Lima Proyek Teknologi Paling Canggih Yang Gagal di Buat

Perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi tak pernah lepas dari kegiatan bernama pembangunan. Pembangunan merupakan salah satu kegiatan sosial yang hampir selalu dilakukan oleh setiap negara di dunia. Setiap harinya berbagai rancangan proyek entah itu bangunan atau pun insfrastruktur terus dibuat dalam rangka membangun negara yang maju dan sejahtera.

Bahkan untuk merealisasikan atau membuat sebuah proyek menjadi kenyataan pemerintah tak tanggung-tanggung mengeluarkan banyak biaya agar proyek pembangunan tersebut benar-benar terjadi. Salah satu contoh yang sedang gencar melakukan pembangunan terus menerus adalah negara-negara di Timur Tengah, dengan dana yang tak terbatas beragam proyek super megah terus di geluti, dan hasilnya begitu luar biasa.

Akan tetapi tak semua negara memiliki kekuatan finansial yang hebat layaknya negara-negara di Timur Tengah. Walau mempunyai proyek super canggih namun tidak ada dana yang memadai proyek tersebut tak pernah terjadi dan hilang begitu saja. Padahal jika benar-benar terjadi bukan tak mungkin negara tersebut akan menjadi negara paling maju di dunia.


Proyek Ville Contemporaine (Prancis)

Lima Proyek Teknologi Paling Canggih Yang Gagal di Buat

Jauh sebelum teknologi berkembang seperti sekarang ini, pada tahun 1922 Prancis sempat menghebohkan dunia dengan mega proyek fantastisnya. Rencananya negara tempat menara Eiffel berdiri tersebut akan membangun sebuah kawasan elit yang mampu menampung sekitar 3 juta penduduk. Kawasan Elit tersebut dinamakan Ville Contemporaine.

Dalam rencananya kawasan tersebut akan memiliki fasilitas nomor wahid serta berbagai gedung pencakar langit akan dibangun dikawasan tersebut. Namun apa yang terjadi? Sebagaimana yang kita ketahui, hingga saat ini Ville Contemporaine tak kunjung berdiri. Menurut beberapa sumber, beberapa tahun pasca pembuatan pertama kali proyek Ville Contemporaine, pembangunan mega proyek ini berhenti begitu saja dan tidak diketahui penyebabnya.

Proyek Lahan Gambut Sejuta Hektar (Indonesia)

Lima Proyek Teknologi Paling Canggih Yang Gagal di Buat

Walau masih berstatus sebagai negara berkembang dan masih awam dalam urusan teknologi Indonesia ternyata memiliki banyak rencana dalam hal membangun sebuah proyek. Dan hal ini sudah terealisasi sejak lama, namun dalam pelaksanaannya tidak ada yang benar-benar terjadi. Salah satunya proyek Lahan Gambut Sejuta Hektar.

Sekitar tahun 1984, di Kalimantan tengah telah dibuka lahan gambut yang memiliki luas hampir satu juta hektar. Proyek ini ditujukan untuk mempertahan kan swasembada beras yang ada di Indonesia. Sayangnya, bukannya menguntungkan masyarakat Indonesia, proyek ini justru memberikan dampak negatif baik dari sisi ekonomi maupun sosial. Hingga akhirnya mega proyek lahan gambut resmi diberhentikan setelah terbitnya keppres nomor 80 tahun 1990.

Proyek Palace of Soviets (Rusia)

Lima Proyek Teknologi Paling Canggih Yang Gagal di Buat

Konon, apabila gedung ini berhasil dibuat, maka Palace of Soviets akan dinyatakan sebagai bangunan tertinggi sejagad raya. Gedung pencakar langit tersebut dicetuskan pertama kali oleh Boris Iofan’s. Setelah mendapat persetujuan dari berbagai pihak, pembangunan gedung ini mulai dibuat di tahun 1937.

Ironisnya, beberapa tahun kemudian Jerman melakukan invasi di berbagai daerah di Rusia. Palace of Soviets yang telah dibuat setengah jalan terkena dampaknya. Gedung tersebut akhirnya tidak jadi diteruskan sementara bahan-bahannya justru di sumbangkan untuk pembuatan jembatan.

Proyek Shimizu Mega-City Pyramid (Jepang)

Lima Proyek Teknologi Paling Canggih Yang Gagal di Buat

Mendengar kata piramida, pasti yang terlintas di pikiran adalah negara Mesir. Sayangnya, proyek megah ini tidak berlokasi di Mesir, melainkan berada di Jepang. Negara adidaya tersebut ingin membuat sebuah piramida yang besarnya 12 kali lipat dibandingkan dengan aslinya. Nantinya tempat ini diharapkan mampu menampung sekitar 750.000 manusia. Meskipun rencana dan desainnya cukup menarik, pada akhirnya mega proyek ini belum terwujud. Susahnya mencari bahan kuat namun ringan yang menjadi alasan gagalnya Shimizu Mega-City Pyramid.

Proyek Lift luar angkasa (Amerika Serikat)

Lima Proyek Teknologi Paling Canggih Yang Gagal di Buat

Selain berkecimpung di dunia maya, Google ternyata mulai mengembangkan sayapnya di berbagai bidang. Salah satu rencana Google yang cukup mengejutkan adalah pembuatan lift menuju ke luar angkasa. Mereka menginginkan sebuah lift yang mampu mengangkut manusia di bumi sampai ke luar angkasa. Seiring berjalannya waktu, proyek ini mulai menemui kendala. Penyebabnya adalah konstruksi yang tidak memadai. Selain itu, sulitnya mencari bahan kokoh dan ringan yang membuat proyek ini pada akhirnya harus dihentikan.

Referensi artikel : http://www.bacatulisan.com/2016/03/inilah-5-mega-proyek-yang-akhirnya-gagal-di-tengah-jalan.html

Baca lagi : Lima penemuan hebat nenek moyang Indonesia paling fenomenal
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.