Presiden Dengan Masa Jabatan Terlama di Dunia

Presiden adalah orang nomor satu yang dipilih langsung oleh rakyat di sebuah negara yang menganut paham republik. Karenanya setiap lima tahun sekali selalu ada acara pemilihan dimana beberapa calon presiden baru akan mencalonkan diri dan siap menggantikan presiden terdahulu. Terlebih jika melihat kinerja presiden terdahulu yang kurang memuaskan peluang menang para calon baru akan semakin terbuka.

Namun dalam kasus yang berbeda ternyata dibeberapa negara ternyata ada sosok para presiden yang telah berkuasa lebih dari beberapa dekade. Mereka menjadi orang no satu di negara mereka berada lebih lama dari yang seharusnya. Entah apa yang membuat mereka begitu lama menduduki kursi pemerintahan di negaranya. Bahkan dunia menyebut mereka sebagai diktator yang ada di era modern.

Ada beberapa faktor yang membuat presiden abadi menguasai sebuah negara. Antara lain, pengaruh politiknya terlanjur kuat, memiliki kroni hingga akar rumput, serta menerapkan pemerintahan tangan besi, membuat rakyatnya tidak berani membantah.

Seperti yang terjadi pada Indonesia di masa lalu, dimana pada awal Indonesia mereka, Soekarno berkuasa selama 21 tahun dan baru berakhir pada tahun 1965. Penerusnya, Presiden ke-2 Soeharto, malah berkuasa lebih lama lagi hingga 32 tahun lamanya, lalu baru lengser pada tahun 1998 setelah adanya gerakan pro-demokrasi. 

Lantas di era modern sekarang ini apakah ada presiden yang berkuasa lebih dari 3 dekade? Jawabannya ada! Berikut anakregular sajikan lima penguasa/lima presiden/lima diktator dengan masa jabatan/masa kekuasaan paling lama di dunia :

Robert Mugabe (Zimbabwe)

Presiden Dengan Masa Jabatan Terlama di Dunia

Robert Mugabe adalah tokoh yang membebaskan Zimbabwe dari penjajahan kulit putih pada 1980. Mugabe mendirikan Partai Persatuan Nasional Zimbabwe (Zanu PF), sampai dipenjara oleh pemerintah penjajah kulit putih negara yang dulu diberi nama Rhodesia itu.

Pada akhirnya, setelah menjabat presiden, Mugabe tak tahu kapan harus berhenti. Lima tahun lalu, dia secara terang-terangan mencurangi pesaingnya di pemilu, Morgan Tsvangira. Selain menolak mengaku kalah, dia minta pemerintah dibagi supaya dia tidak menggerakkan pendukungnya buat memicu perang saudara.

Hitungan 29 tahun berkuasa sebagai presiden menjadi patokan karena posisi itu dikuasai Mugabe pada 1987. Namun, secara de facto, politikus gaek yang pernah memimpin Gerakan Non-Blok ini sebetulnya sudah memerintah negara kaya berlian tersebut sejak 1980. Saat itu statusnya adalah Perdana Menteri.

Artinya, sosok Robert Mugabe telah berkuasa 36 tahun, jauh lebih lama dibanding Soeharto di Indonesia. Dia menjadi presiden tertua yang masih menjabat di dunia ini, walau periode kekuasaanya belum selama empat sosok sebelumnya.

Mugabe yakin bisa memimpin Zimbabwe sampai usia 100 tahun. Masa jabatan Mugabe sebagai presiden periode ini berakhir 2018 mendatang. Sedangkan dua tahun lalu, dia telah diberi mandat partai untuk menjadi capres kembali dalam pemilu mendatang.

Jose Eduardo dos Santos (Angola)

Presiden Dengan Masa Jabatan Terlama di Dunia

Jose Eduardo dos Santos, Presiden Angola yang menjabat sejak 36 tahun lalu sampai sekarang. Dari segi usia, dia juga lahir di tahun yang sama dengan Mbasogo.

Bedanya, Santos adalah pejuang kemerdekaan Angola, bukan penguasa setelah melakukan kudeta seperti kasus Republik Guinea Katulistiwa. Jabatan presiden juga dia emban sebulan lebih telat dibanding Mbasogo.

Santos pendiri Partai Pembebasan Angola (MPLA), aktif menentang rezim penjajah Portugis. Dia presiden kedua Angola, ketika rekannya di MPLA, Agustinho Neto, meninggal pada 1979. Tapi soal ketidakmampuan minggir dari kekuasaan, Santos sama saja seperti dua nama disebut sebelumnya.

Pada 1992 dia nyaris kalah dalam pemilu menghadapi Jonas Savimbi. Ketika oposisi minta pemilu ulang, Santos mengerahkan simpatisan MPLA, membantai 10.000 warga yang tidak mencoblosnya.

Pada 2002, Santos mendadak bilang siap mundur dari posisi presiden. Ternyata itu cuma pepesan kosong. Sampai sekarang dia tak pernah menyinggung lagi soal pemilu.

Teodoro Mbasogo (Guinea)

Presiden Dengan Masa Jabatan Terlama di Dunia

Penduduk Indonesia mungkin tidak terlalu mengenal Republik Guinea Katulistiwa. Tapi kini tampaknya kita perlu belajar, bahwa Presiden Teodoro Obiang Nguema Mbasogo telah berkuasa sejak 1979 sampai sekarang.

Mbasogo naik ke tampuk presiden lewat kudeta berdarah. Dia merebut kekuasaan dari sang kakak. Sejak saat itu, dia terus mempertahankan jabatannya. Mbasogo beruntung, karena negaranya dikaruniai minyak. Ekonomi pun stabil dan rakyat tidak mengeluh atas sikapnya yang otoriter, seperti dilansir radio BBC pada 26 Juli 2009.

Beberapa lembaga di bawah PBB sampai sekarang masih menganggap Guinea Katulistiwa sebagai salah satu negara paling tidak demokratis sekaligus paling korup di muka bumi. Partai Demokratik Guinea (PDGE), yang dipimpin Mbasogo, menguasia 99 kursi di parlemen. Berani mengkritik pemerintah langsung disiksa dan dipenjara.

Di radio milik pemerintah, Mbasogo disebut sebagai Tuhan. Dia juga sering diceritakan punya kekuatan ajaib. Jadi jangan kaget bila 621 ribu rakyat Guinea Katulistiwa diam saja diperintah terus oleh pria uzur berusia 74 tahun ini.

Mohamed Abdelaziz (Republik Arab Sahrawi)

Presiden Dengan Masa Jabatan Terlama di Dunia

Pernah mendengar Republik Demokratik Arab Sahrawi? Negara ini benar-benar ada. Letaknya di barat Gurun Sahara, Afrika. Negara ini didirikan oleh Kelompok Bersenjata Polisario, mewadahi etnis Sahrawi yang menolak jadi warga Maroko.

Sejak 30 Agustus 1976 sampai sekarang, Republik Sahrawi tidak pernah berganti presiden. Nama sang presiden abadi itu adalah Mohamed Abdelaziz. Dia disebut-sebut salah satu pemimpin negara paling kaya sedunia, karena korupsi.

Mohamed Abdelaziz menguasai Polisario sejak awal didirikan, sampai sekarang. Awalnya dia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai. Setelah kongres ketiga, Abdelaziz menciptakan jabatan baru presiden yang dia emban sampai sekarang.

Pria sangat fasih bicara dalam bahasa Prancis dan Arab ini sangat dominan serta rajin membagi uang negara kepada kroni, sehingga anggota partai tak pernah berani mengusiknya. Tak heran, Transparency International menyebut Abdelaziz menguasai salah satu negara paling korup di dunia.

Paul Biya (Kamerun)

Presiden Dengan Masa Jabatan Terlama di Dunia

Paul Biya adalah politikus paling lama berkuasa di dunia saat ini. Rekornya cuma setingkat di bawah Fidel Castro dari Kuba.

Bedanya, ketika Castro kini tergolek di rumah menanti ajal, Biya masih relatif segar bugar. Pemimpin Kamerun ini sudah berkuasa 40 tahun. Itu adalah gabungan periode kepemimpinannya sebagai presiden sekaligus perdana menteri.

Biya merupakan presiden kedua di Kamerun sejak negara itu merdeka dari Perancis tahun 1960. Presiden sebelumnya Ahmadou Ahidjo yang berkuasa sejak selama 22 tahun sejak negaranya meraih kemerdekaan.

Dia secara teori bisa berkuasa sampai tahun 2018 karena parlemen sejak 2008 telah mencabut ketentuan yang membatasi masa pemerintahan seorang presiden.

Biya mulai berkuasa penuh di Kamerun pada 1985, setelah membentuk Partai Gerakan Demokratik Rakyat Kamerun (CPDM). Partai ini dikuasai para cukong, memiliki pengaruh hingga desa-desa, sehingga sangat sulit didongkel dari kekuasaanya.

Nah, itulah kawan anakregular lima presiden dengan jabatan paling lama di dunia. Memang tidak adil rasanya jika seorang presiden menjabat terlalu lama di sebuah negara. Terlebih tidak ada perubahan yang signifikan selama presiden tersebut menjabat.

Jikapun harus tetap menjabat pastinya ada perubahan besar yang bisa menjadi kekuatan bagi mereka untuk tetap di pilih oleh rakyat. Semoga Indonesia tidak mengulangi lagi kesalahan di masalalu dan bisa memiliki para pemimpin yang merakyat dan tentunya bisa membawa perubahan lebih baik bagi Indonesia.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.