negara ini ternyata memiliki Angkatan Laut yang beroperasi di Laut Kaspia. Angkatan Laut ini berdiri secara resmi pada tahun 2003. Hingga hari ini jumlah personel Angkatan Laut dari negara ini mencapai 3.000 orang. Semua berjaga-jaga di sepanjang Laut Kaspia agar tak ada penyusup masuk lewat perairan.

Saat ini Kazakhstan miliki satu kapal dengan senjata misi. Lalu 12 kapal perang besar yang mampu mengangkut banyak sekali pasukan. Untuk memperkuat wilayah lautan ini, Kazakhstan juga memiliki dua jet tempur Sukhoi Su-27 yang merupakan pesawat jet tempur buatan Rusia.

Angkatan Laut Paraguay

Lima Negara Tanpa Laut Tapi Memiliki Angkatan Laut Yang Hebat

Paraguay adalah negara tetangga dari Bolivia dan sama-sama menjadi negara landlock. Hanya saja Paraguay masih memiliki akses ke laut lepas melalui sungai yang mereka miliki. Akses ini memberikan mereka kemudahan untuk belajar ke Samudra Pasifik yang sangat luas di sekitar Amerika Selatan. Mereka biasanya ke laut melalui jalur Sungai Parana yang dikenal sangat lebar dan panjang.

Saat ini ada sekitar 2.000 personel aktif Angkatan Laut yang dimiliki oleh Paraguay. Mereka bertugas untuk melakukan patroli di sekitar Sungai Paraguay dan Parana. Untuk acara tertentu mereka akan berlayar menuju lautan. Biasanya para tentara melakukan latihan tempur atau sekadar mengawal kapal barang dari Paraguay menuju laut lepas.

Angkatan Laut Azerbaijan

Lima Negara Tanpa Laut Tapi Memiliki Angkatan Laut Yang Hebat

Azerbaijan sebenarnya memiliki wilayah lautan yaitu Laut Kaspia. Hanya saja laut itu adalah laut mati yang secara alami tidak memberikan akses ke laut lepas. Akibatnya Azerbaijan harus menjadi negara landlock yang ada di tengah-tengah benua Asia. Kapal-kapal tempur yang mereka miliki akhirnya hanya bisa digunakan di Laut Kaspia yang memiliki kadar garam sangat tinggi itu.

Saat ini Azerbaijan memiliki sekitar 5.000 personel Angkatan Laut aktif. Mereka juga didukung dengan 31 kapal besar dan 6 pesawat tempur yang siap mengamankan perairan Azerbaijan. Kapal-kapal yang dimiliki oleh Azerbaijan baik beli atau pun hadiah biasanya dilewatkan Volga-Don Canal yang memiliki panjang 101 km.

Angkatan Laut Bolivia

Lima Negara Tanpa Laut Tapi Memiliki Angkatan Laut Yang Hebat

Bernasib sama dengan Paraguay di Amerikan, Bolivia adalah satu dari beberapa negara di Amerika Selatan yang tidak memiliki wilayah samudra. Negara ini terjepit di antara Peru dan Chili hingga tidak memiliki akses ke Samudra Pasifik. Apalagi setelah konflik yang terjadi pada tahun 1963 silam antara Bolivia dan Chili. Negara ini akhirnya menjadi landlock dan tak bisa diubah lagi.

Meski Tak memiliki akses ke Samudra Pasifik. Bolivia masih memiliki Angkatan Laut yang cukup kuat. Mereka biasanya melakukan patroli di Danau Titicata dan Sungai Bolivia yang sangat panjang. Setidaknya 5.000 personel dipersiapkan untuk melindungi kawasan negara. Pembentukan Angkatan Laut adalah simbol pantang menyerah dari Bolivia agar memiliki akses ke Samudra Pasifik.

Angkatan Laut Laos

Lima Negara Tanpa Laut Tapi Memiliki Angkatan Laut Yang Hebat

Laos adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki akses menuju lautan. Negara ini terjepit di antara Vietnam, Kamboja, da Thailand. Akses menuju ke Laut Cina Selatan atau pun Laut Andaman benar-benar tertutup. Meski demikian negara ini tak menyerah dan tetap membangun Angkatan Laut meski bertugas di Sungai Mekong.

Sungai Mekong adalah salah satu jalur lalu lintas penting dalam perdagangan di Laos dan negara di sekitarnya. Banyak sekali kapal barang yang mengaku peti kemas masuk lalui jalur ini. Itulah mengapa Laos terus melakukan penjagaan dengan sangat ketat. Mereka tidak ingin negaranya kemasukan hal-hal mengerikan dari sungai yang mengalir juga di Tiongkok, Myanmar, dan Vietnam.

Baca juga : Lima negara paling sengsara di dunia

Nah, itulah kawan sekiranya lima negara tanpa lautan namun memiliki angkatan laut yang cukup kuat. Soal keamanan negara mungkin itu adalah yang terpenting tidak ada kata tidak untuk membela negara dan tidak ada kata menyerah untuk perjuangan negara.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.