Aturan Berkendara Paling Nyleneh di Berbagai Negara Dunia

Mengendarai mobil atau motor ketika bepergian entah untuk berangkat kerja atau liburan memang sangat menyenangkan. Terlebih jika berkendara dengan orang-orang tercinta, tentu suasana saat sedang di perjalanan akan terasa lebih nyaman. Nah, dalam berkendara tentu ada aturan yang harus selalu ditaati dan tidak boleh dilanggar oleh para pengguna jalan. Salah satunya bagi para pengemudi harus memiliki surat izin mengemudi.

Semua negara memiliki aturan ini, dan jikapun tidak ditaati maka beragam sanksi pun akan diterima oleh para pengemudi mulai dari penilangan hingga larangan mengemudi kendaraan untuk jangka waktu tertentu. Aturan lain yang tak kalah penting dan harus selalu di taati ketika berkendara adalah mengerti akan rambu-rambu lalu lintas di jalan raya serta selalu memakai sabuk pengaman serta perlengkapan lainnya yang menunjang keselamatan berkendara.

Namun di beberapa negara di dunia ternyata ada juga yang menerapkan beberapa peraturan dan kebijakan aneh seputar berkendara di jalan raya. Aturan mulai dari pengisian bahan bakar yang tidak boleh Full hingga dibolehkannya berkendara sambil telanjang menjadi suatu aturan yang dapat dikatakan sebagai aturan yang menyimpang. Karenanya peraturan tersebut bukannya membawa keselamatan malah membuat berbagai permasalahan di jalan raya.

Berikut anakregular informasikan deretan aturan berkendara paling nyleneh di dunia. Silahkan disimak dan jangan lupa dibagikan yah kawan :

Baca juga : Peraturan Sekolah Paling Konyol Di Dunia

Di Kroasia Pengemudi Dilarang Mengisi Bahan Bakar Hingga Penuh

Aturan Berkendara Paling Nyleneh di Berbagai Negara Dunia

Sudah menjadi kebiasaan jika ingin bepergian menggunakan mobil apalagi dengan tujuan yang sangat jauh seseorang mengisi tangki mobil dengan bahan bakar hingga penuh. Bahkan ada saja pengendara yang menggoyang-goyangkan bodi mobilnya dengan harapan semua ruang terisi penuh dengan bahan bakar. Terkadang operator SPBU mengisi hingga tumpah-tumpah, bukan begitu?

Pemandangan seperti itu mungkin hanya bisa kamu lihat di Indonesia dan beberapa negara lain saja namun tidak di Kroasia. Jangan harap kamu bisa mengisi tangki kendaraan dengan bahan bakar hingga penuh, sebab negara ini punya aturan yang melarang setiap pengendara untuk mengisi tangki kendaraannya dengan bahan bakar sampai full. 

Alasannya simpel, yaitu demi keselamatan. Aturan lain yang harus ditaati adalah setiap pengemudi harus menyediakan satu set lampu cadangan mobil, jika tidak mereka bisa kena tilang hingga denda lho.

Di Italia Hewan Peliharaan Harus Memakai Sabuk Pengaman

Aturan Berkendara Paling Nyleneh di Berbagai Negara Dunia

Anjing telah menjadi binatang peliharaan yang lazim di luar negeri. Hampir setiap keluarga memiliki anjing peliharaan dan tak jarang dari mereka yang membawa serta binatang peliharaannya ke dalam mobil untuk sekedar jalan-jalan atau traveling ke suatu tempat. Kelihatannya memang tidak ada yang aneh, tapi untuk membawa mereka turut serta dalam berkendara ada aturan khusus yang musti ditaati jika berada di Italia.

Mereka yang membawa anjing ke dalam mobil dilarang membiarkan anjingnya duduk sembarangan. Sang pengemudi memiliki kewajiban untuk memasangkan sabuk pengaman pada binatang peliharaannya tersebut. Sebab anjing juga memiliki hak untuk mendapatkan keselamatan selama berkendara. Siap-siap kena tilang jika aturan nyeleneh ini tidak dihiraukan.

Di Uni Emirat Arab Unta Lebih Utama Daripada Kendaraan

Aturan Berkendara Paling Nyleneh di Berbagai Negara Dunia

Uni Emirat Arab adalah salah satu negara di Timur Tengah yang kaya raya. Dua kotanya terkenal sangat glamor yaitu Dubai dan Abu Dhabi. Pun demikian pemandangan padang pasir tetap mendominasi di negara tersebut termasuk dengan gerombolan khasnya berupa unta. Ada yang spesial dengan unta-unta yang hidup di dua kota tersebut yaitu mereka mendapat prioritas lebih dalam menggunakan ruas jalan protokol.

Pemerintah kota Dubai dan Abu Dhabi memberlakukan peraturan yang sangat aneh bin nyeleneh. Setiap pengemudi baik warga asli maupun wisatawan asing yang melintas jalanan di kota tersebut harus memprioritaskan unta di atas segalanya. 

Artinya jika sedang berkendara lalu kemudian ada unta yang menyeberang atau memenuhi jalanan, pengemudi itulah yang harus mengalah dan mengambil lajur lain yang tidak dilewati binatang berpunuk besar ini. Di sepanjang jalan juga dipasang plang-plang bergambar unta yang menandakan bahwa area tersebut sering dilewati binatang ini.

Di Jerman Boleh Menyetir Sambil Telanjang

Aturan Berkendara Paling Nyleneh di Berbagai Negara Dunia

Dari sekian aturan mengemudi paling nyeleneh yang sudah disebutkan di atas, aturan yang diterapkan di Jerman berikut ini mungkin menjadi yang paling aneh dan bikin geleng-geleng kepala. Di Jerman, baik pria maupun wanita diperbolehkan menyetir kendaraan mereka dalam keadaan telanjang. Pemerintah setempat menganggap bahwa mobil adalah ruangan pribadi yang berarti si pemilik boleh melakukan apa saja di dalamnya termasuk melepaskan semua pakaiannya saat menyetir.

Tapi anehnya ada klaim asuransi yang musti dipatuhi dan aturan ini tidak kalah nyeleneh. Meski orang-orang diizinkan telanjang saat mengemudi tapi jika mengalami kecelakaan dan terbukti tidak mengenakan alas atau pun kaos kaki maka pihak asuransi bisa membatalkan klaim yang diajukan secara sepihak. Intinya adalah jika kamu mau mencoba mengemudi sambil telanjang di Jerman jangan sampai melepas alas atau kaos kakimu biar jika terjadi sesuatu klaim asuransi bisa diproses. Ada-ada saja ya!

Di Australia Setiap Mobil Harus Memiliki Alat Tes Mabuk

Aturan Berkendara Paling Nyleneh di Berbagai Negara Dunia

Di New South Wales, salah satu negara bagian Australia ada peraturan khusus yang memaksa para pengemudi kendaraan bermotor. Yaitu mereka diharuskan memasang alat interlock senilai ribuan dollar yang dipasang lewat kunci kontak mobil. 

Sebelum menyalakan mobil, pengemudi diharuskan menghembuskan nafasnya terlebih dahulu ke alat interlock tersebut. Jika alat interlock menunjukkan angka Nol maka mesin kendaraan tersebut bisa menyala. Hal ini mengingat angka kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi akibat para pengemudi mobil yang senang mabuk-mabukan.

Dengan alat tersebut terbukti efektif mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Selain New South Wales, alat pendeteksi mabuk serupa juga diterapkan di Negara Perancis, namun tak secanggih untuk mematikan mesin mobil secara otomatis.  Saat berlangsungnya razia atau pelanggaran lalu lintas, jika sang pengemudi tak bisa menunjukkan alat pendeteksi mabuk selain SIM dan STNK, maka ia akan langsung diberikan sanksi tilang oleh Polisi.

Di Jepang Pengemudi Tidak Boleh Nyipratin Para Pejalan Kaki

Aturan Berkendara Paling Nyleneh di Berbagai Negara Dunia

Gak kalah unik dengan aturan aneh mengemudi di negara lainnya. Di negeri Sakura Jepang, juga banyak peraturan aneh yang harus ditaati. Jika kamu seorang pengendara mobil dan sedang melewati jalan berair alis becek dan berlumpur. Dilarang keras sengaja atau tidak sengaja menyipratkan/ mengotori para pejalan kaki yang sedang berada di trotoar atau dipinggir jalanan. 

Perbuatan tersebut termasuk dalam tindakan pidana ringan yang dianggap merugikan orang lain. Dan jika kartu SIM kamu memakai kacamata, maka saat mengendarai mobil/ motor diharuskan juga untuk memakai kacamata, kalau sampai kedapatan kamu melepas kacamata bisa ditilang oleh pak Polisi.

Kemudian khusus para pengemudi sepeda motor yang akan melakukan touring/perjalanan jauh diwajibkan untuk istirahat setiap 2 jam sekali. Tentunya demi kesehatan fisik si pengemudi agar tidak membahayakan pengemudi kendaraan lainnya dijalanan, akibat lelah atau mengantuk.  Lah emangnya ketahuan? Ya jelas saat ingin Touring, sang pengemudi motor harus menyiapkan kartu rencana perjalanan ditempat-tempat mana saja ia harus bersinggah untuk beristirahat setiap 2 jam.

Baca juga : Aturan Pelaksanaan Ujian Paling Ektrim di dunia
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.