Tujuh Tokoh IT India Paling Berpengaruh di Dunia

India merupakan salah satu negara terluas di Asia setelah China. Negara ini juga menempati kedua dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia tepat di belakang China yang masih kokoh di urutan pertama. Namun berbeda dengan China dimana ekonomi yang lancar dan berstatus sebagai negara maju. India malah sebaliknya, kehidupan serta roda ekonomi di India masih lah sangat memprihatinkan.

Meski begitu India bisa berbicara banyak di dunia. Penduduk India sangatlah rajin dan disiplin dalam hal pekerjaan, buktinya saat ini banyak orang India yang sukses bekerja dan menjadi pemimpin hebat di perusahaan-perusahaan ternama di dunia. Kita pasti tahu dengan perusahaan Google dan Microsoft, tenyata kedua perusahaan tersebut sekarang ini sudah di pimpin oleh orang-orang dari India.

Berkat kerja keras, serta tingginya impian dalam mencapai cita-cita ternyata telah membuahkan hasil bagi seluruh bangsa India. Walau dikata orang kaya di India sangat sedikit, namun setidaknya masih ada orang India yang bisa berdiri diatas orang-orang hebat di dunia. Penasaran? Berikut anakregular informasikan tujuh tokoh IT dari India paling berpengaruh di dunia :

Baca juga : Para Programer Paling Hebat dan Berpengaruh di Dunia

Rajeev Suri

Tujuh Tokoh IT India Paling Berpengaruh di Dunia

Usai menjual unit bisnis ponselnya kepada Microsoft pada tahun 2014 lalu, grup Nokia menunjuk CEO baru. Adalah pria keturunan India Rajeev Suri yang dipercaya menjadi CEO Nokia. Suri sudah berpengalaman memimpin Nokia Solutions and Networks (NSN), unit bisnis Nokia. Di bawah kepemimpinan pria usia 46 tahun ini, NSN lumayan sukses performa bisnisnya.

"Rajeev adalah orang yang tepat untuk memimpin perusahaan ke depan. Dia punya kemampuan yang sudah terbukti untuk memicu inovasi dan pertumbuhan serta mencapai hasil," sebut Chairman Nokia, Risto Siilasmaa ketika itu. Rajeev dilahirkan di ibukota India New Delhi pada tahun 1967. Dia bergabung dengan Nokia sejak tahun 1997 sebelum menempati posisi pucuk pimpinan tertinggi.

Amit Singhal

Tujuh Tokoh IT India Paling Berpengaruh di Dunia

Lahir di Uttar Pradesh, India, Amit saat ini menempati posisi sebagai Senior Vice President and Software Engineer di Google. Dia dipandang berkontribusi besar dalam optimalisasi software pencarian Google. Menurut New York Times, Amit adalah master dalam menangani algoritma pencarian Google. Sedangkan majalah Fortune menilainya sebagai salah satu orang terpintar di dunia teknologi.

Amit meraih gelar Sarjana Teknik dari Indian Institute of Technology Roorkee. Ia kemudian melanjutkan ke jenjang S2 dan meraih gelar Ph.D dari Cornell University di New York. Tahun 2000, dia mulai berkarir di Google. Dan sejak itu, posisinya melesat dengan cepat hingga kini menempati jabatan Senior Vice President.

Shantanu Narayen

Tujuh Tokoh IT India Paling Berpengaruh di Dunia

Lahir dan tumbuh besar di Hyderabad, India, Shantanu saat ini adalah CEO Adobe System. Dia menempati posisi prestisius tersebut sejak tahun 2007. Shantanu meraih gelar Master of Business Administration dari University of California Berkeley dan Master of Science dari Bowling Green State University di Ohio, Amerika Serikat.

Karir pekerjaannya cukup panjang. Awalnya, dia menjadi karyawan Apple. Kemudian bergabung ke Adobe pada tahun 1998 sebagai Vice President of Worldwied Product Research. Pria yang saat ini berumur 52 tahun itu juga menjadi anggota dewan pimpinan produsen komputer Dell Inc.

Vivek Ranadive

Tujuh Tokoh IT India Paling Berpengaruh di Dunia

Vivek Ranadive lahir di Mumbai. Bermimpi kuliah di Massachusets Institute of Technology, ia berhasil mewujudkannya dan meraih gelar sarjana dan master di universitas presitisius tersebut. Dia juga mendapat gelar MBA dari Harvard University.

Dia membesarkan Tibco Software, sebuah perusahaan software komputer untuk enterprise. Perusahaan itu memiliki sekitar 4000 klien. Akhir tahun lalu, Vivek setuju menjual Tibco pada Vista Equity Partners senilai USD 4,3 miliar. Vivek juga cukup banyak berinvestasi di klub olahraga. 

Ia punya saham di klub basket Golden State Warriors dan Sacramento Kings.Vivek memiliki tiga orang anak. Dia suka bermain golf, tenis sampai hiking di waktu senggangnya.

Nikesh Arora

Tujuh Tokoh IT India Paling Berpengaruh di Dunia

Nikesh saat ini menjabat sebagai President & Chief Operating Officer SoftBank Corp, raksasa telekomunikasi Jepang. Sebelumnya, dia adalah Senior Vice President and Chief Business Officer di google. Ia dilahirkan di India dan kuliah di Indian Institute of Technology.

Kemudian, Nikesh hijrah ke Amerika Serikat dan melanjutkan pendidikan di sana. Ia mendapatkan gelar dari Boston College dan MBA dari Northeastern University. Pengalamannya di bidang teknologi sudah segudang. Ia pernah bekerja di T Mobile, Bharti Airtel dan akhirnya bergabung ke Google. Selain di Google, Nikesh juga pernah menjadi karyawan di Deutsche Telecom. Ia menikahi wanita cantik bernama Ayesha Thapar.

Sundar Pichai

Tujuh Tokoh IT India Paling Berpengaruh di Dunia

Sundar Pichai adalah sebagai CEO baru dari perusahaan raksasa dunia yakni Google. Sebelumnya dia adalah Senior Vice President di Google yang menangani bisnis Android, Chrome serta Google Apps. Posisi tersebut sebelumnya dipegang oleh pendiri Android sendiri, Andy Rubin.

Pichai yang lahir di Tamil Nadu, India, meraih gelar sarjana dari Indian Institute of Technology dan gelar master dari Stanford University. Kemudian, ia bergabung menjadi karyawan Google pada tahun 2004.

Saat bergabung, dia langsung memimpin tim manajemen produk software Google. Ia pun kerap tampil di panggung untuk mengumumkan produk terbaru dari Google, termasuk Chrome OS. Pada 13 Maret 2013, Pichai ditunjuk memimpin pengembangan Android. Kiprahnya yang mentereng di dunia teknologi sempat membuatnya disebut sebut calon kuat CEO Microsoft sepeninggal Steve Ballmer. Tapi nasib membuatnya jadi CEO Google.

Satya Nadella

Tujuh Tokoh IT India Paling Berpengaruh di Dunia

Satya Nadella menjadi CEO ketiga sepanjang sejarah Microsoft, setelah Bill Gates dan Steve Ballmer.Ia ditunjuk jadi CEO Microsoft sejak Februari 2014 setelah Ballmer mengundurkan diri. Bagi orang dalam Microsoft, nama Nadella tentu saja tidak asing. Karena dia telah mengabdi selama 22 tahun di perusahaan pembesut sistem operasi Windows itu. Nadella merupakan contoh seorang pekerja keras dengan karir cemerlang.

CEO baru Microsoft ini memiliki nama lengkap Satyanarayana Nadella. Dia lahir di Hyderabad, Andhra Pradesh, India, 47 tahun yang lalu. Masa kecil Nadella dihabiskan di India. Satya mengenyam pendidikan di Sekolah Negeri Hyedrabad, Begumpet. Di negeri Paman Sam, Nadella meraih dua gelar master sekaligus. Satu di ilmu komputer dari University of Wisconsin dan satu lagi bidang administrasi bisnis di University of Chicago.

Baca juga : Lima Miliuner dari China Paling Berpengaruh di Dunia

t;/noscript>

loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.