Negara Maju Yang Punya Hutang Luar Negeri Terbesar di Dunia

Hutang merupakan salah satu masalah sosial yang sering membuat hidup banyak orang tercekik. Hutang bisa menjadi suatu penyakit sosial dimana ia bisa menjadi racun yang sangat mematikan. Jika seseorang sudah terlilit oleh hutang maka kehidupan pun tidak akan bebas. Hutang ada untuk di bayar, semakin kita lama membayar hutang maka tagihan nya pun akan semakin bertambah.

Karena itu mau tak mau ketika hutang sudah menjadi daging, maka tidak ada waktu untuk bersantai. Memang dengan hutang uang bisa dengan mudah di dapatkan. Namun untuk berhutang cobalah untuk berpikir lebih jernih kembali. Jangan sampai kita berhutang dikala kita tidak memiliki penghasilan tetap untuk melunasinya.

Hutang juga tidak selalu menghampiri orang-orang susah saja, nyata sekelas negara pun tak luput dari yang namanya hutang. Tentu kita masih ingat dengan kejadian 1998, dimana kiris ekonomi Indonesia yangs saat ini sudah di ujung tanduk dan membuat pemerintah harus berhutang ke luar negeri. Jika dulu negara Indonesia tidak berhutang mungkin saat ini kita akan sudah menjadi rakyat yang melarat.

Memang hutang dapat membantu menyelesaikan masalah, akan tetapi hutang juga bisa membuat masalah baru yang lebih besar dan serius. Hutang bisa menghampiri siapa saja, baik orang kaya atau pun miskin hutang bisa saja mereka lakukan. Tentu kita berpikir orang kaya tak mungkin punya hutang, padahal sesungguhnya hutang yang dimiliki orang kaya lebih besar dari orang miskin.

Begitu pula sebaliknya, negara maju di dunia tak mungkin punya hutang ke luar negeri. Padahal fakta nya negara majulah yang memiliki hutang paling besar ketimbang dari negara-negara berkembang di dunia. Tak percaya? Berikut adalah ulasan singkat dari negara-negara maju di dunia baik Asia, Eropa, dan Amerika dengan jumlah utang luar negeri terbanyak di dunia. Silahkan disimak :

Belanda

Negara Maju Yang Punya Hutang Luar Negeri Terbesar di Dunia

Negara maju pertama yang masuk dalam jajaran negara dengan hutang paling gila di dunia adalah Belanda. Negara kecil di Eropa ini merupakan mantan yang telah merusak Indonesia di masa lalu. Bukan mantan dalam artian kekasih namun mantan penjajah yang telah mengeruk dan mencuri apa yang dimiliki Indonesia di masa lalu. 

Memang dimasa lalu negara kecil ini memiliki pengaruh yang besar terhadap dunia. Namun siapa sangka untuk saat ini negara yang terkenal dengan nama "Van" nya ini justru punya hutang luar negeri yang jauh lebih banyak ketimbang Indonesia.

Ya, Belanda kini harus berpusing ria karena mereka terlilit hutang sebesar $2,4 triliun. Jumlah ini berkali-kali lipat dari jumlah GDP mereka. Jika tren ini terus berjalan, mungkin saja Belanda bisa mengalami hal-hal buruk. Misalnya seperti Yunani yang pailit gara-gara sudah tidak mampu membayar hutangnya lagi.

Jepang

Negara Maju Yang Punya Hutang Luar Negeri Terbesar di Dunia

Siapa sangka Jepang termasuk salah satu negara dengan jumlah utang terbesar di dunia. Mungkin kita juga tidak akan percaya bukan? Yang kita tahu Jepang merupakan negara maju dengan teknologi yang super canggih. Apalagi Jepang telah banyak memberi bantuan kepada negara kita, rasanya tidak mungkin bukan negara dengan hutang tinggi memberi bantuan kepada negara yang memang memerlukan dana besar?

Namun, dalam kenyataannya Jepang memang masuk dalam negara dengan jumlah hutang terbanyak, bahkan lebih banyak dari China yang hanya punya hutang negara sebesar $1,6 Triliun. Meskipun jumlahnya segila itu, tapi nyatanya bukanlah Tiongkok negara Asia dengan hutang terbesar. Negara tersebut justru adalah Jepang.

Ya, negara matahari terbit ini memiliki hutang hampir $2,8 triliun. Penggunaannya, konon untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi negerinya, serta pembiayaan-pembiayaan penting lain. Jumlah ini sebenarnya sudah berkurang cukup jauh dibanding beberapa tahun lalu. Meskipun banyak hutangnya, namun jika dikomparasikan dengan GDP-nya, nilai hutang ini hanya sekitar 60 persen saja.

Jerman

Negara Maju Yang Punya Hutang Luar Negeri Terbesar di Dunia

Siapa yang menyangka di balik greget dan powerful-nya Jerman, negara ini ternyata memiliki hutang luar negeri yang bisa dibilang banyak sekali. Jumlahnya sendiri hampir-hampir sama seperti hutang luar negeri Perancis yakni sekitar $5,5 triliun.

Jumlah hutang ini hampir satu setengah kali lebih besar dari GDP Jerman. Alhasil, negara ini juga bisa dibilang tidak benar-benar aman. Meskipun demikian, Jerman adalah negara pemberi kredit yang aktif. 

Salah satunya ya Indonesia yang konon masih punya hutang kepada Jerman sebesar hampir Rp 20 triliun atau sekitar 2,7 persen dari total hutang luar negeri Indonesia.

Prancis

Negara Maju Yang Punya Hutang Luar Negeri Terbesar di Dunia

Perancis jadi negara maju dari eropa yang memiliki hutang terbanyak di dunia. Jumlahnya sendiri $5,7 triliun. Alokasi penggunaan hutang yang besar ini juga sama seperti banyak negara lain. Misalnya untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi dalam negeri, sampai digunakan untuk belanja kebutuhan negara yang urgent.

Hutang ini sendir jumlahnya hampir 222 persen GDP Perancis. Artinya Perancis mungkin butuh waktu yang cukup lama untuk melunasinya karena jumlahnya beberapa kali lipat dari kekayaan negara mereka. Uniknya, Indonesia sendiri memiliki hutang sekitar Rp 24 triliun kepada negara menara Eiffel ini..

Amerika Serikat 

Negara Maju Yang Punya Hutang Luar Negeri Terbesar di Dunia

Terakhir negara dengan pemilik hutang besar adalah Amerika Serikat. Jumlahnya sendiri tak tanggung-tanggung yakni sekitar $18,7 triliun. Jumlah yang sangat-sangat gila tentu saja, bahkan kalau dikonversi ke Rupiah sudah jebol kalkulator menghitungnya. Lalu, kenapa bisa negara sehebat Amerika punya hutang yang sedemikian besar?

Amerika adalah negara besar, maka agar negara sebesar ini bisa tetap berjalan segala sesuatunya, AS butuh modal yang besar pula. Alhasil, hutang luar negerilah yang jadi solusinya. Faktor lainnya, mungkin pemerintah sana tengah gencar melakukan belanja-belanja besar-besaran untuk mendongkrak stabilitas negara. 

Mungkin untuk membiaya alutsista dan sebagainya. Meskipun banyak hutang, Amerika nampak masih sangat jumawa. Padahal harusnya ini bisa membuat mereka klenger.

Nah, itulah kawan sekiranya lima negara maju yang memiliki hutang terbanyak di dunia. Semoga bisa menjadi pengetahuan baru, dan bisa menjadi pelajaran bagi kita untuk bisa menjadi kehidupan tanpa harus punya hutang.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.