Lima Perempuan Hebat Yang Berjasa Di Bidang Ilmu Pengetahuan

Tanggal 8 maret merupakan salah satu tanggal yang paling berharga bagi para wanita seluruh dunia. Tanggal tersebut juga dikenal sebagai hari perempuan internasional. Dunia memberikan apresiasi yang sangat besar terhadap peran dan juga pengorbanan kaum hawa dalam membangun peradaban termasuk dalam perkembangan di bidang science dan teknologi. 

Sejarah mencacat, sudah banyak sekali perempuan di masa lalu hingga sekarang ini yang telah memberikan semangat hidupnya untuk melakukan sebuah penelitian yang bermanfaat bagi banyak orang. Banyak sosok wanita yang telah memberikan kontribusi sangat besar dan berpengaruh pada perkembangan ilmu pengetahuan.

Dengan segala yang mereka miliki, dan kecintaannya akan dunia penelitian dan pendidikan mereka telah menjadi perubah dunia yang patut kita kenang. Penasaran? Berikut adalah lima perempuan hebat yang berjasa pada perkembangan ilmu pengetahuan dunia :

Baca juga : empat youtuber wanita muda paling cantik di Indonesia

Prof Elizabeth Anita Widjaja Ahli Taksonomi Bambu di Indonesia

Lima Perempuan Hebat Yang Berjasa Di Bidang Ilmu Pengetahuan

Guru besar LIPI di bidang ilmu biologi ini dikenal sebagai satu-satunya ahli taksonomi bambu dari Indonesia. Perempuan 62 tahun tersebut memang sangat mencintai bambu. Bahkan, lebih dari separo hidupnya diabdikan untuk meneliti tanaman multiguna tersebut. 

Berkat kerja kerasnya, Elizabeth berhasil menemukan 80 varian dari 160 jenis bambu di Indonesia. Elizabeth pun diganjar beberapa penghargaan karena kecintaannya pada profesinya sebagai peneliti bambu Indonesia.

Dua kali Elizabeth meraih penghargaan The Best Scientist in LIPI dan dua kali mendapat penghargaan Satyalancana Karya dari pemerintah. Selain itu, dia memperoleh penghargaan Bintang Jasa Utama dari Presiden Abdurrahman Wahid dan Harsberger Medal dari Society of  Ethnobotanists, India. 

Sejauh ini Elizabeth memang satu-satunya ahli taksonomi bambu di Indonesia. Dia pun mendapat julukan doktor bambu Indonesia. 

Fatimah Al-Fihri Muslimah Pendiri Universitas Tertua

Lima Perempuan Hebat Yang Berjasa Di Bidang Ilmu Pengetahuan

Kisah keteladannya akan tetap dikenang sepanjang masa. Cerita tentang kedermawanan, kesahajaan, dan komitmen melaksanakan ajaran-ajaran agama akan selalu diingat, persis seperti keyakinannya soal sedekah jariyah yang pahalanya mengalir meski hayat tak lagi di kandung badan. 

Fatimah al-Fihri memutuskan mewakafkan sebagian besar harta warisannya yang ia terima dari almar hum ayahnya, Muhammad al- Fihri, untuk mendirikan Masjid al- Qarawiyyin. Sebuah masjid yang kelak menjadi cikal bakal universitas pertama di Maroko dan dunia Islam.

Adapun pembangunan al-Qarawiyyin rampung pada awal Ramadhan 245 H atau bertepatan dengan 30 Juni 859 M. Fatimah yang bergelar Umm al- Baninin mengawasi langsung proses pembangunan masjid yang terkenal pula dengan sebutan Jami’ as-Syurafa’ sejak awal. Mulai dari pemilihan lokasi hingga soal arsitekturnya.

Terkait lokasi masjid, Fatimah me nyadari sepenuhnya arti kota Fes, Maroko. Letaknya yang sangat strategis memungkinkan para sarjana dan cendekiawan Muslim datang di masjid itu. Fes merupakan kota berpengaruh sepanjang abad dan berposisi sebagai pusat agama dan budaya.

Di tangan Fatimah, proses pembangunan masjid yang berdiri pada masa pemerintahan Dinasti Idrisiyah tersebut penuh dengan kisah-kisah spiritual. Konon, Fatimah berpuasa selama pembangunan berlangsung. Seluruh biayanya berasal dari kantong pribadinya. 

Bahkan, ia tak ingin meng ambil material apa pun yang diambil dari orang lain. Pasir dan air sebagai material pokok diperoleh di lokasi tempat masjid berdiri tegak. Se perti yang dinukilkan, Fatimah me merintahkan para pekera agar menggali sedalam-dalamnya untuk mendapatkan pasir sehingga tidak mengambil hak orang lain.

Virginia Apgar pendiri bidang neonatologi

Lima Perempuan Hebat Yang Berjasa Di Bidang Ilmu Pengetahuan

Virginia Apgar adalah seorang dokter wanita Amerika Serikat. Dia adalah ahli di bidang anastesi, teratologi dan pendiri bidang neonatologi. Bagi khayalak ramai dia terkenal sebagai penemu metode penentuan kesehatan bayi yang baru lahir yang dikenal sebagai Skor Apgar. Hasil penemuan ini telah mengurangi jumlah kematian bayi di seluruh dunia.

Apgar lulus dari pendidikan di Mount Holyoye College pada tahun 1929 dan kemudian dari Columbia University College of Physician & Surgeon pada tahun 1933. Virginia menyelesaikan residency sebagai dokter bedah pada tahun 1937. 

Walaupun demikian dia tidak disarankan untuk mempraktekan pembedahan oleh Dr. Allen Whipple. Pada tahun 1938 ia menempuh pendidikan dalam bidang anestesia dan kembali ke Columbia pada tahun 1938 sebagai direktur departemen anestesia.

Pada tahun 1949 Virginia Apgar menjadi wanita pertama yang dianugerahkan gelar profesor di Columbia University P&S. Pada tahun 1953 dia mengenalkan tes pertama yang dikenal sebagai Skor Apgar bagi bayi yang baru lahir. 

Dalam test itu dicatat kondisi bayi 1 menit, 5 menit dan 10 menit setelah lahir. Apgar tidak pernah menikah, dan meninggal pada 7 Agustus 1974 di Columbia-Presbyterian Medical Center.

Jewel Plummer Cobb Peneliti Sel Kanker dan Ahli Biologi

Lima Perempuan Hebat Yang Berjasa Di Bidang Ilmu Pengetahuan

Jewel Plummer Cobb lahir pada 17 Januari 1924, ia merupakan seorang ahli biologi dari Amerika yang ahli pada penelitian kanker, dan administrator akademik selama hidupnya. Dia menjabat sebagai presiden California State University, Fullerton pada tahun 1981-1990.

Penelitian Jewel Cobb terfokus pada kanker kulit dan khususnya kemampuan melanin untuk melindungi kulit dari kerusakan. Dia juga meneliti bagaimana hormon, sinar ultraviolet, dan obat-obat kemoterapi dapat menyebabkan perubahan dalam pembelahan sel. 

Banyak pekerjaan yang dilakukan saat dia di fakultas di Universitas Illinois 1952-1954 di mana dia mengarahkan Laboratorium Kultur Jaringan, serta di New York University from1956 hingga 1960, dan Sarah Lawrence College antara tahun 1960 dan 1969. 

Roxi Collie Laybourne

Lima Perempuan Hebat Yang Berjasa Di Bidang Ilmu Pengetahuan

Sejarah perempuan ini dikenal cukup unik karena dianggap sebagai pionir teknik aeronautical sekaligus avian patologis. Risetnya berhasil menghindari terjadinya kecelakaan pesawat terbang karena kerusakan mesin yang disebabkan oleh burung.

Roxie sangat berjasa atas penelitian yang telah dilakukannya yakni tentang ilmu burung forensik, dimana dalam penelitiannya ia mengidentifikasi unggas yang mati pada saat bertabrakan dengan sebuah pesawat terbang. Beberapa kecelakaan pesawat di masa lalu memang disebabkan oleh serangan burung (tabrakan antara burung dan pesawat).

Namun dengan ilmu burung forensik ini kecelakaan pesawat bisa diminimalisir serta meningkatkan keselamatan melalui penggunaan data burung, dengan membuat modifikasi untuk rencana penerbangan dan menciptakan program untuk menakut-nakuti burung di beberapa bandara.

Baca juga : Lima Wanita Hebat yang jadi Presiden wanita pertama di negaranya

Nah, itulah kawan anakregular sekiranya lima wanita hebat yang berjasa besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan di dunia. Semoga semua jasa yang telah mereka berikan bisa menjadi suatu yang amal yang baik bagi mereka.

Dan juga kisah mereka bisa menjadi inspirasi bagi kita semua untuk bisa berkarya dan bisa menjadi manusia yang bisa memberikan perubahan bagi dunia.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.