Pelaksanaan Ujian Paling Ekstrim di Dunia

Ujian merupakan salah satu kegiatan atau cara yang sering dilakukan oleh berbagai instansi guna memberikan penilaian atau mengetahui kemampuan seseorang melalui sebuah tes. Seperti halnya yang sering dilakukan oleh instansi sekolah dimana untuk memberikan penilaian atau menentukan seorang murid lulus dan naik kelas, ujian selalu diberlakukan disetiap akhir semester.

Nah,  berbicara tentang ujian tentu kita mengenal istilah "Mencontek". Karena terbilang susah atau karena tidak tahu menahu tentang materi yang akan di ujiankan, biasanya para siswa akan membuat contekan yang mana bisa digunakan saat ujian sedang berlangsung.

Namun sebaliknya, pihak sekolah pun sudah menyiapkan cara guna meminimalisir murid yang akan mencontek. Biasanya pihak sekolah akan menaruh beberapa pengawas di dalam kelas di mana ujian sedang dilaksanakan. Bahkan jika harus dilakukan dan ingin mendapatkan hasil yang murni tanpa kecurangan pihak sekolah pun akan melakukan peraturan yang ketat saat ujian sedang berlangsung.

Seperti yang dilakukan oleh beberapa instansi berikut ini, karena tidak mau ada siswanya yang curang saat sedang ujian mereka di berikan aturan-aturan yang sangat ekstrim, seperti tidak boleh memakai kutang dan harus bertelanjang dada saat melaksanakan ujian.

Seperti apa kegiatan ujiannya, berikut adalah lima pelaksanaan ujian paling ekstrim di dunia, karena nya tidak akan ada siswa yang mau menyontek di dalamnya :

Tentara India diharuskan nyaris bugil buat ikut ujian

Pelaksanaan Ujian Paling Ekstrim di Dunia

Pelaksanaan ujian paling ekstrim pertama di dunia datang dari sekolah militer di negara India. Dimana dalam melakukan penyaringan siswa baru sebuah ujian tak biasa dilakukan di luar lapangan tanpa baju dan alas buku dibawahnya.

Karenanya untuk menghindari perbuatan curang mencontek diterapkan militer India dalam melakukan ujian penyaringan masuk Angkatan Darat. Calon taruna (catar) yang mengikuti tes tertulis menghampar di lapangan luas dan bukan di dalam kelas tanpa sehelai benang pun, kecuali celana dalam.

Bertempat di Bihar Muzaffarpur, ratusan catar mengerjakan dengan serius soal-soal mereka. Reaksi luar biasa justru datang bukan dari para catar, melainkan netizen, termasuk menteri pertahanan India sendiri yang menanyakan langsung kepada Panglima Militer Jendral Dalbir Singh Suhaag.

Menurut keterangan resmi militer India, hal ini dapat meredam kemungkinan para catar menyembunyikan contekannya yang disimpan di dalam baju mereka. Netizen yang tidak sepaham dengan cara ini mengeluhkan kenyamanan catar dalam menjawab soal-soal ujian.

Sekolah ini gelar ujian di tempat terbuka guna hindari mencontek

Pelaksanaan Ujian Paling Ekstrim di Dunia

China memang tidak habis akal dalam mencegah praktik kecurangan. Sebuah fenomena unik ditunjukkan sebuah sekolah di China yang menggelar pelaksanaan ujian sekolah berlatarkan hutan terbuka.

Sebuah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Henan dengan 800 orang murid kelas 8 secara serempak mengerjakan ujian di area seluas 3.000 meter persegi di Kota Xinxiang.

Diketahui pada nulan sebelumnya, tepatnya April, sebanyak 1.700 siswa melakukan hal serupa. Bedanya latar tempat terbuka dihelat di lapangan luas di sekolah mereka di Yichuan County, Provinsi Shaanxi.

Diketahui kedua langkah ini ditempuh guna mengurangai potensi kecurangan seperti mencontek, dan saling bekerja sama selama ujian berlangsung.

Cegah nyontek, China pakai drone buat awasi ujian siswa

Pelaksanaan Ujian Paling Ekstrim di Dunia

Kementerian Pendidikan China Senin lalu mengerahkan sebuah pesawat tanpa awak alias drone untuk melacak sinyal ponsel di lokasi ujian masuk perguruan tinggi negeri Senin lalu. Ponsel siswa bisa digunakan buat menyontek saat ujian.

Drone seharga puluhan ribu dolar itu mampu mengudara setinggi 1.600 kaki di atas tanah. Ujian masuk perguruan tinggi negeri di China ini cukup menentukan nasib para peserta untuk masa depan mereka dalam mencari kerja nanti.

Sejak Mei lalu Kementerian Pendidikan China sudah menangkap 23 siswa yang mencoba menyontek dalam ujian. Hukuman bagi para penyontek adalah larangan mengikuti ujian selama tiga tahun. Sekitar 9,5 juta siswa China mengikuti ujian masuk perguruan tinggi pada Senin lalu.

Kampus di Thailand bikin alat anti nyontek

Pelaksanaan Ujian Paling Ekstrim di Dunia

Universitas Kasetsart, Thailand, membuat alat sederhana anti nyontek dan menyuruh mahasiswa mereka memakainya. Ini demi mendukung kejujuran dalam ujian.

Ide ini datang dari seorang profesor bernama Nattadon Rungruangkitrai tersohor di Negeri Gajah Putih itu. Dia prihatin dengan tingginya kasus mencontek di kalangan kampus.

Saat foto mahasiswa mengenakan alat anti contek itu beredar di jejaring sosial mereka jadi bahan tertawaan oleh banyak media. Ini sebabnya kebijakan itu berhenti sementara.

Rungruangkitrai merasa perlu menjelaskan idenya itu hanya untuk meningkatkan konsentrasi. Ide itu muncul setelah berdiskusi dengan sejumlah mahasiswa demi mendapat upaya mencegah mereka nyontek.

Sementara seorang pakar pendidikan dari Universitas Chulalongkorn bernama Somphong Chitradub mendukung kebijakan ini. Dia mengatakan mahasiswa harus belajar menghargai diri mereka dan sadar ujian sambil mencontek bukan hal yang bisa dibanggakan.

Hindari mencontek, murid perempuan China dilarang pakai kutang

Pelaksanaan Ujian Paling Ekstrim di Dunia

Murid perempuan di Provinsi Jilin, China dilarang memakai kutang selama ujian. Ini lantaran kutang sering digunakan dalam aksi mencontek.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, murid masuk ke kelas demi mengikuti ujian diperiksa dengan alat pendeteksi logam. Alat ini berbunyi saat ada benda logam, termasuk kutang berkawat, dan ponsel bisa juga untuk berbuat kecurangan. Mereka terkena pemeriksaan tidak diizinkan ikut ujian.

Para murid yang ditubuhnya ditanam logam seperti alat sambung anggota tubuh harus membawa surat dokter. Para guru menyarankan murid-muridnya untuk tidak mengenakan apapun dari logam. Mereka dianjurkan memakai celana karet dibanding jins, selain itu penggunaan kutang tanpa kawat diperbolehkan namun jarang sekali perempuan China memakainya.

Tahun lalu polisi menahan sekitar 1.500 murid ketahuan nyontek dan mencuri kertas ujian. Para orang tua murid mengaku kaget dengan peraturan ini. Menurut mereka ini tidak masuk akal dan malah membuat anak-anaknya tambah frustasi menghadapi ujian.

Nah, itulah kawan anakregular sekiranya lima cara ekstrim yang dilakukan saat pelaksanaan ujian. Dengan berbagai cara diatas dijamin pelaksanaan ujian akan bersih dan terhindar dari kegiatan yang bernama menyontek.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.